Pelatihan Pembuatan LKPD Interaktif dengan Liveworksheets bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan Jawa Timur

Putri Rachmadyanti, Ganes Gunansyah, Dina Putri Hariyati, Farida Istianah, Mulyani Mulyani

Abstract


Pembelajaran yang menumbuhkan proses belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa menjadi sebuah kebutuhan dan kewajiban bagi guru. Salah satunya dengan adanya Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar yang membantu siswa belajar. Namun nyatanya tidak semua guru menyusun LKPD ini, sehingga berdampak juga pada motivasi dan hasil belajar siswa. Masalah ini juga dihadapi oleh para guru di Kabupaten Magetan. Masalah yang dihadapi para guru ini adalah minimnya keterampilan untuk menyusun LKPD yang menarik, interaktif dan memenuhi unsur penggunaan inovasi teknologi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih para guru untuk terampil menyusun LKPD Interaktif berbasis Liveworksheets bagi para guru Sekolah Dasar di Magetan, yang dilaksanakan pada Juli 2022. Target yang diharapkan adalah 65% dari mitra merasa sangat puas dengan pembimbingan yang telah dilakukan oleh Tim. Data dideskripsikan melalui survey kepuasan dan proses pendampingan bagi guru sebagai peserta pelatihan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi pemberian pemahaman konseptual tentang penyusunan bahan ajar, LKPD yang baik dan Liveworksheets sekaligus pendampingan penyusunan LKPD Interaktif Liveworksheets berdasarkan kelas masing- masing. Pelatihan ini dilakukan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan. Pada akhir kegiatan, didapatkan rata- rata 79,5% mitra merasa sangat puas terhadap pembimbingan yang dilakukan oleh Tim.  Hasil pre-test dan post-test juga menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan LKPD Liveworksheets, sebesar 19,8%. Harapannya, peserta dapat mengaplikasikan keterampilan yang telah diperoleh ini secara berkelanjutan di kelas.

Learning that fosters a fun and meaningful learning process for students becomes a necessity and obligation for teachers. One of them is the existence of Student Worksheets as teaching materials that help students learn. But in fact, not all teachers compile this student worksheets so it also impacts student motivation and learning outcomes. Teachers in Magetan also face this problem. The problem these teachers face is the lack of skills to prepare attractive, interactive worksheets that meet the elements of using technological innovation. This activity aims to provide elementary school teachers with knowledge and skills in compiling Interactive student worksheets based on Liveworksheets. The expected target is that 65% of the partners are very satisfied with the team's guidance. The data is described through satisfaction surveys and mentoring processes for teachers as training participants. The methods used in this training include providing a conceptual understanding of preparing teaching materials, good student worksheets and Liveworksheets. The training continued with hands-on practice compiling Interactive student worksheets based on each class. This training is carried out offline by observing health protocols. At the end of the activity, it was found that an average of 79.5% of the partners were very satisfied with the guidance carried out by the Team. The pre-test and post-test results also show an increase in teacher competency in developing student worksheets Liveworksheets, amounting to 19.8%. It is hoped that participants can apply the skills they have acquired sustainably in class.

 


Keywords


Liveworksheets; LKPD; Sekolah Dasar; Guru

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A., Setyaningsih, C. A., & Jalmo, T. (2019). Implementating multiple representation-based worksheet to develop critical thinking skills. Journal of Turkish Science Education, 16(1), 138–155.

Aisyah Aini, N., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2021). Pengembangan lkpd berbasis problem based learning pada mata pelajaran ipa materi gaya. Jpd: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 28–34.

Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). Lks berbasis saintifik berbantuan live worksheets untuk memahamkan konsep matematis pada aritmetika sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911–2933.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada sistem e-learning universitas negeri padang. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10.

Budi, A. S., Sari, S. W., Sanjaya, L. A., Wibowo, F. C., Astra, I. M., Puspa, R. W., Misbah, M., Prahani, B. K., & Pertiwi, W. A. (2021). PhET-assisted electronic student worksheets of physics (eSWoP) on heat for inquiry learning during covid. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1), 012030. IOP Publishing.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan situs liveworksheets untuk mengembangkan lkpd interaktif di sekolah dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep pendidikan abad 21: kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia sd/mi. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 1-25.

Hazlita, S. (2021). Implementasi pembelajaran dalam jaringan dengan menggunakan instagram dan liveworksheets pada masa pandemi. Jira: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1142–1150.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074.

Lathifah, M., Hidayati, B. N., & Zulandari, Z. (2021). Pengintegrasian potensi lokal pada mata kuliah pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa hormat mahasiswa terhadap lingkungan. jurnal pengabdian magister pendidikan ipa, 4(2).

Lestari, P. C., Miriam, S., & Misbah, M. (2021). Science literacy-based sound wave e-worksheet: Validity aspects. In Journal of Physics: Conference Series, 2104(1), 012010. IOP Publishing.

Listia, R., Chandra, N. E., Rosalina, E., & Elyani, E. P. (2021). Pendampingan pembuatan bahan ajar bahasa inggris berbasiskan keterampilan (skill-based) dengan menggunakan teknologi. bubungan tinggi: jurnal pengabdian masyarakat, 3(4), 391.

Marshel, J., & Ratnawulan, R. (2020). Analysis of students worksheet (lkpd) integrated science with the theme of the motion in life using integrated connected type 21st century learning. Journal Of Physics: Conference Series, 1481(1).

Misbah, M., Khairunnisa, Y., Amrita, P. D., Dewantara, D., Mahtari, S., Syahidi, K., ... & Deta, U. A. (2021). The effectiveness of introduction to nuclear physics e-module as a teaching material during covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 012052. IOP Publishing.

Misbah, M., Dewantara, D., Hasan, S. M., & Annur, S. (2018). The development of student worksheet by using guided inquiry learning model to train student's scientific attitude. Unnes Science Education Journal, 7(1).

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis higher order thinking skill (hots). indonesian Journal of Science And Mathematics Education, 2(2), 168–176.

Rachmasari, M., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar kerja elektronik peserta didik dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) Snf2019, viii, 223–232.

Rafiudin, R., Mansur, H., Mastur, M., Utama, A. H., & Satrio, A. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar elektronik (e-book) di smkn 1 banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9-15.

Rich, K. M., Yadav, A., & Schwarz, C. V. (2019). Computational thinking, mathematics, and science: elementary teachers’ perspectives on integration. Journal of Technology and Teacher Education, 27(2), 165–205.

Ryabchikova, V. G., Rubleva, O. S., Sergeeva, N. A., & Yakovleva, N. A. (2020). Using interactive worksheets when teaching foreign languages by the “flipped class” technology. Perspektivy Nauki I Obrazovania, 45(3), 195–206.

Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). Pengembangan e-lkpd interaktif hukum newton berbasis mobile learning menggunakan liveworksheets di sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 72–80.

Yaqin, A. (2017). Pengembangan buku saku digital berbasis android sebagai pendukung bahan ajar pada materi pph pasal 21. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 53(9), 1689–1699.

Zahra, A. (2017). Pengembangan bahan ajar syair berbasis kearifan lokal : modul dan compact disc untuk kelas pengembangan bahan ajar syair berbasis kearifan lokal : modul dan compact disc. UIN Raden Fatah palembang.

Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats