Pendampingan Pemanfaatan Media Information and Communication Technology (ICT) dengan Menggunakan Aplikasi Powtoon bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Padang

Awida Awida, Rendy Nugraha Frasandy, Dhita Febriani, Fauza Masyhudi

Abstract


Tantangan pendidikan Abad 21 menekankan pada pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran tentunya mengiring akan peningkatan kemampuan/kompetensi guru dan siswa dalam memanfaatakan teknologi atau dikenal dengan Information and Communication Technology (ICT). Pemanfaatan ICT bagi guru agar lebih optimal dalam pembelajaran, maka perlu dilakukan pelatihan. ICT Menggunakan Aplikasi Animasi Powtoon Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Padang. Dipilihnya 21 guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Se-Kota Padang sebagai subyek dampingan karena MIN selama ini menjadi stakeholder bagi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, namun disisi lain guru di MIN masih jarang mendapatkan pelatihan–pelatihan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran, sehingga menjadi tanggung jawab pengabdian meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menggunakan aplikasi tersebut sangat mereka butuhkan dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya. Kegiatan pengabdian kepada 21 guru MIN di Kota Padang ini dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 03 dan 10 September 2022 dengan tujuan untuk mengetahui: “Persepsi guru madrasah setelah mendapatkan pendampingan pemanfaatan aplikasi animasi Powtoon sebagai media pembelajaran”. Hasil pengabdian ini menunjukan adanya persepsi positif peserta pelatihan terlihat dari isian pada kolom kesan dan saran dalam angket yang disebar setelah pengabdian dengan terkategori antusias dan positif dari para guru MIN se Kota Padang. Kesimpulannya persepsi guru MIN se-Kota Padang setelah mendapatkan pendampingan berupa pelatihan pemanfaataan animasi Powtoon sebagai media pembelajaran tergambar antusias, positif, dan bemanfaat.

 The challenges of 21st-century education emphasize the use of technology in learning. The use of technology in learning certainly accompanies an increase in the ability/competence of teachers and students in utilizing technology or ICT. Utilization of ICT for teachers to be more optimal in learning, it is necessary to conduct training. ICT Using Powtoon Animation Applications for Teachers of State Madrasah Ibtidaiyah in Padang City. The State Islamic Madrasah (MIN) teachers throughout the city of Padang were chosen as the assisted subjects because the State Madrasah Ibtidaiyah (MIN) had been stakeholders for the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Imam Bonjol Padang. In addition, teachers at MIN still rarely receive training in using ICT in learning. In contrast, the knowledge and skills in using these applications are very much needed to improve their learning quality. Community service activities for State Madrasah Ibtidaiyah (MIN) teachers in Padang City aim to discover: “Perceptions of madrasa teachers after receiving assistance on using the animation application as a learning medium”. The results of this study indicate a perception of the training participants can be seen from the impressions and suggestions in the research questionnaire, which are categorized as enthusiastic and positive by the MIN teachers throughout the city of Padang. In conclusion, the perceptions of MIN teachers in the city of Padang after receiving training on using Powtoon animation as a learning medium are enthusiastic, positive, and beneficial.

 


Keywords


Guru; Media; Powtoon

Full Text:

PDF

References


Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis komponen TPACK guru SD sebagai kerangka kompetensi guru profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918-1925.

Anita, A. S., & Kardena, A. (2021). The effect of using powtoon toward students’motivation in writing. ELP (Journal of English Language Pedagogy), 6(1), 1–13.

Frasandy, R. N., & Anggaraini, S. (2021). Hubungan penggunaan media nyata dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 43–54.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing interactive chemistry e-modul for the second grade students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Julia, C., & Wiranti, D. A. (2022). Penggunaan media berbasis ict dengan aplikasi powtoon pada mata pelajaran bahasa indonesia. Tunas Nusantara, 4(1), 449–457.

Nofrion, N., Wijayanto, B., Wilis, R., & Novio, R. (2018). Analisis technological pedagogical and content knowledge (TPACK) guru geografi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jurnal Geografi, 10(2), 105-116.

Purwasih, D., Wilujeng, I., & Zakwandi, R. (2022). Model webbed berbantuan discovery learning dalam pembelajaran ipa untuk melatihkan kemampuan ecological literacy (terintegrasi potensi lokal “ pulau kembang"). Yogyakarta: UNY Press.

Rusmana, A. N., Sya’bandari, Y., Aini, R. Q., Rachmatullah, A., & Ha, M. (2021). Teaching Korean science for Indonesian middle school students: promoting Indonesian students’ attitude towards science through the global science exchange programme. International Journal of Science Education, 43(11), 1837–1859.

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Kencana.

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis ICT. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats