Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru IPA
Abstract
Era digital menuntut para guru untuk memanfaatkan teknologi dalam tugasnya. Namun, pemanfaatan teknologi ini belum optimal dikarenakan sebagian besar guru masih menyukai cara-cara tradisional. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan literasi digital guru IPA di SDN 04 Kepahiang, melalui pelatihan penggunaan laboratorium virtual sebagai strategi mengajarkan praktik IPA. Peserta pelatihan ini terdiri dari 30 orang guru. Sampel diambil secara purposive. Kegiatan ini diselenggarakan pada bulan Juli sampai Desember 2022 dalam kurun waktu 2 minggu. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, praktik, dan evaluasi. Instrumen angket digunakan untuk mengevaluasi kemampuan literasi digital guru. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 90% peserta mampu menggunakan TIK dalam mengajar, 95% mampu mengakses informasi dan internet dalam proses belajar mengajar, 90% mampu berkomunikasi melalui media teknologi digital, 85% mampu memahami siswa di ruang digital, dan 90% mampu menyeleksi informasi yang ada di ruang digital. Berdasarkan hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa pelatihan penggunaan laboratorium virtual untuk meningkatkan literasi digital dianggap berhasil mencapai target 70% yang telah ditetapkan. Pelatihan ini memanfaatkan TIK sebagai media praktikum bagi siswa sekolah dasar.
The digital era requires teachers to utilize technology in their duties. However, this technology is not optimal because most teachers still prefer traditional methods. This service activity aims to increase the digital literacy of science teachers at SDN 04 Kepahiang through training in virtual laboratories as a strategy for teaching science practice. The training participants consisted of 30 teachers. Samples were taken purposive. This activity was held from July to December 2022 for 2 weeks. The method used in this activity is lecture, question and answer, practice, and evaluation. The questionnaire instrument is used to evaluate teachers' digital literacy abilities. Data analysis used quantitative descriptive. The results of the activity show that 90% of participants can use ICT in teaching, 95% can access information and the internet in the teaching and learning process, 90% can communicate through digital technology media, 85% can understand students in digital spaces, and 90% can select the information that exists in the digital space. Based on the activity results, it can be concluded that training on using virtual laboratories to increase digital literacy is considered successful in achieving the set target of 70%. This training utilizes ICT as a practical medium for elementary school students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi literasi digital bagi guru dan pelajar di lingkungan sekolah kabupaten malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3, 98–104.
Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. Jurnal Eksponen, 11(1), 21–217.
Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan literasi digital bagi guru-guru sekolah dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118–128. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES
Dwiyanti, N. A., Riwanto, M. A., & Budiarti, W. N. (2019). Penerapan laboratorium virtual sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan karakter pada siswa kelas iv sdn 1 tambaknegara tahun ajaran 2019/2020. Jurnal PANCAR, 3(2), 275–278.
https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/306/249
Firda, A., & Wahyuni, S. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan aplikasi laboratorium virtual dalam pembelajaran. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada …, 5(5), 1299–1304. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/3495
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97–102. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1608
Idaramatasia. (2015). Penerapan media laboratorium virtual dalam pembelajaran fisika di sma negeri 2 sengkang. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4(1), 89–105.
Khaira, U., Aryani, R., Arsa, D., Lestari, D., & Bintana, R. R. (2022). Pendampingan pemanfaatan virtual lab aplikasi rumah belajar untuk guru dan siswa sman 11 kota jambi. JPM: Jurnal Pengmas Pinang Masak, 3(1), 1–9.
Listiaji, P., & Subhan, S. (2021). Pengaruh pembelajaran literasi digital pada kompetensi teknologi informasi dan komunikasi (tik) calon guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 107–116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948
Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109-114.
Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran: peluang dan tantangan. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3553
Muliani, M., Novita, N., Marhami, M., & Sakdiah, H. (2021). Pengembangan kompetensi literasi digital pada guru untuk optimalisasi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–58.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru sd dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Naila, I., Ridlwan, M., & Haq, M. A. (2021). Literasi digital bagi guru dan siswa sekolah dasar: Analisis konten dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 116–122.
Nugroho, A. (2021). Efektifitas laboratorium virtual dalam pembelajaran praktikum analisis farmasi pada mahasiswa farmasi saat pandemic covid-19. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 3(1), 317–324. https://doi.org/10.20885/rpi.vol3.iss1.art1
Pohan, S. S., & Suparman. (2020). Perspektif literasi digital bagi guru sekolah dasar. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 7(1), 164–178.
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. (2019). Analisis literasi digital siswa melalui penerapan e-learning berbasis schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9-13.
Prayoga, A., & Muryanti, E. (2021). Peran guru dalam pengenalan literasi digital pada anak usia dini pada masa covid-19 di tk se-kecamatan pauh duo. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 11–22.
https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/7538
Riady, Y. (2021). Gerakan literasi digital: Pelatihan akses internet dan komputer bagi guru di kabupaten karawang. Abdimas Indonesia, 1(2), 26–32.
Rifai, A. (2021). Urgensi Literasi Digital Bagi Guru SMP Yabujah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SINAU, 7(2), 58–70.
Rohmah, N. (2019). Literasi digital untuk peningkatan kompetensi guru di era revolusi industri 4.0. Awwaliyah:Jurnal PGMI, 2(2), 128–134.
Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret sikap mahasiswa dalam penggunaan literasi digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667
Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan literasi digital di kalangan usia muda di kota bandung. Pedagogia, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327
Slamet, E., Harapan, E., & Wardiah, D. (2021). Pengaruh literasi digital guru dan motivasi kepala sekolah terhadap keberhasilan belajar di rumah. Jurnal Pendidikan Tambusa, 5(1), 774–778.
Soewarno. (2015). Penerapan media laboratorium virtual phet pada materi hukum ohm untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x-ia 5 sman 5 Banda Aceh. Jurnal Fisika Edukasi, 2(2), 108–115.
Swandi, A., Nurul Hidayah, S., & Irsan, L. J. (2015). Pengembangan media pembelajaran laboratorium virtual untuk mengatasi miskonsepsi pada materi fisika inti di sman 1 binamu, jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia, 18(52), 20–24.
https://doi.org/10.22146/jfi.24399
Yeni, L. F. (2016). Pengembangan virtual laboratory berbasis multimedia interaktif pada mata kuliah microbiology sub materi isolasi bakteri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 6(1), 57–67. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v6i1.17591
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |