Bimbingan Teknis untuk Melatih Keterampilan Guru SMP/ MTs dalam Penggunaan Alat Peraga dan KIT IPA
Abstract
Tujuan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah untuk melatihkan keterampilan guru dalam menggunakan alat peraga dan KIT IPA. Target sasaran dari kegiatan ini adalah guru IPA. Terdapat 22 orang guru yang turut serta pada bimbingan teknis ini. Hasil perhitungan terhadap angket evaluasi penyelenggaraan kegiatan diperoleh persentase sebesar 87.6 pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil angket kepuasan penyelenggaraan sesudah bimbingan teknis dilaksanakan diperoleh persentase sebesar 86.71 pada kategori sangat baik. Melalui bimbingan teknis ini diperoleh pencapaian keterampilan guru dalam penggunaan alat peraga dan KIT IPA sebesar 88,7% dengan kategori sangat baik Bimbingan teknis ini dapat melatihkan keterampilan guru dalam penggunaan KIT IPA dan alat peraga pada pembelajaran IPA Terpadu.
Abstract: The purpose of the Community Partnership Program (CPP) activity is to train teachers' skills in using science teaching aids and KITs. The target audience of this activity is science teachers. Twenty-two teachers participated in this technical guidance. The results of calculating the evaluation questionnaire for organizing activities obtained a percentage of 87.6 in the very good category. The results of the organizational satisfaction questionnaire after the technical guidance was carried out obtained a percentage of 86.71 in the very good category. Through this technical guidance, the achievement of teacher skills in using teaching aids and KIT IPA was 88.7%, with a very good category. This technical guidance can train teachers skills in using KIT IPA and teaching aids in integrated science learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhsan, H., Pasaribu, A., Murniati, Andriani, N., Kistiono, Muslim, M., & Ariska, M. (2022). Pelatihan manajemen laboratorium fisika untuk guru fisika di mgmp fisika kabupaten ogan komering ulu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1331–1341.
Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi kegiatan praktikum ipa pgmi selama pandemi COVID-19. Susunan Artikel Pendidikan (SAP), 6(1), 76–83.
Arifuddin, M., Mahardika, A. I., Azhari, A., Munawaroh, D., & Syifa, L. N. (2023). Pelatihan optimalisasi penggunaan kit praktikum ipa untuk guru sdn sungai miai 5 dan sdn sungai miai 7 banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 6(3), 131-136.
Arya, D. J., & Maul, A. (2012). The Role of the scientific discovery narrative in middle school science education : an experimental study. Journal of Educational Psychology, 104(4), 1022–1032.
Budiyanto, M., Setiawan, B., & Erman, E. (2015). Pendampingan pelatihan alat kit ipa bagi guru madrasah tsanawiyah (mts) kota probolinggo untuk meningkatkan pemahaman pendekatan saintifik dalam rangka pelaksanaan kurikulum 2013. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 78–83.
Fitri, U. R., Budi, E., Suhendar, H., Catur, A., Fadli, R., Shallu, F., & Santa, M. (2022). Pelatihan dasar–dasar pengukuran kelistrikan di man 2 ciracas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Aplikasinya (JPMSA), 2(2), 1-5.
Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, Sriwarthini, N. L. P. N., & Rahmatih, A. N. (2021). Pelatihan dan pendampingan penggunaan kit ipa di sd negeri 34 cakranegara. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(1), 14–19.
Lepiyanto, A. (2014). Analisis keterampilan proses sains pada
pembelajaran berbasis praktikum. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 156–161.
Maharani, M., Wati, M., & Hartini, S. (2017). Pengembangan alat peraga pada materi usaha dan energi untuk melatihkan keterampilan proses sains melalui model inquiry discovery learning (inkuiri terbimbing). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 351–367.
Maryandi, R., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2013). Penggunaan kit ipa pada materi energi panas terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran; Khatulistiwa, 2(8).
Oktafiani, P., Subali, B., & Edie, S. S. (2017). Pengembangan alat peraga kit optik serbaguna (ap-kos) untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189–200.
Özgelen, S. (2012). Students’ science process skills within a cognitive domain framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technologu Education (EJMSTE), 8(4), 283–292.
Pramesty, R. I., & Prabowo. (2013). Pengembangan alat peraga kit fluida statis sebagai media pembelajaran pada sub materi fluida statis di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(03), 70–74.
Prasetyo, S. (2011). Optimalisasi penggunaan kit ipa dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar (sd). Al-Bidayah, 3(1), 1–20.
Pratidhina, E., Kurniasari, K., Untung, B., Herwinarso, H., Wijaya, A., Anawati, B. D., ... & Sugimin, S. (2020). Pendampingan eksperimen fisika bagi siswa-siswa sma di surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 78-85.
Putri, N. S., & Widodo, W. (2018). Pengembangan kit ipa sederhana materi pemuaian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii smp negeri 2 panggul. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 6(3), 442–446.
Rahayu, S., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2019). Pelatihan penggunaan kit ipa bagi guru dan siswa smp n 1 sakra lotim. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 1(1), 1–13.
Ramdhayani, E., Noviati, W., Lestari, I. D., & Syafruddin, S. (2022). Penguatan praktikum ipa bagi kelompok guru sd di sumbawa. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 38-41.
Rosidah, K., & Rosdiana, L. (2019). Efektivitas kit rangkaian listrik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 7(1), 5–9.
Rosidin, U., Maulina, D., & Suane, W. (2020). Alat peraga IPA, pembelajaran IPA, pengelolaan laboratorium. Jurnal Pengabdian MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 52–60.
Satria, E., & Sari, S. G. (2018). Penggunaan alat peraga dan kit ipa oleh guru dalam pembelajaran di beberapa sekolah dasar di kecamatan padang utara dan nanggalo kota padang. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2).
Swandi, A., & Rahmadhanningsih, S. (2021). Pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis laboratorium virtual dan blended learning untuk guru ipa di sma islam athirah 1 makassar. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(6), 1231-1240.
Sukarjita, I. W. (2020). Peningkatan keterampilan pengelolaan pembelajaran IPA terpadu melalui pelatihan penggunaan KIT IPA bagi guru IPA SMP di Kecamatan Kupang Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 14(2), 33-42.
Tibrani, M., Riyanto, R., & Anggraini, n. (2022). pendampingan simulasi pemodelan sains menggunakan software phet simulations sebagai media pembelajaran digital berbasis virtual laboratory bagi guru ipa palembang. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 169-178.
Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan penggunaan KIT IPA dan pengembangan LKPD berbasis praktikum untuk guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56-65.
Wirawan, R., Qomariyah, N., Minardi, S., Syamsuddin, Hiden, Sudiarta, W., & Marzuki. (2021). Pendampingan penggunaan media pembelajaran berbasis kit ipa untuk pembelajaran fisika di smpn 2 sekotong. Selarapang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan,
(2), 353–356
Zainuddin, M., Surayanah, S., Saifudin, A., & Lestariningsih, L. (2023). Bimbingan teknis penulisan artikel ilmiah layak jurnal nasional ber–issn berbasis sitasi online bagi guru sd di kota blitar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1), 1-7.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.6964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |