Implementasi Literasi Numerasi Kampus Mengajar Angkatan 3 SDN 188 IX Tanjung Baru Kabupaten Muaro Jambi

Fattachul Huda Aminuddin, Merti Megawaty, Junaidi Surya, Elzas Elzas, Sri Mulyati

Abstract


Program Kampus Mengajar merupakan salah satu bagian kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen terpilih dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang bertujuan untuk melatih karakter mahasiswa, jiwa kepemimpinan, kepekaan sosial, pengalaman belajar serta pengembangan diri melalui aktivitas diluar kelas perkuliahan. Sekolah sasaran yang menjadi objek pada kegiatan ini adalah SDN 188/IX Tanjung Baru Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Maret hingga 1 Juli 2022. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengimplementasikan kegiatan literasi dan numerasi kepada peserta didik serta membantu guru dalam penggunaan adaptasi teknologi media pembelajaran di SDN 188/IX Tanjung Baru. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah kelas tutor yang berfokus kepada pendampingan belajar siswa yang mengalami keterlambatan pemahaman dalam belajar. Kelas tutor yang dilakukan yaitu dengan cara melakukan bimbingan membaca, menulis, dan menghitung terhadap siswa diluar jam pelajaran di sekolah. Adapun tahapan kegiatan ini meliputi: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi literatur, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini sudah berjalan dengan baik, yaitu terdapat adanya peningkatan literasi dan numerasi siswa dengan menunjukkan perkembangan dan antusias minat belajar siswa.

The Teaching Campus Program is a part of the activities carried out by selected students and lecturers from all tertiary institutions in Indonesia, which aims to train student character, leadership skills, social sensitivity, learning experiences and self-development through activities outside the lecture class. The target school that became the object of this activity was SDN 188/IX Tanjung Baru, Muaro Jambi Regency. This activity was carried out from March 2 to July 1 2022. This service aims to implement literacy and numeracy activities for students and assist teachers in adapting learning media technology at SDN 188/IX Tanjung Baru. The method of implementing this community service activity is a tutoring class that focuses on assisting students who experience delays in understanding learning. The tutoring class is conducted by conducting reading, writing, and arithmetic guidance to students outside of class hours. The stages of this activity include preparation, implementation, and evaluation. Literature studies, observations, interviews, and documentation are data collection techniques. The results of this service activity have gone well; namely, there has been an increase in student literacy and numeracy by showing progress and enthusiastic interest in student learning.


Keywords


Implementasi; Kampus Mengajar; Literasi; Numerasi; Pengajaran

Full Text:

PDF

References


Al Rochim, D., Rahmawati, F. A., Firmansah, D., & Tsani, F. A. A. (2023). Pendampingan program literasi dan numerasi di smp it al-inabah ponorogo tahun 2022. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 181–187.

Alam, S., Patoding, H. E., Asrul, A., Arham, A., & Amaliah, R. (2022). Implementasi kampus mengajar angkatan 1 program mbkm di upt spf sd negeri layang iv/72 kota makassar. Madaniya, 3(3), 614–622.

Aminuddin, F. H., Djauhari, T. D., & M.Pd, M. M. (2021). Pengembangan media interaktif pengembangan media interaktif berbasis game edukasi dalam meningkatkan kreativitas guru sekolah dasar di masa pandemi covid-19. JITCE (Journal of Information Technology and Computer Engineering), 5(02), 63–69.

Andriani, T. (2015). Sistem pembelajran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 127–150.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning loss akibat pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 di indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, 1–14.

Darwanto, Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah (sebuah upaya menghadapi era digital dan disrupsi). Jurnal Eksponen, 11(2), 26–35.

Fisabillillah, Y., & Rahmadanik, D. (2022). Implementasi penerapan literasi dan numerasi pada pelaksanaan kampus mengajar angkatan 3 di sdn 1 kedungkumpul, sukorame, kabupaten lamongan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 876–883.

Putri, T. O., Puspita, E., & Linawati. (2022). Analisis implementasi program kampus mengajar angkatan 3 dalam kegiatan mengajar, adaptasi teknologi dan administrasi pada sekolah dasar negeri 1 mlandangan. Jurnal E-QIEN: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 694–701.

Sinaga, S. J., Najamuddin, N., Dewi, D. A., Widodo, U., Siahaan, K. W. A., Misbah, M., ... & Mobo, F. D. (2023). Implementation of PBL model on strengthening students' numerical literacy and digital literacy skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 575-586.

Suprima, S., Gunawan, A. R., Salsabila, A., & Ramadhania, R. D. (2022). Impelementasi literasi numerasi kampus merdeka di sdit darul hikam insani. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 555–560.

Surya, J., & Astuti, P. P. R. W. (2022). Media informasi pengenalan makna dan motif batik jambi berbasis android pada sanggar batik olak kemang. Jurnal Akademika, 4(2), 1-10.

Tyera, L., Megawati, M., & Rusli, M. (2022). Penerapan keterampilan proses dasar berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 112–123.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats