Pelatihan Berkisah bagi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an Muhammadiyah Ponorogo
Abstract
Kisah atau cerita memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pribadi seseorang, atau untuk mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang, terutama untuk usia anak. Kisah banyak diambil dari Al Quran, mulai dari cerita tentang manusia, binatang dan alam raya. Banyak guru belum menguasai teori maupun praktik berkisah. Padahal ini ini sangat penting dalam menunjang pembejaran. Pengabdian ini bertujuan untuk membekali guru TPA Muhammadiyah Ponorogo dengan Pelatihan Berkisah, baik secara teoritis maupun praktis. Metode dalam pengabdian meliputi beberapa tahapan seperti observasi, diskusi (penawaran solusi), menyiapkan meteri, pelatihan dan evaluasi. Pelaksanaan ini dilaksanakan pada tanggal 23 November 2022 dengan jumlah peserta 64. Hasilnya adalah peserta dapat memahami teori berkisah dengan baik seperti olah vokal, gesture, blocking, serta peserta mampu berkisah dengan baik dibuktikan dengan dipilih secara random untuk praktik berkisah dihadapan peserta lain, mereka bisa menyampaikan kisah dengan baik, membangkitkan rasa percaya diri, dan lebih menguasai strategi dalam berkisah sehingga pendengar tidak merasa bosan
Stories or stories have a very important role in shaping a person's personality or influencing a person's attitude and behaviour, especially for children. Many stories are taken from the Holy Qurán, starting from stories about humans, animals and the universe. Many teachers have not mastered the theory or practice of storytelling. Even though this is very important in supporting learning. This service aims to equip TPA Muhammadiyah Ponorogo teachers with theory and practice storytelling training. Service methods include several stages such as observation, discussion (offering solution), preparing material, training and evaluation. This implementation was held on November 23, 2022, with 64 participants. The result was that participants could understand storytelling theory well, such as vocal processing, gestures, and blocking. Participants were able to tell stories well, as evidenced by being randomly selected to practice storytelling in front of other participants, they could tell the story well, inspire self-confidence, and master strategies in storytelling so listeners don't feel bored.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiatin, T., & Andayani, B. (2016). Pelatihan keterampilan mendongeng untuk keluarga nelayan. Indonesian Journal of Community Engagement, 2(1), 53-65.
Alfaris, L., Yusuf, J., Satrio, B., & Henriana, R. (2022). Pelatihan mendongeng dengan gestur untuk tingkatkan kebugaran jasmani. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5561-5566.
Asmawati, L., Suparno, S., & Hidayat, S. (2020). Peningkatan literasi guru paud melalui pelatihan mendongeng. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 133-144.
Bahril H, D. T. (2019). Kontribusi pelatihan berkisah tema keislaman kepada kompetensi guru dan siswa taman kanak-kanak. Al-Thariqah, 4(2), 41-53.
Hawari. (2011). Bukan dongeng, tapi kisah sebelum tidur. Jakarta: Majalah Gerimis.
Hibana, H. (2018). Membangun budaya literasi melalui berkisah. Proceedings of The 3rd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (pp. 293-304). Yogyakarta: Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, State Islamic University Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Rahmawati, L. (2021). Inovasi pembelajaran penyampaian pesan-pesan al qur’an kepada anak melalui roadshow berkisah islami (Participatory Action Research). BISMA: Bimbingan Swadaya Masyarakat, 10-18.
Sugianto, A., Riyanto, R., & Tajab, M. (2022). Pelatihan menulis seni kaligrafi bagi guru taman pendidikan al qur’an. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).
Sururuddin, M., Husni, M., & Irfan, M. (2022). Mengembangkan kompetensi guru sd/mi melalui program pelatihan mendongeng di desa perian. Jurnal Abdi Populika, 3(1), 70-74.
Zaitun, K., Surya, W., Mahendra, B., & Saputra, D. (2016). Pelatihan mendongeng dan bercerita bagi pelajar dan guru se-bukittinggi. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7648
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |