Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan PTK terhadap Guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Sentani
Abstract
Menulis adalah salah satu kemampuan yang sulit oleh guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang bertugas pada SD dan SMP di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura. Minimnya karya tulis ilmiah yang dihasilkan para guru ini menunjukkan bahwa belum adanya perhatian yang serius dari pihak pimpinan maupun dinas pendidikan terkait. Paru guru juga masih mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian tindakan kelas dan menulis artikel ilmiah sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. Mereka lebih banyak bergelut dengan kegiatan belajar mengajar dan belum menjadikan kegiatan menulis sebagai bagian dari aktivitas profesionalnya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bagi para guru ini bertujuan untuk memberikan metode dalam melakukan penelitian tindakan kelas dan menulis artikel ilmiah yang sesuai kaidah penulisan. Kegiatan PkM terlaksana pada 16 Juli 2022. Para peserta terdiri dari para guru Pendidikan Agama Kristen yang bertugas pada SD dan SMP di Kecamatan Sentani berjumlah 30 orang. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi. Melalui kegiatan ini, tim PkM Jurusan Pendidikan Agama Kristen STAKPN Sentani memberikan pemahaman kepada para guru untuk menulis hasil penelitian dalam bentuk PTK dan mampu mengolahnya dalam suatu karya ilmiah. Hasil PkM menunjukan adanya pemahaman dan pengetahuan guru tentang Penelitian Tindakan Kelas dan penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan. Dengan kata lain, kegiatan PkM ini meningkatkan pemahaman dan pengetahuan guru mengenai teknik-teknik terbaik dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dan menulis artikel ilmiah.
Writing is a difficult skill for Christian Religious Education teachers assigned to elementary and junior high schools in Sentani Sub-district, Jayapura Regency. The lack of scientific papers produced by these teachers shows that there is no serious attention from the leadership and related education agencies. Teachers also still have difficulties conducting classroom action research and writing scientific articles following good and correct writing rules. They struggle more with teaching and learning activities and have not made writing activities part of their professional activities. This Community Service activity for teachers aims to provide methods for conducting classroom action research and writing scientific articles according to writing rules. PkM activities were carried out on July 16, 2022. The participants were 30 Christian Religious Education teachers who served in the Sentani District's elementary and junior high schools. The implementation methods used were lectures and demonstrations. Through this activity, the PkM team of the Christian Religious Education Department of STAKPN Sentani provided an understanding to the teachers to write research results in the form of PTK and process them in scientific work. The PkM results show the teachers' understanding and knowledge of Classroom Action Research and writing good and correct scientific articles following the rules of writing. In other words, this PkM activity increases teachers' understanding and knowledge of the best techniques for conducting Classroom Action Research and writing scientific articles.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis, M. et al. (2022). PKM Pelatihan penulisan karya ilmiah guru smk negeri 2 majene. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 2, 130-135.
Bahri, A., Saputra, Y., & Arifuddin, M. (2018). PKM meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah guru di kabupaten enrekang. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat, 2019(1), 781-785.
Cahyono, B. (2010). Faktor-faktor yang memotivasi guru dalam menciptakan karya ilmiah. Riptek, 4(2), 1-10.
Kartowagiran, B. (2015). Kinerja guru profesional (guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 463-470.
Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47-53.
Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penulisan artikel dan publikasi pada open journal system (ojs). Jurnal Ecogen, 2(4), 596-600.
Malatuny, Y. G. (2020). Pemikiran tokoh-tokoh pendidikan indonesia, kontribusi serta implikasi dalam pendidikan. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(2), 87-95.
Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah (kti) bagi guru sma swasta di sidoarjo. Jurnal ABDI, 2(2), 45-50.
Oktaviandy, N. (2012). Penelitian tindakan kelas (suatu reflektif dalam perbaikan kualitas pembelajaran). Tersedia Di: Http://Navelmangelep. Wordpress. Com/2012/03/19/Penelitian-Tindakankelas-Suatu-Reflektif-Dalam-Perbaikan-Kualitas-Pembelajaran/55.
Satyawati, S. T., Dwikurnaningsih, Y., Ismanto, B., Iriani, A., Wasitohadi, W., & Waruwu, M. (2022). E-Training penyusunan karya tulis ilmiah best practice bagi guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1440–1453.
Sugiarti, S., Anggraini, P., & Musaffak, M. (2021). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru mts muhammadiyah i malang sebagai upaya peningkatan profesionalitas guru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 87-98.
Suryana, S. (2005). Bahasa Indonesia untuk penulisan karya ilmiah. Makalah Disampaikan Dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (Buku Pegangan Kuliah), Universitas Negeri Semarang, 18-19 Mei 2008.
Sutoyo, M. P. (2021). Teknik penulisan penelitian tindakan kelas. Unisri Press.
Suyanto. (2009). Teknik Penulisan Artikel Ilmiah. Makalah Disampaikan Dalam Lokakarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora Di PPS Universitas Negeri Semarang, Semarang, 23 Oktober 2009.
Trismanto, T. (2017). Keterampilan menulis dan permasalahannya. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(1), 62–67.
VanBaren, J. (2019). What are the types of action research design.
Diakses Dari Https://Bizfluent. Com/List-7608678-Types-Action-Research-Design. Html.
Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru sd di kecamatan kendal. Abdimas Unwahas, 3(1), 25-29.
Winarto, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas, Kompetensi Pedagogik, Kelompok Kompetensi. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Yulhendri, Y., Marna, J. E., & Oknaryana, O. (2018). Analisis kemampuan menulis karya ilmiah guru ekonomi di kabupaten pasaman barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 8(1), 56–59.
Yunarti, B. S. (2022). Faktor penghambat pengembangan kompetensi profesionalisme guru melalui publikasi karya ilmiah di SMA Negeri 1 Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 10(2), 69–80.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |