Pelatihan Service Excellent kepada Siswa Jurusan Perbankan di SMKN 1 Palembang

Hardiansyah Hardiansyah, Mulia Marita Lasutri Tama

Abstract


Keterbatasan dalam pengajaran kemampuan berkomunikasi di SMKN 1 Palembang mendorong tim pelaksana dan mitra untuk menyelenggarakan pelatihan service excellent bagi siswa jurusan Perbankan. Pelatihan service excellent ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa mengenai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pelayanan guna meningkatkan rasa percaya diri mereka. Pelatihan dilakukan secara tatap muka pada tanggal 7 dan 8 Februari 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang. Metode pelaksanaan yang diaplikasikan dalam pelatihan ini adalah dengan memberikan materi terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan role play secara langsung. Materi pelatihan mencakup pengenalan konsep customer dan makna dari pelayanan, mindset service, prinsip-prinsip pelayanan prima, grooming, teknik pendekatan dengan customer, komunikasi dan penggunaan bahasa yang tepat. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai service excellent secara relevan. Namun dalam hal keterampilan, perubahan dalam komunikasi para peserta tidak secara langsung meningkat intens. Service excellent tidak hanya terbatas pada kemampuan berkomunikasi, tetapi juga melibatkan produk atau fasilitas fisik yang menjadi bagian dari layanan yang diberikan.

 The limitations in teaching communication skills at SMKN 1 Palembang have prompted the organizing team and partners to conduct service excellence training for students in the Banking department. This service excellence training aims to give students insights into knowledge and skills in the service field to enhance their self-confidence. The training was conducted face-to-face on February 7th and 8th, 2023, with 35 participants. The implementation method applied in this training involved delivering the materials first, followed by direct role plays. The training materials covered introducing the customer concept and the meaning of service, the service mindset, the principles of excellent service, grooming, customer approach techniques, communication, and the use of appropriate language. The training results indicated a relevant improvement in participants' understanding of service excellence. However, in terms of skills, the changes in communication among the participants did not directly intensify. Service excellence is not limited to communication skills alone but also involves the products or physical facilities that are part of the service provided.


Keywords


Pelatihan; Role Play; Sekolah; Service Excellent

References


Adawiyah, Y. R., Naimah, M., & Zuhriyah, J. (2022). Ice breaking dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan maharah al-kalam ala kampung inggris pare. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 536–545.

Frimayasa, A. (2017). Konsep dasar dan strategi pelayanan prima (service excellent) pada perusahaan telekomunikasi indosat ooredo. Cakrawala, XVII(1), 65–71.

Gusmelia, I., Srimayarti, B. N., Wijayanto, T., Leonard, D., Leonardo Harefa, W., Sari, W., & Fadila Ningsi, F. (2022). Pelatihan service excellence karyawan guna meningkatkan kualitas pelayanan di rsia mutiara bunda. Jurnal Abdidas, 3(3), 607–611.

Khoirul, A. M., & Safitri, K. (2019). Peranan pelatihan frontliner bagi peningkatan kompetensi teller di bank syariah. Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, 2(1).

Novianti, R. (2019). Optimalisasi fungsi bank mini sebagai sumber belajar siswa program keahlian akuntansi di smk pgri 2 kediri. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Pitaloka, I. D., Hendriyani, C., & Ruslan, B. (2021). Excellent services by frontliner best corporate banking. JIP ( Jurnal Industri dan Perkotaan ), 17(2), 14–23.

Rahmawati, L. (2020). Upaya strategis sekolah menengah kejuruan akuntansi dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean di smk negeri 1 karanganyar dan smk muhammadiyah 2 surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sekarningrum, A. A. (2020). Strategi pemasaran pt. pkss cabang yogyakarta dalam menghadapi persaingan. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 5(2), 30–44. www.kini-adt.com

Sirna, I. K., Junaedi, I. W. R., Sukarsih, N. N. T., & Widyastuti, N. K. (2018). Pelatihan grooming dan service excellence di smk negeri 5 negara desa pekutatan jembrana. LP2M-UNDHIRA BALI, 137–144.

Soeprajitno, D. E., Setyawan, W. H., & Wihara, D. S. (2019). Dampak pelatihan “service excellence” terhadap kinerja karyawan bank perkreditan rakyat (bpr) kota kediri. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4, 22–30.

Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23.

Wicaksono, A. (2020). Modul pelayanan prima kepada pelanggan. SMK Motivasi Insani.

Zainal, A. G. (2022). Public speaking cerdas saat berbicara di depan umum. CV Eureka Media Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.8087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats