Pelatihan Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di MTs/SMP Kota Bitung

Indah Wardaty Saud, Nur Halimah, Fadhlan Saini

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan mendeskripsikan pelatihan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Bahasa Inggris guna mendukung Kurikulum Merdeka di MTs/SMP Kota Bitung. Kegiatan PkM ini dilaksanakan selama 2 hari yakni mulai tanggal 29-30 September 2022 yang berlokasi di MTS N 1 Bitung. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 20 orang guru-guru Bahasa Inggris yang tersebar di MTs dan SMP Islam yang ada di Kota Bitung. Metode yang digunakan yakni ceramah, Tanya jawab, pendampingan, dan praktik pembuatan materi ajar. Hasil dari kegiatan ini, tersusunnya 5 draft materi ajar Bahasa Inggris berintegrasi nilai-nilai Islam yang berfokus pada kompetensi Reading dan Speaking skill. Selain itu, persepsi guru terhadap integrasi nilai-nilai Islam dalam materi ajar Bahasa Inggris yang diperoleh melalui angket menunjukkan hasil yang positif. Pada akhirnya, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas Kurikulum Merdeka di level MTs/SMP Islam di Kota Bitung.

This community service activity aims to describe training on integrating Islamic values into English learning to support the Freedom Curriculum at MTs/SMP Kota Bitung. This activity was carried out for two days, starting from 29-30 September 2022, located at MTS N 1 Bitung. The participants of this activity were 20 English teachers spread across MTs and Islamic Middle Schools in Bitung City. The methods used are lectures, question and answer, mentoring, and practice of making teaching materials. As a result of this activity, the participants composed five drafts of English teaching materials integrated with Islamic values focused on Reading and Speaking skill competencies. In addition, the teacher's perception of the integration of Islamic values in English teaching materials also showed positive results. In the end, this activity is expected to improve the quality of the Independent Curriculum at the Islamic MTs/SMP level in Bitung City.


Keywords


Bahasa Inggris; Integrasi; Kurikulum Merdeka; Nilai-nilai Islam

Full Text:

PDF

References


Anugraheny, R., Hasanah, M., & Siswanto, W. (2019). Bahan Ajar menulis cerita pendek bermuatan nilai-nilai kenabian untuk siswa mts kelas vii. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 206-212.

Ardianto, T. (2016). Developing islamic narrative reading material for eight grade of islamic junior high school in central jaya. A Thesis. English Language Education Graduate Program Semarang State University.

Eliya, I. (2019). Pengembangan bahan ajar menulis teks narasi berbasis nilai-nilai islami untuk siswa mts di kabupaten pemalang. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 337 - 348.

Habibah, S. (2015). Akhlak dan etika dalam islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 73 - 87.

Irveanty, M. (2013). Integrasi nilai-nilai karakter islami dalam pembelajaran bahasa inggris di sman banjarbaru. Tesis. Pascasarjana UIN Antasari.

McDonough, J., Shaw, C., & Masuhara, H. (2013). Materials and methods in ELT: A teacher’s guide (3rd edition). Blackwell.

Permatasari, Y. D. (2019). Integrasi pembelajaran bahasa inggris berbasis pendekatan islami. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2). 205- 210

Rosada, R., & Hayudinna, H. G. (2021, December). Integrasi Integrasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan. SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 360-381.

Saputra, A., Hakim, M. A. R., Kurniawan, Y. S., Astari, A. R. N., & Rahmanita, U. (2022). Penggunaan model assure dalam pengembanganvideo animasi pengajaran bahasa inggris 2d berbasis studi islam untuk siswa raudhatul athfal. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 23–34.

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi m-learning pada dongle melalui nilai-nilai islam. INTIQAD: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(1). 40 - 53

Siregar, S. R. (2021). Students’ writing ability on islamic narrative text topic. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 07(01). 143 - 154.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats