Penyusunan Bahan Presentasi Interaktif Menggunakan Mentimeter untuk Guru-guru di SMA Negeri 1 Tanjung
Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para guru melalui pelatihan penyusunan bahan presentasi interaktif menggunakan aplikasi Mentimeter. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka selama 8 jam pelajaran kepada 35 peserta. Peserta merupakan guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Pelatihan dimulai dengan pengenalan dan penyamaan persepsi tentang media pembelajaran interaktif, dilanjutkan latihan dan petunjuk teknis penggunaan Mentimeter dengan metode presentasi disertai ceramah, dan membuat media presentasi interaktif menggunakan Mentimeter. Pelatihan diakhiri dengan pengisian kuesioner oleh peserta melalui Google Form untuk mengetahui feedback dari peserta. Berdasarkan hasil pekerjaan peserta dan survey menunjukkan bahwa mayoritas peserta memahami penggunaan Mentimeter, dan sebagian besar peserta akan menerapkan Mentimeter untuk menunjang pembelajaran di kelas.
The purpose of this program (PkM) is to improve the skills of teachers through training in preparing interactive presentation materials using the Mentimeter. This training activity was conducted face-to-face for 8 hours with 35 participants. Participants are subject teachers at SMA Negeri 1 Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. The training begins with an introduction and alignment of perceptions about interactive learning media, followed by practice and technical instructions for using Mentimeter with presentation methods accompanied by lectures and developing interactive presentation media using Mentimeter. The training ends with participants filling out a questionnaire through Google Forms to collect feedback. Based on the participant’s work and survey results, most participants understood the use of Mentimeter, and most plan to apply Mentimeter to support learning in the classroom.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan. Jurnal-Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.
Aspi, M. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Journal of Education, 2(1), 64–73.
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & S, A. N. (2008). Peningkatan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi informasi pada kegiatan pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 131–138.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 1(56), 1-11.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hadajaratie, L., Padiku, I. R., Kaluku, M. R. A., Pakaya, N., Polin, M., Zakaria, A., Pakaya, P., & Binolombangan, J. F. (2022). Pelatihan penggunaan microsoft office power point sebagai media interaktif di sma negeri 1 kabila. DEVOTION: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 49–53.
Herlawati, Nidaul Khasanah, F., & Sari, R. (2021). Pelatihan mentimeter sebagai media interaksi dalam pembelajaran daring pada sman 14 bekasi. Journal of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(1), 42–52.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Kependidikan dan Kebudayaan MISSIO, 10(10), 1–136.
Kuritza, V. C., Cibich, D. P., & Ahmad, K. A. (2020). Interactive presentation digital tool Mentimeter perceived as accessible and beneficial for exam preparation by medical students. Advances in Educational Research and Evaluation, 1(2), 63–67.
Lestari, I., & Pratama, M. H. (2020). Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika. Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 95–102.
Ma Mohin, Kunzwa, L., & Patel, S. (2022). Using mentimeter to enhance learning and teaching in a large class. International Journal of Educational Policy Research and Review, 9(2)(March), 48–57.
Rahim, F. R., & Suherman, D. S. (2019). Analisis kompetensi guru dalam mempersiapkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi era revolusi industri 4 . 0. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(November).
Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Wiranda, N., Purba, H. S., & Rosyadi, I. (2021). Pelatihan penggunaan learning management system (lms) untuk peningkatan kompetensi pengajar dalam pengelolaan kelas online saat pandemi covid-19. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 205–210.
Sukmawati, R. A., Pramita, M., Wiranda, N., Apriliyanti, A., Maulida, K., Winanto, A., Hidayat, F. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis canva untuk meningkatkan literasi digital guru mgmp matematika smp. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1393–1401.
Wirabumi, R., Pascasarjana, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2020). Metode pembelajaran ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), I(I), 105–113.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.8015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |