Penyuluhan Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Tumbuh Kembang Anak di Era Digital bagi Orang Tua Desa Pongkar
Abstract
Gadget adalah suatu peranti elektronik yang memiliki fungsi praktis dalam mempermudah pekerjaan manusia. Berkembangnya teknologi membuat gadget semakin berkembang pesat menjangkau hampir seluruh lapisan masyarakat dan berbagai usia. Penggunaan yang berlebihan dari gadget tentunya memberikan dampak negatif khususnya terhadap tumbuh kembang anak. Di era digital ini gadget sudah sulit dipisahkan dari keseharian anak padahal anak-anak memilki fase pertumbuhan dan perkembangan yang kritis terhadap lingkungan disekitarnya. Oleh sebab itu diadakan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menambah wawasan dan rasa antisipatif orang tua terhadap dampak penggunaan gadget yang berlebihan oleh anak khususnya anak usia dini. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan dengan metode penyuluhan dan sosialisasi kepada para orang tua di Desa Pongkar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2022 di Aula Posyandu Desa Pongkar Kecamatan Tebing dengan jumlah psesrta yang hadir berjumlah 19 orang. Adapun dampak gadget berpengaruh pada perkembangan kognitif, mototrik, fisik, emosi, sosial, bahasa, dan seksual anak dimasa pertumbuhannya. Hasil dari kegiatan ini adalah pemaham peserta terkait materi sebesar 94,7% dimana hasil ini didapat dari penyebaran kuesioner feedback kegiatan. Diharapkan dari kegiatan ini orang tua semakin melek teknologi guna mengontrol penggunaan gadget oleh anak.
A gadget is an electronic device with a practical function in facilitating human work. Technology development has caused gadgets to grow rapidly, reaching almost all levels of society and all ages. Overuse of gadgets certainly has a negative impact, particularly on the growth and development of children. In this digital era, gadgets are difficult to separate from children's daily lives, even though children have a critical growth and development phase in the surrounding environment. Therefore, a community service activity was carried out to add insight and anticipatory feelings for parents regarding the impact of excessive use of gadgets by children, especially in early childhood. This Community Service (PkM) activity was carried out using counselling and outreach methods to parents in Pongkar. This activity was carried out on July 19 2022, at the Posyandu Hall in Pongkar Village, Tebing District, with 19 participants attending. The impact of gadgets affects the cognitive, motor, physical, emotional, social, language, and sexual development of children during their growth. According to the feedback questionnaires distributed during the activity, 94.7% of the participants understood the material. It is hoped that from this activity, parents will become more technology literate to control the use of gadgets by children.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, F. (2018). Olahraga pada Anak, Kapan Waktu Terbaik Memulainya? Reterived from https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3314807/olahraga-pada-anak-kapan-waktu-terbaik-memulainya
Anwar, A. (2018). Paradigma sosialisasi dan kontribusinya terhadap pengembangan jiwa beragama anak. Jurnal Al-Maiyyah, 11(1), 65–79.
Ardwi, A. (2022). Mengenal Istilah PMO dan Dampaknya yang Ramai di Media Sosial Tiktok. reterived from: https://satukanal.com/baca/mengenal-pmo-dan-dampaknya/84032/
Budiman, D., Hilmy, Z., Arianti, N. D., & Sitompul, M. K. (2021). Pembagian starter kit kepada pedagang umkm coastal area terdampak covid-19. Jurnal AWAM, 1(2), 16–22.
Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di tinjau dari tingkat pendidikan ibu di paud kasih ibu kecamatan rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169–178.
Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria, F. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku remaja dalam keluarga. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 5(2), 182–194.
Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak permainan gadget dalam mempengaruhi perkembangan kognitif anak di tk dharma wanita bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 27–39.
Hartati, A. (2019). Tahapan tumbuh kembang anak yang optimal. primaya hospital. Reterived from: https://primayahospital.com/anak/tahapan-tumbuh-kembang-anak-yang-optimal/
Helni, A. H., & Hidayat, B. (2021). Solusi Gangguan Smartphone Addiction Berdasarkan Pendekatan Psikologi Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 65–78. https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/download/6652/32
/
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363–372.
KBBI. (2008). Pengertian Gagdet. Website.
Khaironi, M. (2017). Penanaman sikap beragama dan moral anak usia dini di tkit salman al farisi 2. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 166–179.
Khusni, M. F. (2018). Fase perkembangan anak dan pola pembinaannya Dalam Perspektif Islam. Perempuan Dan Anak, 2(2), 361–382.
Limbong, S. T. (2020). Cyberbullying, Apa Pengaruhnya bagi Mental Anak? Reterived from Website Klikdokter. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3581557/cyberbullying-apa-pengaruhnya-bagi-mental-anak
Oktaviana, N. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengembangan media big bookuntuk meningkatkan perilaku moral pada anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 32–40.
Prasetia, A. R. D., & Rudiyanto, W. (2020). Pengaruh paparan gelombang elektromagnetik ponsel terhadap otak. JIMKI, 8(1), 89–95.
Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi. Journal of Information Systems, 8(1), 22–31.
Retnaningrum, W. (2016). Peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini melalui media bermain memancing. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 207–218.
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui model pembelajaran audio visual berbasis android. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 3(2), 92–98.
Sulistiono, S., Zulkarnaen, Z., & Nugroho, T. (2018). Edukasi pelestarian sumberdaya dan lingkungan pantai pada nelayan perikanan bagan. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2).
Uce, L. (2015). The golden age : masa efektif merancang kualitas anak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 1(2), 77–92.
Wulandari, D., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan emosi anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1689–1695.
Yulita, R., Aguswan, A., Priyantoro, D. E., & Suryadi, S. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(1), 46–55.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |