Bimbingan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Microsoft PowerPoint dan I-Spring untuk Guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kabupaten Barito Kuala
Abstract
Permasalahan yang dimiliki MGMP Matematika SMP kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan adalah perlunya penambahan pengetahuan dan keterampilan dalam hal pengembangan pembelajaran yang berbasis teknologi seperti membuat media pembelajaran dengan teknologi yang dapat membuat pembelajaran menarik dan membantu siswa memahami konsep yaitu dengan Microsoft PowerPoint yang terintegrasi I-Spring. Kedua aplikasi ini dipilih karena mudah diakses dan lebih familiar bagi guru. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah melakukan bimbingan mengenai Microsoft PowerPoint dan I-spring kepada guru peserta MGMP Matematika SMP kabupaten barito Kuala secara langsung dan instensif. Bimbingan ini berlangsung dari 15 September 2022 sampai dengan 6 Oktober 2022. Bentuk bimbingannya adalah berupa pelatihan pengembangan media pembelajaran matematika secara luring bertempat di SMPN 2 Alalak Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan dilakukan menggunakan metode ceramah dan diskusi secara luring, latihan/praktik, dan konsultasi secara luring dan daring melalui Zoom meeting atau WhatsApp. Peserta diberikan angket untuk mengetahui kepuasan peserta terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Hasil angket diperoleh bahwa secara keseluruhan peserta sangat puas dengan kegiatan yang dilakukan. Saran dari peserta adalah diperlukannya waktu yang lebih banyak untuk bimbingan dalam penggunaan aplikasi untuk pembuatan media pembelajaran. Melalui kegiatan ini telah disusun modul atau tutorial membuat media pembelajaran dengan I-Spring dan telah dibagikan kepada guru dalam bentuk modul dan video tutorial.
The problem at the Mathematics teacher's working group or Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) in the Barito Kuala district of South Kalimantan is the need for additional knowledge and skills in developing technology-based learning, such as creating learning media with technology that can make learning interesting and assist students in understanding concepts, namely with Microsoft PowerPoint integrated with I-Spring. These two applications were selected since they are easily accessible and more well-known to educators. The method for implementing community service activities is to personally and thoroughly instruct and provide the participation of the junior high school Mathematics teachers working group of Barito Kuala district on Microsoft Powerpoint and I-spring. This guidance took place from 15 September 2022 to 6 October 2022. The form of guidance was offline mathematics learning media development training at SMPN 2 Alalak, Barito Kuala. The activities were conducted using offline lecture and discussion methods, exercises/practices, and offline and online Zoom meetings or WhatsApp consultations. The participants were given a questionnaire to determine their satisfaction with the activities. The questionnaire results showed that overall the participants were very satisfied with the activities. The participants of this activity suggested that additional time was required for guidance in using applications for creating learning media. This activity has developed modules or tutorials for making learning media with I-Spring. They have been distributed to teachers through modules and video tutorials.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A. (2017). Media ict dalam pembelajaran matematika menggunakan powerpoint interaktif dan ispring presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 19–26.
Afandi, R. (2013). Implementasi kurikulum 2013 dalam mempersiapkan sumber daya manusia indonesia menghadapi “masyarakat ekonomi asean”(asean economic community) pada 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Implementasi Kurikulum.
Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media pembelajaran interaktif menggunakan powerpoint VBA pada penyajian Data berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 17–31.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo.
Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124.
Fransisca, M., Yunus, Y., & Saputri, R. P. (2021, Desember 1). Tingkat Kepuasan Peserta Wors Media Pembelajaran. Jurnal Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1).
Fuada, S., Ichsan, I. N., Pratama, H. P., Putri, D. I. H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., &Fauzi, A. (2020). Workshop Internet-OfThings untuk Guru dan Siswa Sekolah Menengah di Purwakarta, Jawa Barat, Guna Menunjang Kompetensi Era Industri 4.0. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 39-52.
Marfuah, S., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran menggunakan powerpoint disertai visual basic for application materi jarak pada bangun ruang kelas X. Jurnal Gantang, 1(1), 45–53.
Maryana, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan powerpoint dan ispring quizmaker pada materi teorema pythagoras. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2).
Mutrikoh, M., Marzuki, M., & Sabri, T. (2020). Pengembangan multimedia power point berbasis ispring 8 pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(4).
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18.
Nufninu, Y., Dominikus, W. S., & Rimo, I. H. E. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan power point dan i-spring pada materi garis dan sudut untuk siswa smp kelas vii. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 17–28.
Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis penggunaan media power point dalam pembelajaran jarak jauh pada materi animalia kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157.
Suprapti, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe stad dengan media powerpoint ispring pada materi jajargenjang, layang-layang dan trapesium di kelas vii smp. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57.
Zulham, M., & Sulisworo, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 132–141.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |