Sosialisasi Model Scientific Critical Thinking (SCT) untuk Pembelajaran Daring Era Pandemi
Abstract
Adanya guru-guru yang mengalami kendala dalam pengelolaan pembelajaran daring karena kurang memahami model-model pembelajaran yang digunakan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru terhadap penerapan Model Scientific Critical Thinking (SCT) di era daring dalam upaya meningkatkan self-regulation, berpikir kritis, dan self-efficacy bagi peserta didik. Adapun jumlah peserta kegiatan pengabdian sebanyak 77 orang yang terdiri atas guru-guru tingkat SMA dan SMK se-Kalimantan Selatan dan mahasiswa FKIP ULM. Kegiatan pengabdian menggunakan aplikasi zoom cloud meeting pada bulan Oktober-Desember 2021. Tahap persiapan dimulai dengan melakukan diskusi dengan guru-guru terkait permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring, penyusunan panduan dan materi sosialisasi. Tahap pelaksanaan berupa penyampaian materi tentang Model SCT dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tahap evaluasi dengan membagikan kuesioner dalam upaya mengukur pemahaman dan antusias peserta terhadap Model SCT. Adapun hasil yang diperoleh adalah guru-guru lebih memahami Model SCT beserta kelebihan dan kekurangannya dalam proses pembelajaran serta antusias untuk menerapkannya di sekolah sebagai usaha untuk meningkatkan self-regulation, berpikir kritis, dan self-efficacy bagi peserta didik.
Some teachers experience problems managing online learning because they do not understand the learning models. This service aims to increase teachers' understanding of applying the Scientific Critical Thinking (SCT) Model in the online era to increase students' self-regulation, critical thinking, and self-efficacy. The number of participants in the community service activity was 77 high school and vocational school teachers from South Kalimantan and ULM FKIP students. Community service activities use the zoom cloud meeting application in October - December 2021. The first step in the planning stage is to discuss with teachers the difficulties of online learning. Next comes the creation of guidelines and outreach materials. Delivering information on the SCT Model and students' critical thinking abilities is part of the implementation step. During the evaluation stage, questionnaires were distributed to participants to gauge their knowledge of and excitement for the SCT Model. The results are that teachers better understand the SCT Model and its advantages and disadvantages in learning. They are enthusiastic about implementing it in schools to increase student self-regulation, critical thinking, and self-efficacy.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basar, A. M. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19:(studi kasus di smpit nurul fajri–cikarang barat–bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (sfh) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 286–291.
Purwanto, Y. P. B., Masykuri, M., Soeparmi, & Elisanti, E. (2019). Analysis of Science Students Critical Thinking Skill in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 012086.
Rusmansyah, Ibrahim, M., Yuanita, L., Muna, K., & Isnawati. (2018). Keterlaksaaan model pembelajaran scientific critical thinking (sct) untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy mahasiswa calon guru kimia pada materi koloid. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(2), 121–132.
Rusmansyah, Wahyuni, L., Syahmani, & Juwida, H. (2020). Melatih kemampuan berpikir, keterampilan komunikasi dan self efficacy siswa menggunakan model scientific critikal thinking (sct). Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan, 11(2),
–98.
Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., Isnawati, & Prahani, B. K. (2019). Innovative chemistry learning model: improving critical thinking skills and self-efficacy of pre-service chemistry teachers. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 59–76.
Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., Muna, K., & Isnawati, I. (2018). Keterlaksanaan model scientific critical thinking (sct)untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy mahasiswa calon guru kimia pada materi koloid. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(2), 121-132.
Sabililla, G., Bakti, I., & Atiek, W. (2021). Implementasi model sct (scientific critical thinking) melalui pembelajaran daring terhadap kemampuan berpikir kritis dan self-regulation peserta didik pada materi hidrolisis garam. Universitas Lambung Mangkurat.
Santos, L. F. (2017). The role of critical thinking in science education. Journal of Education and Practice, 8(20), 159–173.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |