Pelatihan Penulisan Sitasi dan Daftar Pustaka dalam Menggunakan Aplikasi Mendeley Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Yunidar Yunidar, Gusti Ketut Alit Suputra, Nur Halifah, Sahrul Saehana

Abstract


Karya ilmiah memainkan peran penting dan menjadi sumber referensi bagi para ahli yang berbeda. Bersamaan dengan peningkatan inovasi di era 4.0, mahasiswa diharapkan dapat mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan inovasi. Kemajuan teknologi data di perguruan tinggi telah berkembang sehingga mahasiswa harus tahu tentang berbagai aplikasi yang disediakan oleh koperasi spesialis data. Oleh karena itu, dengan perkembangan informasi teknologi yang begitu pesat maka bermunculan Tool yang memudahkan mahasiswa, dosen serta peneliti untuk mencari rujukan serta penyusunan daftar pustaka. Penulisan karya ilmiah skripsi sebagai syarat tugas akhir untuk mengikuti ujian bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako masih banyak dijumpai daftar pustaka yang disusun secara manual. Hal ini yang membuat mahasiswa kesulitan dan membutuhkan waktu yang cukup lama pada saat menulis skripsi sebab harus menuliskan kutipan satu persatu ke dalam tulisan sehingga terkadang ada yang tertinggal. Oleh karena itu, tim pengabdian kepada masyarakat menawarkan penggunaan referensi menggunakan aplikasi Mendeley yang dianggap penting karena memudahkan mahasiswa untuk membuat referensi dan daftar pustaka yang baik dan dapat membatasi terjadinya plagiasi. Tujuan di balik kegiatan ini adalah untuk melatih kemampuan siswa tingkat akhir di FKIP Universitas Tadulako dalam menggunakan aplikasi mendeley untuk mempermudah penyusunan tugas akhir. Kegiatann ini dilakukan pada bulan April s.d. Oktober 2022 di Media Centre Universitas Tadulako. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian, ditemukan 85% mahasiswa semester akhir FKIP Universitas Tadulako yang mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat sudah mampu menggunakan Mendeley untuk karya tulis ilmiah   

Scientific papers play an important role and become a reference source for different experts. Along with the increase in innovation in the 4.0 era, students are expected to be able to follow the progress of science and innovation. Advances in data technology in higher education have developed so that students must know about the various applications provided by data specialist cooperatives. Therefore, with the rapid development of information technology, tools have emerged that make it easier for students, lecturers and researchers to find references and compile a bibliography. Writing a scientific thesis as a final assignment requirement to take exams for students of the Teaching and Education Faculty (FKIP) Tadulako University still often finds bibliographies compiled manually. This makes it difficult for students, and it takes quite a long time to write a thesis because they have to write down the quotations one by one so that sometimes something is left out. Therefore, the community service team offers references using the Mendeley application, which is important because it makes it easier for students to make good references and bibliography and can limit plagiarism. The purpose of this activity is to improve the ability of final-year students at FKIP Tadulako University to use the Mendeley application to facilitate the preparation of the final project. This activity was carried out in April s.d. October 2022 at the Media Centre Universitas Tadulako. Based on the results of community service activities, it was found that 85% of Tadulako University FKIP final semester students who participated in community service activities could use Mendeley for scientific writing.

 


Keywords


Aplikasi Mendeley; FKIP UNTAD; Pelatihan Sitasi dan Daftar Pustaka

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N., Sabrina, S., & Cahyani, A. N. (2021). Pelatihan penggunaan software mendeley untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6.

Goma, E. I., Saputra, Y. W., Sandy, A. T., & Ningrum, M. V. R. (2022). Pelatihan mendeley reference dalam mengelola referensi karya tulis ilimiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 5(1), 1-8.

Harared, N., & Iriyansah, M. R. (2021). Mendeley: sitasi dalam penulisan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 381-389.

Handayani, I., Febriyanto, E., & Yudanto, T. A. (2019). Pemanfaatan indeksasi mendeley sebagai media pengenalan jurnal STT Yuppentek. Technomedia Journal, 3(2), 235–245.

Haxa, Soeprijanto, P. (2016). Panduan mengelola daftar referensi menggunakan mendeley. Perpustakaan Universitas Gajah Mada.

Imam, M., Astuty, S., Samsir, A., Basra, A., & Albi, M. F. (2019). Pelatihan penggunaan aplikasi mendeley bagi mahasiswa sekolah tinggi ilmu pembangunan indonesia (STIE-PI). Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 414–417.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47-53.

Mardin, H. ., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan daftar pustaka jurnal format apa style menggunakan aplikasi mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137-143.

Napitupulu, D., Windarto, A. P., Wanto, A., Simarmata, J., Purnomo, A., Bachtiar, E., & Nofriansyah, D. (2020). Menulis artikel ilmiah untuk publikasi. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan dan pelatihan sitasi karya ilmiah menggunakan aplikasi Mendeley. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24-30.

Purnobasuki, H. H., Si, M., Efendi, F., Harisanty, D., Sos, S., & Pi, A. L. N. S. (2022). Strategi peningkatan sitasi bagi civitas akademia dan peneliti. Surabaya : Airlangga University Press.

Puspita, F. M., Octarina, S., Yuliza, E., Indrawati, I., Wulandari, A., & Rachmaningtyas, D. (2021). Penggunaan mendeley dan endnote dalam menyisipkan sitasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 105-109.

Rachmanidah, A., & Rohmiyati, Y. (2018). Analisis tingkat plagiarisme karya ilmiah jurnal mahasiswa ilmu perpustakaan undip tahun 2015-2016 dengan software turnitin. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(3), 11-20.

Wahyuni, S., Sugiyanto, Fianti, & Sulhadi. (2020). Identifikasi pemahaman dan kemampuan penulisan artikel ilmiah berbantuan mendeley dalam manajemen sitasi pada guru sma kota pekalongan. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 201920, 126–131.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats