Pelatihan Inovasi Pemasaran Melalui Digital Marketing untuk Membentuk Kesadaran Merek dan Meningkatkan Penjualan (Pelatihan pada UMKM Batik Lasem di Lasem Kabupaten Rembang Jawa Tengah)

Darsono Darsono, Suyamto Suyamto, Trio Handoko, Mrihrahayu Rumaningsih, Laksono Sumarto, Kurniawati Darmaningrum, Adrian Rahmadi

Abstract


Kerajinan batik merupakan salah satu upaya mewujudkan pemberdayaan industri kreatif. Selain itu, juga sebagai upaya untuk melindungi warisan budaya bangsa. Program membatik bertujuan untuk melestarikan budaya dan meningkatkan pendapatan masyarakat, dengan pembinaan dan pengelolaan yang baik dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan mitra (masyarakat). Kegiatan sosial dan pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat ekonomi kreatif di daerah Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, sehingga mereka dapat membuat batik dan menjadikannya produk ekonomi kreatif yang dapat membuka peluang bisnis baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Praktik membatik merupakan upaya untuk melestarikan budaya bangsa. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahap di bulan September 2022. Mitra PkM ini ialah UMKM Batik Lasem. Langkah pertama yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah mengidentifikasi masalah yang dihadapi mitra. Langkah kedua mendampingi UMKM untuk bagaimana membuat konten pemasaran digital yang menarik dan memberikan pengetahuan pengelolaan keuangan UMKM. Langkah ketiga membantu mitra untuk mengenali pemasaran sosial media dan ecommerce. Langkah keempat membantu bagaimana agar bisa membantu memaksimalkan proses pemasaran digital yang dilakukan. Langkah kelima membantu pendampingan agar masyarakat bisa menjadi berdikari dan memiliki usaha yang stabil, sehingga dapat menopang kebutuhan sehari-hari.

 Batik Craft is one of the efforts to empower creative industries. In addition, it is also an effort to protect the nation's cultural heritage. The batik program aims to preserve culture and increase people's income; good guidance and management can improve partners' management capabilities (community). This social activity and training aim to strengthen the creative economy in the Lasem area, Rembang Regency, Central Java, so that they can make batik and make it a creative economic product that can open up new business opportunities and increase people's income. The practice of batik is an attempt to preserve the nation's culture. This activity was carried out in several stages in September 2022. This PkM partner is the Batik Lasem UMKM. The first step in this service activity is to identify the problems partners face. The second step is to assist MSMEs in creating attractive digital marketing content and provide knowledge of MSME financial management. The third step helps partners to recognize social media marketing and e-commerce. The fourth step helps how to help maximize the digital marketing process that is being carried out. The fifth step is assisting with assistance so that people can become self-sufficient and have a stable business to support their daily needs.


Keywords


Batik Daerah; Batik Tradisonal; Pemasaran Digital; UMKM

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2009). Managing brand equity. New York: The Free Press.

Aaker, D. A., & Equity, M. B. (1991). Capitalizing on the value of a brand Name. New York: The Free Press.

Aaker, D. A., & Joachimsthaler, E. (2009). Brand leadership: Building assets in an information economy. New York: Simon and Schuster. Simon and Schuster.

Alves, H., Fernandes, C., & Raposo, M. (2016). Social media marketing: A literature review and implications. Psychology and Marketing, 33(12), 1029–1038. https://doi.org/10.1002/MAR.20936

Dewi, M., Nurohmah, A., & Rahayu, N. S. (2018). Pemberdayaan perempuan melalui usaha batik tulis: Sebuah pengalaman dari pelaksanaan program iptek bagi masyarakat (ibm) di kabupaten sleman, yogyakarta. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 2(2), 24-35. https://journal.ukmc.ac.id/ index.php/jpm/article/view/321

Fontana, A. (2011). Innovate we can!: manajemen inovasi dan penciptaan nilai individu, organisasi, masyarakat. https://lib.ui.ac.id

Gunelius, S. (2010). 30-Minute social media marketing: Step-by-step techniques to spread the word about your business. McGraw-Hill. https://mhebooklibrary.com/doi/epdf/10.1036/9780071748650

Iskandar, D., & Kustiyah, E. (2017). Batik sebagai identitas kultural bangsa indonesia. Gema, XXX(52), 2456-2472.

Kotler, P., Bowen, J. R., & Makens, J; Baloglu, S. (2017). Marketing for hospitality and tourism: Global edition. In Pearson. Pearson.

Kurniawan, E. (2022). Batik Lasem, Semula Busana Khas Tionghoa di Rembang - Gaya Tempo.co. Tempo. https://gaya.tempo.co/ read/1637744/batik-lasem-semula-busana-khas-tionghoa-di-rembang

Rosyada, M., & Tamamudin, T. (2020). Pengembangan ekonomi kreatif batik tulis kota pekalongan sebagai upaya pelestarian budaya dan peningkatan pendapatan masyarakat. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.2.41-50

Sidi, A. P., & Yogatama, A. N. (2019). Mediasi intellectual capital atas pengaruh digital marketing terhadap kinerja pemasaran. IQTISHODUNA, 15(2), 129–152. https://doi.org/10.18860/IQ.V15I2.7592

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijiastuti, S., Darmaningrum, K., & Widodo, Z. D. (2021). Pengenalan digital marketing, pelatihan sosial media dan e-commerce dan merancang konten pemasar¬an yang baik bagi pelaku usaha umkm di yayasan amal bakti sudjono taruno baki sukoharjo. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4), 258-260. https://doi.org/10.32493/ jpdm.v1i4.13483

Yudha, B. P. (2020). Strategi pengembangan ekonomi kreatif batik daerah dalam meningkatkan daya saing di era global. (Online). https://www.kompasiana.com/bimma73927/5fe11249d541df1a3e2a3773/strategi-pengembangan-ekonomi-kreatif-batik-daerah-dalam-meningkatkan-daya-saing-di-era-global.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats