Pelatihan Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline sebagai Dasar Media Pembelajaran Online Berbasis Android untuk Guru-Guru di Sman 1 Bintan Timur Kabupaten Bintan

Adam Fernando, Dios Sarkity, Bony Irawan

Abstract


Belum banyak guru di sekolah yang mengetahui tentang aplikasi Articulate Storyline, termasuk guru-guru di sekolah mitra. Kemudian, aplikasi seperti Web APK Builder yang belum banyak diketahui oleh mitra dapat digunakan untuk memaksimalkan media pembelajaran ini untuk dikonversi menjadi media pembelajaran mobile berbasis Android. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memberikan solusi melalui suatu pelatihan yang dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menghasilkan sebuah buku Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dapat dijadikan solusi dan menunjang pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menggunakan metode pelatihan. Kegiatan pelatihan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di SMAN 1 Bintan Timur mulai bulan April sampai dengan November 2022. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 30 orang guru. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu memberikan keterampilan yang sangat baik kepada peserta. Kemudian, peserta memberikan respon baik dan bisa merasakan manfaatnya. Penggunaan buku TTG yang dihasilkan telah memudahkan para peserta untuk menghasilkan media pembelajaran inovatif berbasis Android.

Only a few school teachers know about the Articulate Storyline application, including teachers in partner schools. Then, the teacher can use applications such as the Web APK Builder that partners need to be more widely known to maximize this learning media by limiting it to Android-based mobile learning media. Based on these problems, the authors provide a solution through training that can optimize the use of the application. This service aims to produce an appropriate technology book (TTG) that can be used as a solution and support the implementation of this training activity. This PKM activity uses the training method. The training activities are carried out through three stages: planning, implementing and evaluating at SMAN 1 East Bintan from April to November 2022. Thirty teachers attended this activity. Based on the results of the activities that have been carried out, this activity provided excellent skills to the participants. Then, participants gave good responses and could feel the benefits. The use of appropriate technology books produced has made it easier for participants to create innovative Android-based learning media.


Keywords


Android; Articulate Storyline; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis guided inquiry untuk mengopimalkan hands on. Radiasi, 5(1), 24–28.

Hasanah, U., Edwita, & Ahmad Januar. (2021). Pendampingan guru mengembangkan assesment kompetensi minimum (akm) berorientasi pisa untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran di sekolah dasar wilayah kabupaten bogor. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5(01), 90–99.

Hidayat, A. N., Fredy, F., & Purwanty, R. (2021). Pengembangan media powerpoint interaktif berbasis android untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Musamus Journal of Primary Education, 4(1), 38–45.

Mumtahana, A., Roesminingsih, M. V., & Suyanto, T. (2020). Development of learning content in computer based media with articulate storyline to improve civiccs learning outcomes in third grade elementary school students. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(2), 777–784. www.ijisrt.com777

Novferma, N., Sabil, H., Syafmen, W., Frianto, A., & Romundza, F. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbentuk game edukatif berbasis android bagi guru smpn 7 muaro jambi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Putri, R. F., Yulinda, R., & Laili, N. (2022). Pendampingan guru melalui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan aplikasi articulate storyline. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(1), 46–53.

Santyasa, I. W., Juniantari, M., & Santyadiputra, G. S. (2020). Efektivitas pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk guru-guru di sma n 2 singaraja. Proceeding Senadimas Undiksha,(4), 4, 1–8.

Sindu, I. G. P., Jayanta, I. N. L., & Dewi, K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan articulate storyline untuk guru-guru di smkn 1 sukasada. Proceeding Senadimas Undiksha, 267–273.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats