Workshop Pembuatan Buku Digital menggunakan Aplikasi Articulate Storyline bagi Guru SMPN 3 Tebat Karai
Abstract
SMPN 3 Tebat Karai merupakan salah satu sekolah yang ada di Desa Tapak Gedung, Kabupaten Kepahiang yang memiliki sarana laboratorium komputer di sekolah. Akan tetapi pemanfaatan laboratorium komputer di sekolah masih belum maksimal, oleh karena itu perlu diadakan workshop yaitu berupa pelatihan dan pendampingan tentang pembuatan media berbasis informasi dan Teknologi (IT). Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan guru dalam membuat dan merancang media pembelajaran khususnya bahan ajar digital berbasis android menggunakan aplikasi articulate storyline serta mengetahui respon guru-guru SMPN 3 Tebat Karai terhadap kegiatan workshop bahan ajar digital berbasis android menggunakan aplikasi articulate storyline. Metode yang digunakan untuk kegiatan pengabdian ini adalah pembekalan/workshop, praktik terbimbing dan evaluasi. Peserta kegiatan adalah guru SMPN 3 Tebat Karai yang berjumlah 15 orang. Kegiatan pengabdian berlangsung dengan lancar, peserta sangat antusias terhadap materi yang disajikan tim. Sebanyak 75% peserta telah berhasil membuat bahan ajar menggunakan aplikasi articulate storyline. Dari angket yang disebarkan 100% guru sangat tertarik dengan materi pengabdian. 80% peserta memahami materi yang disampaikan tim pengabdian. Peserta berkomitmen untuk mencoba menerapkan bahan ajar yang telah dibuat kepada siswa di kelas setelah selesai kegiatan pengabdian berlangsung.
SMPN 3 Tebat Karai is one of the schools in Tapak Gedung Village, Kepahiang Regency, which has computer laboratory facilities at the school. However, the utilization of computer laboratories in schools is still not optimal; therefore, it is necessary to hold workshops in the form of training and mentoring on creating Information and Technology (IT)-based media. This service aims to increase teacher motivation and knowledge in making and designing learning media, especially android-based digital teaching materials using the articulate storyline application, and to know the responses of SMPN 3 Tebat Karai teachers to Android-based digital teaching materials workshops using the articulate storyline application. The method used for this service activity is debriefing/workshop, guided practice and evaluation. The activity participants were 15 Tebat Karai SMPN 3 teachers. The service activities went smoothly; the participants were very enthusiastic about the material presented by the team. As many as 75% of participants have succeeded in making teaching materials using the articulate storyline application. From the questionnaires distributed, 100% of the teachers were very interested in the service material. 80% of participants understood the material presented by the service team. Participants are committed to applying the teaching materials made to students in class after the community service activities are finished.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alperi, M. (2020). Peran bahan ajar digital sigil dalam mempersiapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Teknodik, 23(2), 99–110.
Amir, H., Chandra, I. N., & Handayani, D. (2022). Pelatihan dan pembuatan buku digital sigil sebagai media pembelajaran bagi guru SMAN 5 Bengkulu Selatan. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 2(2), 20–25.
Amiroh, A. (2019). Mahir membuat media interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 69–88.
Darmawan, M., & Surya, M. (2017). Efektivitas pemanfaatan media buku digital dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 2(2), 296–313.
Handayani, D., Alperi, M., & Rohiat, S. (2022). Pelatihan pembuatan soal berbasis digital menggunakan quizizz dan google form. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 2(1), 7–12.
Handayani, D., & Rohiat, S. (2022). Youtube. Workshop Buku Digital Articulate Storyline. Diakses pada 3 Maret 2023, dari https://www.youtube.com/watch?v=EH7m89Dvkj4.
Handayani, D., & Rohiat, S. (2022). Youtube. Workshop Buku Digital Articulate Storyline. Diakses pada 3 Maret 2023, dari https://www.youtube.com/watch?v=9d_q10ziycE
Hardilawati, W. L., Hinggo, H. T., Binangkit, I. D., Akhmad, I., Siregar, D. I., Zaki, H., Perdana, R., Fikri, K., & Sulistyandari, S. (2020). Manajemen pembelajaran berbasis google suite dan articulate storyline 3. VALUES: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 77–84.
Hernawan, H. (2016). Interactive dalam meningkatkan program studi pendidikan biologi. Jurnal Petik, 2(1), 21–22.
Imas, I. (2022). Penggunaan media pembelajaran komik berbasis literasi dalam meningkatkatkan prestasi belajar materi offer and suggestion. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 41–49.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19.
Minkova, Y. (2016). Contemporary multimedia authoring tools. International Journal of Engineering Science and Computing, 6(10), 2586–2588.
Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis zoomable presentation berbantuan software prezi pada pokok bahasan listrik dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229-240.
Muttaqiin, A. (2019). Urgensi Buku Digital pada Konten IPA Terpadu. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 2(1), 37–40.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan e-modul kimia berbasis kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan kvisoft flipbook maker. Alotrop, 4(1), 51–58.
Santyasa, I. W., Juniantari, M., & Santyadiputra, G. S. (1784). Efektivitas pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk guru-guru di sma n 2 singaraja. Proceeding Senadimas Undiksha,(4), 1790.
Wati, S. S., Artayasa, I. P., & Kusmiyati, K. (2020). Pengembangan bahan ajar sistem gerak makhluk hidup berbasis literasi sains dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 548–553.
Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. In Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 012019.
Zainuddin, Z., Mastuang, M., Misbah, M., Dari, S. W., Agustina, A., Mudha, A. A. A., ... & Andiantosa, S. D. (2021). Pelatihan pembuatan media articulate storyline di lingkungan lahan basah bagi guru mgmp ipa kabupaten barito kuala. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 425-431.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |