Pelatihan Mendesain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi Komite Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka
Abstract
Projek penguatan profil pelajar Pancasila, merupakan kegiatan baru yang terdapat dalam kurikulum merdeka. Namun pada praktiknya, guru-guru komite pembelajaran masih terdapat kendala dalam mendisain projek penguatan profil pelajar Pancasila. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru-guru komite pembelajaran untuk mendisain projek penguatan profil pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan partisipatif. Pelatihan dilaksanakan pada 10 Nopember 2022, di Jember. Peserta berjumlah 18 orang dari 6 satuan pendidikan di tingkat sekolah dasar dari Kecamatan Bangsalsari, Sumber Baru dan Gumukmas. Hasil pelatihan ini menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam mendisain projek penguatan profil pelajar Pancasila. Dari pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan mendisain projek yang berorientasi pada kebutuhan siswa sangat dibutuhkan oleh guru-guru komite pembelajaran.
The project to strengthen the profile of Pancasila students is a new activity in the independent curriculum. However, in practice, the teachers of the learning committee still have obstacles in designing projects to strengthen the profile of Pancasila students. This service aims to improve the skills of the teachers of the learning committee to design a project to strengthen the profile of Pancasila students. The method used in this service activity is participatory training. The training was held on November 10, 2022, in Jember. The participants were 18 people from 6 education units at the elementary school level from Bangsalsari, Sumber Baru and Gumukmas sub-districts. The results of this training showed an increase in participants' understanding and ability to design projects to strengthen the profile of Pancasila students. From this training, it can be concluded that the teachers of the learning committee need the skills to design projects that are oriented towards student needs.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asiati, S. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72.
Direktorat KSK Madrasah. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil belajar rahmatan lil alamin. Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Djohani, R., Widyanto, D. J., & Irfani, R. (2017). Panduan untuk fasilitator infomobilisasi teknik fasilitasi partisipatif pendampingan masyarakat. Tim Partnerships for e-Prosperity for the Poor (PePP) Bappenas - UNDP.
Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi guru terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November 2022.
Hamidah, J. (2022). Pelatihan penyusunan projek penguatan profil pelajar pancasila pada kepala sekolah dan guru-guru sekolah dasar di kabupaten banjar-kalimantan selatan. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 259–271.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Kebudayaan, D. (2019). Modul Teknik Fasilitasi Pelatihan Calon Pelatih (Pcp) Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687.
Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Serba-serbi kurikulum merdeka kekhasan sekolah dasar. Direktorat Sekolah Dasar, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.
Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan merancang modul projek profil pelajar pancasila bagi guru sdn 6 peusangan selatan melalui in house training sekolah penggerak. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574–1580.
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan modul projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) menggunakan flip pdf profesional bagi guru sma negeri 1 tirawuta: persiapan implementasi kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Suryaningrum, D. A. (2022). Modul pendampingan lokakarya perencanaan pembelajaran 2, luar jaringan. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Widodo, A. S., Safriyani, H., & Sutrisno. (2018). Teknik fasilitasi dalam pemberdayaan masyarakat. Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Yasella, M., Lestari, S., Lisdiana, A., Fajarwati, D., Ferayanti, M., & Ni’maturrohmah, W. (2022). Panduan Pelaksanaan pendampingan oleh fasilitator sekolah penggerak angaktan 2. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Zamjani, I., Aditomo, A., Pratiwi, I., Solihin, L., Hijriani, I., Utama, B., Anggraena, Y., Felicia, N., Simatupang, S. M., Djunaedi, F., Amani, N. Z., & Widiaswati, D. (2020). Naskah akademik sekolah program penggerak. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukkuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |