Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Lingkungan Lahan Basah untuk Meningkatkan Wawasan Kearifan Lokal Guru Matematika
Abstract
Etnomatematika lingkungan lahan basah merupakan pembahasan yang menarik untuk terus dieksplorasi oleh guru matematika di Kalimantan Selatan sebagai bahan pembelajaran yang menunjang kurikulum merdeka. Apalagi kalau bahan ajar tersebut dapat dijadikan elektronik untuk mendukung pembelajaran jarak jauh sehingga membuat siswa termotivasi untuk belajar matematika. Namun guru matematika MGMP di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan belum ada mengembangkan bahan ajar dengan memanfaatkan etnomatematika tersebut sesuai dengan prosedur penelitian pengembangan. Penyebab utama karena belum ada pendampingan dan waktu yang tersedia. Sehingga tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) mengadakan kegiatan untuk: (1) meningkatkan wawasan kearifan lokal guru matematika; (2) bahan ajar elektronik berbasis etnomatematika lingkungan lahan basah; (3) Hak Cipta untuk bahan ajar yang terbaik. Pelaksanaan PkM dilakukan secara daring melalui dua metode, yaitu sinkronus yang dilaksanakan di room zoom pada tanggal 18 Juli 2022 dihadiri oleh 23 guru mata pelajaran Matematika SMP yang tergabung dalam MGMP Kabupaten Tanah Laut; dan asinkronus melalui email dan whatsapp grup dilaksanakan tanggal 19 Juli s.d. 16 September 2022. Selanjutnya kegiatan PkM secara luring bertempat di UPTD SMPN 2 Pelaihari pada tanggal 17 September 2022. Bahan ajar yang dihasilkan memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan. Khusus kriteria efektif peserta diarahkan untuk melakukan masing-masing secara mandiri sebagai dasar penelitian tindakan kelas. Peserta pada masa kegiatan menjadi lebih peka dalam melakukan eksplorasi kearifan lokal. Adapun implikasi dari kegiatan PkM adalah hak cipta.
The ethnomathematics of the wetland environment was an interesting discussion to be explored by mathematics teachers in South Kalimantan as learning materials that support the independent curriculum. Mainly if these teaching materials can be used electronically to support distance learning so that students were motivated to learn mathematics; however, the MGMP mathematics teacher in Pelaihari District, Tanah Laut Regency, South Kalimantan, has not yet developed teaching materials using ethnomathematics by development research procedures. The leading cause was that there was no assistance and time available. So the PkM Team held activities to (1) increase the knowledge of local wisdom of mathematics teachers; (2) ethnomathematics-based electronic teaching materials on wetlands; (3) Copyright for the best Teaching Materials. The PkM was carried out online through two methods, namely synchronously, which was carried out in room zoom on July 18, 2022, attended by 23 junior high school mathematics teachers who were members of the Tanah Laut Regency MGMP, and asynchronously via email and WhatsApp group held from July 19 to. September 16, 2022. Further offline PkM activities took place at UPTD SMPN 2 Pelaihari on September 17, 2022. The teaching materials produced met the criteria of validity and practicality. Specifically for the effective standards, participants were directed to carry out each independently as a basis for classroom action research. Participants, during the activity, became more sensitive to exploring local wisdom. The implication of PkM activities was copyright.
Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Lingkungan Lahan Basah untuk Meningkatkan Wawasan
Kearifan Lokal Guru MatematikaKeywords
Full Text:
PDFReferences
A, M. A., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2019). Digital flipbook empowerment as a development means for history learning media. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 266.
Bernales, M., & Powell, A. B. (2018). Decolonizing ethnomathematics. Ensino Em Re-Vista, 25(3), 565–587.
Dalimunthe, R. R., Femy Sasongko, D., & Rofiki, I. (2022). Etnomatematika pada kue tradisional asahan sebagai sumber belajar matematika. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 17–26.
Fajarwati, A. A., Faidah, A. N., Joelian, E., HKIki, H. D., & Purwoko, R. Y. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada benteng belgica di neira maluku tengah. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 161–170.
Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Kamaliyah, K., Budiarti, I., Adawiyah, R., Nasrullah, N., & Amalia, Z. (2022). Eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran geometri untuk meningkatkan literasi siswa. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 268.
Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Zainuddin, Z., Masriani, R., & Rahadhian, L. N. R. (2021). Eksplorasi etnomatematika budaya di lingkungan lahan basah sebagai sarana mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 121.
Farhatin, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk siswa smp kelas viii. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33–45.
Hasanah, A. F., Susanto, S., & Trapsilasiwi, D. (2019). Etnomatematika pada bangunan utama asrama inggrisan banyuwangi sebagai media pembelajaran. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 167–180.
Kurniawaty, I., Purwati, & Faiz, A. (2022). Penguatan pendidikan karakter cinta tanah air. Jurnal Education and Development, 10(3), 496–498.
Mania, S., & Alam, S. (2021). Teachers’ perception toward the use of ethnomathematics approach in teaching math. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 282–298.
Mellenia, R., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2022). Strategi guru dalam membentuk karakter cinta tanah air siswa kelas v sekolah dasar. Scholastica Journal: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar, 5(1), 23–31.
Murtiawan, W. E., Raea, K., & Wibawa, G. N. A. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Geometri pada Bangunan Pura. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5(2), 86–95.
Ndiung, S. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika yang Berorientasi Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 224–232.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2021). Analisis kebutuhan bahan ajar berbasis etnomatematika yang berorientasi keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 224–232.
Nurjannah, N., Nurhaliza, N., Irmawati, E., & Ismunandar, A. A. (2020). Pembelajaran matematika berbasis etnomatika di taman purbakala batu pake gojeng kabupaten sinjai. Mega: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 62–74.
Putra, R. Y., Alviyan, D. N., Arigiyati, T. A., & Kuncoro, K. S. (2021). Etnomatematika pada bangunan Umbul Binangun Taman Sari dalam aktivitas pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 21–30.
Rahadhian, L. N. R., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan modul pembelajaran flipbook pada materi aritmetika sosial berbasis etnomatematika pasar terapung. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55.
Sawita, K., & Br Ginting, S. S. (2022). Identifikasi etnomatematika: Motif dalam kain songket tenun melayu langkat sumatera utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2064–2074.
Setiana, D. S. (2020). SEMANTIK conference of mathematics education. The Role of Ethnomathematics in Welcoming the Society 5.0, 467(Semantik 2019), 130–134.
Simanjuntak, R. M., & Sihombing, D. I. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada kue tradisional suku batak. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister, 2005, 25–32.
Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika motif batik adi purwo untuk siswa smp. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 1–15.
Somakim, Hartono, Y., Indaryanti, & Araiku, J. (2021). Pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk guru matematika di indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 1–12.
Sumargono, Sukanto, I., & Suroto. (2020). Pelatihan pengembangan bahan ajar tematik berbasis literasi kearifan lokal untuk guru sd se kota metro. Jurnal Sumbangsih, 1(1), 58–63.
Taskiyah, A. N., & Widiyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan menumbuhkan karakter cinta tanah air pada permainan engklek. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 81–94.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147.
Yulita, I., & Amelia, T. (2020). Pelatihan mengembangkan bahan ajar kimia berbasis literasi sains mengintegrasikan konteks kemaritiman. Jurnal Anugerah, 2(2), 51–65.
Zaenuri, Dwidayati, N., & Suyitno, A. (2019). Ethnomathematics role as an encouragement of the growth of student’s nationalism. KnE Social Sciences, 2019, 759–774.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |