Pelatihan Pembuatan Soal Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 bagi Guru IPA SMP Kota Pagaralam

Safira Permata Dewi, Lucia Maria Santoso, Yenny Anwar, Ermayanti Ermayanti, Dea Ananda Saputri, Intan Ratu Pratiwi, Nadia Salsabila

Abstract


Peningkatan keterampilan abad 21 menjadi perhatian dalam pembelajaran di kelas. Peningkatan kompetensi ini membekali siswa dengan keterampilan untuk memenuhi tuntutan zaman dan keterampilan siswa untuk berdaya saing di masa yang akan datang. Berpikir kritis merupakan keterampilan yang dapat dipraktikkan selama proses penilaian pembelajaran dengan memberikan soal-soal keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru IPA di Kota Pagaralam dalam membuat soal keterampilan berpikir kritis. Sasaran kegiatan ini adalah 40 orang guru IPA yang tergabung dalam MGMP IPA Kota Pagaralam. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara luring dan daring pada bulan Agustus hingga Oktober 2022. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahapan observasi, penyampaian materi, workshop, evaluasi, kegiatan mandiri dan pemantauan. Hasil evaluasi akhir menunjukkan 79% peserta memiliki pemahaman yang baik dan 21% peserta memiliki pemahaman yang sangat baik dalam membuat soal keterampilan berpikir kritis. Selain itu, sebanyak 92,85% peserta telah dapat mengembangkan soal-soal keterampilan berpikir kritis. Hasil evaluasi kinerja juga menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan dapat diterapkan dalam proses evaluasi pembelajaran di kelas untuk meningkatkan keterampilan abad 21.

Improving 21st-century skills is the focus of today's classrooms' learning process. These skills allow students to tackle global challenges, empowering them to become more competitive in the future. Critical thinking is a skill that can be trained through the learning assessment process by asking critical thinking questions. This training on creating Critical Thinking Questions through Community Service Activities aims to enlighten Science Teachers in Pagalalam City on creating a Critical Thinking Questions tool. The target group participating in this activity was 40 science teachers in Pagaralam City. This training activity will be offline and online from June to October 2022. This activity is carried out through stages of observation, material provision, workshops, assessment, self-activity, and monitoring. As a result of the participants' final evaluation, 79% of the participants rated him in the good category, and 21% rated him in the very good category. Additionally, up to 92.85% were able to ask critical thinking questions. Activity assessment results also indicate that the training provided can be used in assessing classroom learning to improve her 21st-century skills.

 


Keywords


Berpikir kritis; Evaluasi Pembelajaran; Guru IPA; Keterampilan Abad 21

Full Text:

PDF

References


Destiniar, Mulbasari, A., Fuadiah, N., Octaria, D., Ningsih, Y., Retta, A., & Isroqmi, A. (2020). Pelatihan penyusunan soal hots untuk mengembangkan kemampuan pedagogik guru. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 163–170.

Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 43(2), 44–48.

Far-Far, G. (2021). Efektifitas penggunaan aplikasi zoom meeting dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–5.

Griffin, P., McGaw, B., & Care, E. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Springer Dordrecht Heidelberg.

Handayani, F., Sepyanda, M., Dwiputri, R., Permata, R., & Zulfariati. (2021). Whatsapp group sebagai media pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 bagi guru sd negeri 10 pianggu. Jurnal Puan Indonesia, 3(1), 19–28.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51–56.

Haryandi, S., Misbah, M., Mastuang, M., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2019). Analysis of students' critical thinking skills on solid material elasticity. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(2), 89-94.

Husna, I. Y. A., Masykuri, M., & Muzzazinah. (2019). Mengukur profil awal keterampilan berpikir kritis siswa pada topik klasifikasi materi dan perubahannya. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 214–218.

Hutagalung, W., Solin, E., & Surip, M. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran zoom dalam meningkatkan proses pembelajaran daring. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021.

Iskandar, R. (2020). Penggunaan grup whatsapp sebagai media pembelajaran terhadap peserta didik dta at-tawakal kota bandung. Jurnal Comm-Edu, 3(2), 97–101.

Kemendikbud. (2020). Strategi pengimbasan pembelajaran kreatif guru penggerak. In Risalah Kebijakan (pp. 1–10).

Kusuma, N., Sabekti, A., & Sarkity, D. (2021). Pelatihan menyusun soal kemampuan berpikir kritis dan analisis menggunakan model rasch bagi guru ipa. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 212–219.

Misbah, M., Mahtari, S., Wati, M., & Harto, M. (2018). Analysis of students' critical thinking skills in dynamic electrical material. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 1(2), 103-110.

Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Optimalisasi penggunaan google classroom sebagai alternatif digitalisasi dalam pembelajaran jarak jauh (pjj). Jurnal Bio Educatio, 5(2), 23–36.

Nurhayani, N., Syamsudduha, S., & Afiif, A. (2018). Kesulitan guru dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran biologi kelas xii di sma negeri 2 gowa. Jurnal Biotek, 6(1), 93.

Priawasana, E., & Waris, W. (2019). Peningkatan kemampuan berfikir kritis dengan pendekatan problem based learning. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 49–58.

Pujianti, M., & Rusyana, A. (2020). Penerapan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem reproduksi. Biomed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 7–11.

Riyadi, Madani, F., Apriliani, L., & Siva, A. (2022). Peningkatan kompetensi guru melalui penyusunan instrumen penilaian berbasis hots. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 19, 568–582.

Triling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in our Times. In 21St Century Skill (Issue Book). Jossey-Bass.

Yani, M., Mastuang, M., & Misbah, M. (2021). Development of solid elasticity modules with guided inquiry model to train critical thinking skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 4(1), 44-56.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats