UKK3: Inovasi Peningkatan UMKM Desa Perkebunan Tanjung Kasau Melalui Pembuatan Keripik Aneka Rasa

Sarah Patumona Manalu, Ade Citra Nadhira, Tiara Nurika Fadilah, Ester Yoknaem, Annisa Sasmita Ziemen, Mega Rosalina

Abstract


Pandemi covid-19 berdampak buruk bagi keberlangsungan perekonomian Indonesia, khususnya bagi pelaku UMKM di Desa Perkebunan Tanjung Kasau. UMKM ini menitikberatkan pada satu kemudahan dan solusi bagi masyarakat desa yang selama ini kurang memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan tersebut. Salah satu sumber daya alam yang dihasilkan di Desa Perkebunan Tanjung Kasau adalah ubi kayu, sehingga kelompok KKNTD30 USU melaksanakan suatu program kerja yang bertujuan untuk memanfaatkan ubi kayu yang dihasilkan Desa Perkebunan Tanjung Kasau serta meningkatkan perekonomian melalui kegiatan UMKM. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode sosialisasi di rumah pembuatan keripik pada November 2022. Adapun tahapan pelaksanaan meliputi persiapan bahan-bahan, penggorengan, penirisan, pen­dinginan, pemberian rasa, dan pengemasan. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat Desa Perkebunan Tanjung Kasau. Hasil dari kegiatan ini adalah ubi kayu yang dihasilkan Desa Perkebunan Tanjung Kasau dapat diolah menjadi produk keripik aneka rasa yang bernilai jual tinggi. Simpulan dari kegiatan ini adalah masyarakat Desa Perkebunan Tanjung Kasau dapat memanfaatkan hasil pertanian berupa ubi kayu sebagai inovasi dalam peningkatan UMKM yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Desa Perkebunan Tanjung Kasau.

The covid-19 pandemic has had a negative impact on the sustainability of the Indonesian economy, especially for UMKM players in Desa Perkebunan Tanjung Kasau. This UMKM focuses on convenience and solutions for rural communities that have not utilized the natural resources in the environment so far. One of the natural resources produced in Desa Perkebunan Tanjung Kasau is cassava, so the KKNTD30 USU group implemented a work program aimed at utilizing the cassava produced by Desa Perkebunan Tanjung Kasau and boosting the economy through UMKM activities. This activity was implemented using the socialization method at the chip-making house in November 2022. The implementation stages include preparing ingredients, frying, draining, cooling, flavouring, and packaging. The target of this activity is the Desa Perkebunan Tanjung Kasau community. This activity results in the cassava produced by Desa Perkebunan Tanjung Kasau can be processed into various flavoured chip products with high selling value. This activity concludes that the people of Desa Perkebunan Tanjung Kasau can take advantage of agricultural products in the form of cassava as an innovation in increasing UMKMs which are expected to improve the economy of Desa Perkebunan Tanjung Kasau.


Keywords


Inovasi; Keripik; UMKM

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R., Raihanun, S., Sopiati, R., Atmanegara, L. K., Saptia, R. D., Hadisaputra, S., Junaidi, E., ’Ardhuha, J., Ashyar, M., & Ayub, S. (2021). Serabi milenial (serial) sebagai inovasi kue serabi unggulan di desa borok toyang guna meningkatkan eksistensi produk lokal: Pengabdian masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(1), 3-7. https://doi.org/10.29303/jpmsi. v3i1.92

Alfin, A. (2021). Analisis strategi umkm dalam menghadapi krisis di era pandemi covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543-1552. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/280/256

Andika, Y. Y. P. (2022). Pengendalian manajemen dalam meningkatkan kinerja pada usaha makanan ringan keripik pisang “dangkrik” dusun kulubanyu, mojokerto. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5185–5192. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1843/1415

Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi makanan ringan kripik singkong di kabupaten sampang. Dialektika, 4(2). https://core.ac.uk/download/pdf/236407322.pdf

Berlin, B., Suharto, A., & Suhendri, S. (2022). UMKM pembuatan makanan ringan dan inovasi produk terhadap penambahan pendapatan ekonomi masyarakat di kota tangerang. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 22(1), 37-48. https://doi.org/10.33061/jeku.v22i1.7513

Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implemen-tation and Practice. Jakarta: Prentice Hall/Financial Times.

Dwiputra, R., & Barus, L. S. (2022). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) dalam pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19 di kawasan kampung tangguh pluit-penjaringan. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 18(1), 26-34.

https://scholar.archive.org/work/gsy54lbnovdknl6juqfg5noftq/access/wayback/https://ejournal.undip.ac.id/index.php/pwk/article/download/35033/pdf

Ekasari, N., & Roza, S. (2017). Pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen bisnis pada umkm keripik pisang dharma jaya. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 6(3), 195-207. https://online-journal.unja.ac.id/ mankeu/article/view/4255

Gemina, D., & Harini, S. (2021). Keberhasilan usaha industri mikro kecil menengah makanan ringan di priangan barat pendekatan lingkungan usaha, manajemen usaha, kreativitas, dan inovasi. Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 13(1), 99. https://doi.org/10.22441 /oe.2021.v13.i1.008

Imron, M. S., & Nurdian, Y. (2021). Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi persaingan dagang selama pandemi covid-19. Transfromasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 65-76. https://journal. uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/3129

Muntoha, Jamroni, & Ummayah, R. U. (2015). Pelatihan pemanfaatan dan pengolahan singkong menjadi makanan ringan tela rasa. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4(3), 188-193. https://journal.uii.ac.id /ajie/article/view/7924/6934

Nurhartadi, E., Muhammad, D. R. A., & Nursiwi, A. (2016). Pemberdayaan ukm kerupuk singkong melalui diversifikasi produk. SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat, 4(2), 97-108. https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar/article/view/4572

Rizal, S., Nawangsih, N., & Irwanto, J. (2019). Analisis kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk keripik pisang burno sari lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(1), 81-84. https://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/257

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital marketing sebagai strategi pemasaran umkm makaroni bajak laut kabupaten temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96. https://doi. org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Shoodiqin, D. M., Atrinawati, L. H., & Sukmara, R. B. (2022). Peningkatan penjualan keripik singkong melalui penambahan variasi rasa dan peningkatan desain kemasan. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(3), 24-29. https:// jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/4392

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan umkm jawa timur melintasi pandemi covid-19. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap umkm di indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147-153. https://core.ac.uk/download/pdf/326501745.pdf

Vhikry, M., & Mulyani, A. S. (2023). Mencermati dampak digitalisasi bagi umkm pasca pandemi covid 19. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7287-7290. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/2373

Wardhana, G. C. (2022). Analisis pengendalian mutu proses produksi keripik pisang pada umkm keripik bu cahyo. https://repository.uisi.ac.id/2757/2/KERJA%20PRAKTIK%20-%20%28GIOVANI%20CAHYA%20WARDHANA%2C%202041810011%29.pdf.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats