Pelatihan Praktik Baik Membaca Puisi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD
Abstract
Pembelajaran sastra dapat memberikan manfaat bagi siswa dalam memahami nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam suatu karya sastra. Fakta menunjukkan bahwa guru di sekolah dasar, belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mengajarkan apresiasi sastra. Dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, praktik baik membaca puisi difokuskan pada metode dan teknik praktis pemahaman konteks terhadap puisi yang dibaca. Tim PKM Unesa telah mengadakan pelatihan praktik baik membaca puisi bagi guru sekolah dasar pada bulan April tahun 2022 dengan peserta guru sekolah dasar se-Kabupaten Magetan sejumlah 40 orang. Pelatihan ini bertujuan membentuk sikap guru dalam menghadapi pembelajaran apresiasi sastra yang masih belum maksimal. Metode yang dilakukan adalah tutorial praktik langsung meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa mitra antusias mengikuti kegiatan PKM yang ditunjukkan dengan hasil penyebaran angket dengan rata-rata kategori sangat baik. Hasil pelatihan praktik baik membaca puisi yaitu adanya peningkatkan kemampuan membaca puisi, stimulasi kreativitas guru, dan peningkatan minat guru terhadap sastra.
Learning literature can help students understand the values of life conveyed in literary works. However, facts show that elementary school teachers do not possess adequate skills to teach literary appreciation. In Indonesian language and literature learning, good poetry reading practice focuses on practical methods and techniques for understanding the context of the poems being read. Tim PKM Unesa conducted a training on good poetry reading practice for primary school teachers in April 2022 with 40 participants from primary schools in the Magetan district. The method used was a direct practice tutorial, including preparation, implementation, and evaluation stages. The results of the PKM implementation show that the partners were enthusiastic about participating in the PKM activities with a very good category. The results of good poetry reading practice training include an improvement in the ability to read poetry, stimulation of teacher creativity, and an increase in the interest of teachers in literature.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2022). Evaluasi pembelajaran apresiasi sastra kelas vc sd negeri 21 tarai bangun, kampar: studi kasus membaca puisi. Sirok Bastra, 10(1), 81–90.
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.
Basir, U. P. M. (2017). Aspek “Kesastraan” dalam kurikulum bahasa indonesia: sejumlah problematika terstruktur. FKIP E-PROCEEDING, 227–236.
Damai, A., Krissandi, S., Rishe, B. W., & Dewi, P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Skripsi: Universitas Sanata Dharma.
Hanum, L. (2017). Perencanaan pembelajaran. Syiah Kuala University Press.
Harahap, S. Z., & Nfm, I. (2019). Meningkatkan kemahiran berbahasa melalui apresiasi sastra peserta didik tingkat sekolah dasar di kota medan. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 15(2), 244–258.
Ismayani, M. (2017). Teknik bermain peran dalam pembelajaran apresiasi cerpen. Semantik, 2(1), 42–51.
Iye, R. (2019). Nilai-nilai moral dalam tokoh utama pada novel satin merah karya brahmanto anindito dan rie yanti. Telaga Bahasa, 7(2), 195–206.
Magdalena, I., Yuniawan, N., Oktania, A., & Fauzi, H. N. (2021). Tujuan intruksional khusus (tik) dalam proses pembelajaran di sd negeri tigaraksa iv. In EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(1), 417-433.
Saida, N. (2018). Bahasa sebagai salah satu sistem kognitif anak usia dini. Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini, 4(2), 16–22.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.
Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara (dasar pembangun kemampuan berbicara mahasiswa). Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 67-80.
Siti, Khalimah. (2016). Peningkatan keterampilan membaca puisi melalui pemodelan pada siswa kelas vi sd negeri 2 sidomoro semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 3(6), 1-14.
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 3–13.
Sukenti, D., Tinambunan, J., & Mukhlis, M. (2021). Studi fenomenologi: penilaian membaca dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah menengah atas pekanbaru. GERAM, 9(2), 117–128.
Tri, S. D. (2023). Analisis visualisasi dan deklamasi pembacaan puisi karya pribadi kelas V SDN 1 Jagabaya 1 bandar lampung. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Utami, S. (2018). Kuliner sebagai identitas budaya: Perspektif komunikasi lintas budaya. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(2), 36–44.
Yusuf, Z. (2022). Meningkatkan meningkatkan keterampilan mengajar guru dengan manajemen kelas. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 79–85.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |