Upgrading Sumber Daya Manusia di SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida Melalui Pelatihan Akuntansi dan Perpajakan
Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengkaji prosedur pencatatan, dan pembuatan laporan keuangan yang mengacu pada ISAK 35 dan perpajakan organisasi nirlaba yakni sekolah. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan perencanaan awal, wawancara dengan pihak sekolah, melakukan evaluasi awal, menyiapkan modul pelatihan akuntansi, pelaksanaan pelatihan kompetensi SDM terkait keuangan berbasis ISAK 35 dan perpajakan yang dihadiri guru, staff keuangan dan administrasi. Selanjutnya dilakukan evaluasi kegiatan dan penyusunan rencana tindak lanjut serta publikasi hasil pengabdian. Waktu pelaksanaan pelatihan mulai bulan Februari 2023 yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Candi. Transaksi penerimaan dan pengeluaran kas dilakukan hybrid melalui prosedur sistem dan manual. Adapun sasaran dari kegiatan pelatihan ini agar sekolah dapat menerapkan ISAK 35 dalam penyajian laporan keuangan. Hasil pengabdian adalah SD Muhammadiyah 1 Candi dapat menerapkan 3 komponen laporan ISAK 35 dalam penyusunan laporan keuangan yang terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan komprehensif dan laporan perubahan asset neto. Sedangkan laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan akan dibuat untuk periode akuntansi selanjutnya. Selain itu SD Muhammadiyah 1 Candi sudah melakukan pelaporan perpajakan setiap periodenya.
The purpose of this service is to review the recording procedure and the preparation of financial statements referring to ISAK 35 and the taxation of non-profit organizations, namely schools. The method of implementing this community service is to conduct preliminary planning interviews with the school, conduct initial evaluations, prepare accounting training modules, and implement HR competency training related to ISAK 35-based finance and taxation, which teachers, finance, and administrative staff attend. Furthermore, an evaluation of activities, preparation of follow-up plans, and publication of the service results are carried out. The training starts in February 2023 and will be held at SD Muhammadiyah 1 Candi. Cash receipts and expenditures are carried out hybridly through system and manual procedures. The target of this training activity is so that schools can apply ISAK 35 in the presentation of financial statements. The result of the dedication is that SD Muhammadiyah 1 Candi can apply the three components of the ISAK 35 report in preparing financial reports, which consist of a statement of financial position, a comprehensive report, and a report on changes in net assets. While cash flow reports and notes on financial statements will be made for the next accounting period. In addition, Muhammadiyah 1 Candi Elementary School has carried out tax reporting for each period.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Christanti, R. (2021). Program pengembangan kompetensi sumber daya manusia bidang akuntansi dan perpajakan pt quantum edukasindo paradig. Sendimas 2021-Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 296–304.
Diviana, S., Ananto, R. P., Andriani, W., Putra, R., Yentifa, A., & Siswanto, A. (2020). Penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba berdasarkan ISAK 35 pada masjid Baitul Haadi. Akuntansi Dan Manajemen, 15(2), 113–132.
Diwanti, D. P. (2019). 45 BUANA (badan usaha dan amal nasyiatul aisyiyah) sebagai model best practice kewirausahaan organisasi (study kasus buana pdna kendal jawa tengah). The 7th University Research Colloquium 2018 STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.
Effendi, B. (2018). Penguatan kemampuan bendahara dan guru sd melalui pembelajaran akuntansi dasar di sdn mekarwangi, ds. mekarwangi, kec. cisauk, tangerang-banten. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 188–191.
Hakim, M. L. (2022). Penyusunan laporan berdasarkan isak 35 pada masjid muhammadiyah al-muhajirin banjarmasin. Politeknik Banjarmasin.
Hapenciuc, C. V. , A. Burciu, dan G. C. (2007). Implementation of the system of the management of education quality, basic requirement for e.u. integration. SSRN Journal, 1(9), 1-9.
Irwansyah, R. (2021). Perkembangan peserta didik. Widia Media Utama.
Jaya, S. Y., Sabilalo, M. A., & Wa Ode, M. (2023). Implementasi akuntabilitas pelaporan keuangan berdasarkan isak 35 tentang organisasi keagamaan (studi kasus di masjid al-mi’raj kota kendari). TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, 12(1), 11-26.
Setiadi, S. (2021). Implementasi Isak 35 (Nir Laba) Pada Organisasi Non Laba (Masjid, Sekolah, Kursus). Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 6(2).
Sihono, T. and Y. R. (2012). Implementation of school based management in creating effective schools. International Journal of Independent Research and Studies , 1(4), 142–152.
Suyati. (2020). Tata kelola keuangan sekolah. al-idarah. Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 1–12.
Tanjung, R. & M. D. (2021). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296, 4(4), 291–296.
Ula, I. D., Halim, M., & Nastiti, A. S. (2021). Penerapan isak 35 pada masjid baitul hidayah puger jember. Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 152–162.
Presiden republik indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).
Yanuarisa, Y. (2020). Akuntabilitas pengelolaan keuangan yayasan yusuf arimatea palangka raya. Balance: Media Informasi Akuntansi Dan Keuangan, 12(2), 90–103.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |