Pelatihan Praktikum IPA Berbasis Saintifik pada Materi Gerak Makhluk Hidup dan Benda di Sekitarnya di SMPN 3 Nimboran
Abstract
Materi pembelajaran IPA sulit dipahami oleh peserta didik. Beberapa faktor penyebabnya yaitu keterbatasan peralatan praktikum yang tersedia di sekolah dan peserta didik tidak dilatih dan dibiasakan untuk belajar secara kontekstual. Tujuan dari pengabdian ini yaitu 1) Memberi pelatihan kepada guru IPA dan peserta didik untuk melakukan praktikum berbasis saintifik pada pembelajaran gerak makhluk hidup dan benda di sekitarnya, 2) Menstimulus aktivitas kognitif dan kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran gerak makhluk hidup dan benda di sekitarnya, 3) Menstimulus kemampuan literasi sains guru melalui pelatihan praktikum pada pembelajaran gerak makhluk hidup dan benda di sekitarnya. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian yaitu berupa pelatihan dan pendampingan praktikum pada pembelajaran IPA terpadu materi gerak makhluk hidup dan benda di sekitarnya dengan menggunakan lembar kerja peserta didik materi terkait dan observasi lingkungan. Pengabdian dilakukan selama dua bulan yang diikuti oleh guru IPA dan peserta didik di kelas VIII SMPN 3 Nimboran Kabupaten Jayapura. Dari hasil kegiatan pengabdian diperoleh bahwa 1) Sebanyak 60 peserta didik kelas delapan yang mengikuti kegiatan pelatihan sangat antusias dalam melakukan pelatihan praktikum ilmu pengetahuan alam berbasis saintifik, 2) Kegiatan pelatihan ini mampu menstimulus aktivitas kognitif dan kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran gerak makhluk hidup dan benda di sekitarnya, serta 3) Mampu menstimulus kemampuan literasi sains guru melalui praktikum praktikum pada pembelajaran gerak makhluk hidup dan benda di sekitarnya. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini yaitu, peserta didik kelas VIII sangat antusias dalam mengikuti pelatihan praktikum IPA berbasis saintifik. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif bagi peserta didik. Selain itu, kegiatan pelatihan ini mampu menstimulus keterampilan literasi sains bagi guru dan peserta didik.
Science learning material is difficult to understand by pupils. Some factors are the limited practical equipment available in schools, and the students are not trained and used to learning contextually. The purpose of this dedication is to 1) train IPA teachers and pupils to conduct scientific-based practices on learning the movement of living creatures and objects around them, 2) stimulate cognitive activity and science literacy skills of pupils in learning the motion of living beings and things around it, 3) stimulate the literacy of science skills of teachers through practical training on the learning of the movements of living things and things surrounding them. The methods used in dedication activities are training and practical support for science learning to integrate the material movement of living creatures and objects around them using worksheets of students-related materials and environmental observations. The dedication was done for two months, followed by the science teacher and pupils in the 8th grade of SMPN 3 Nimboran district of Jayapura. From the results of dedication activities obtained that 1) A total of 60 pupils of eighth grade who followed the training activities were very enthusiastic about conducting practicum training in natural sciences based on science, 2) this training activity was able to stimulate cognitive activity and literacy skills of science students on learning the movement of living creatures and objects around them, as well as 3) Being capable of stimulating the literacy ability of science teachers through practicum practicum on learning movements of living beings and things around them. This dedication activity concludes that the students of the eighth grade are very enthusiastic about following a scientific-based IPA practice training. These activities can also enhance the cognitive abilities of the pupils. In addition, these training activities can stimulate science literacy skills for teachers and pupils.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, N. A., Samsi, A. N., Ahmad, F., & Nur, S. (2022). Pelatihan praktikum ipa berbahan lingkungan sekitar pada guru ipa smp kabupaten maros. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3115–3122.
Ardaya, D. A. (2016). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep materi IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–83.
Budiarti, I. S., & Tanta, T. (2021). Analysis on students’ scientific literacy of Newton’s law and motion system in living things. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education),
(1), 36–51.
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses dan kerja peserta didik di laboratorium IPA. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37.
Dewantara, D., Mahtari, S., Misbah, M., & Haryandi, S. (2019). Student responses in biology physics courses use worksheets based on scientific literacy. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2), 192-197.
Dewantara, D., Misbah, M., Mahtari, S., Azhari, A., Sasmita, F. D., Rusmawati, I., ... & Lutfi, M. (2021). Digital electronic practicum with logisim application using google meet. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 012006. IOP Publishing.
Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279–287.
Dinata, P. A. C., Rasidah, R., Wardhana, V. W., & Misbah, M. (2021). Electronic practicum module based on scientific argumentation as a practicum medium of motion and force in the covid-19 pandemic. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1760, No. 1, p. 012003). IOP Publishing.
Hadi, W. P., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Wardani, W. K. (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning berpendekatan etnosains untuk mengetahui profil literasi sains siswa SMP. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(2), 178–192.
Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313-
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil
literasi sains dan keterampilan berpikir kritis pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 120-130.
Lumbantoruan, A., Irawan, D., Siregar, H. R., Lumbantoruan, D., Nasih, N. R., Samosir, S. C., Dewi, U. P., Putra, D. S., & Wiza, O. H. (2019). Identification of students’ science process skills in Basic Physics Practicum II in using e-module. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 49–55.
Mahtari, S., Misbah, M., & Suryati, S. (2019). Analysis of the ability of High school students in solving science literacy questions based on the rasch model. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(1), 11-16.
Manalu, A. N., Wanda, Y. A., Worumboy, H. V. N., & Budiarti, I. S. (2021). Digital Literacy Overview: Challenges in Online Physics Learning at New Normal Era. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 16–27.
Mustafá, M., & Trubel, L. (2013). The impact of cognitive tools on the
development of the inquiry skills of high school students in physics. IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 4(9).
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.
Rasyidi, M., & Muhsinun, M. (2020). Pengembangan petunjuk praktium IPA alternatif berpendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 732–736.
Rodriguez-Gil, L., Garcia-Zubia, J., Orduna, P., & Lopez-De-Ipina, D. (2017). Towards New Multiplatform Hybrid Online Laboratory Models. IEEE Transactions on Learning Technologies, 10(3), 318–330.
Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 299-316.
Suyidno, S., Zainuddin, Z., Misbah, M., Salam, A., Mastuang, M., Sasmita, F. D., ... & Ramadhan, R. (2019). Pelatihan media berbasis e-learning menggunakan kahoot! untuk guru fisika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9-14.
Tauhidah, D., & Farikha, Y. (2022). Analisis keterampilan proses sains mahasiswa selama praktikum daring. Jurnal Education and Development, 10(2), 6-9.
Zainuddin, Z., Mastuang, M., Misbah, M., Melisa, M., Ramadhani, F. D., Rianti, D., & Rusmawati, I. (2020). The Effectiveness of Fluid Physics Practicum Module Based On Wetland Environment to Train Science Process Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(2), 76–84.
Zainuddin, Z., Mastuang, M., & Misbah, M. (2021). The validity of the wetlands-based fluid physics practicum module. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 012013.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.7933
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |