Implementasi Bauran Pemasaran sebagai Strategi Pengembangan Usaha Dali Ni Horbo di Kabupaten Toba
Abstract
Pengabdian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pengusaha dali ni horbo melalui pelatihan dan seminar implementasi bauran pemasaran sebagai strategi pengembangan usaha dali ni horbo di Kabupaten Toba. Metode yang digunakan dalam pengabdiannini yaitu menggunakan metode pendekatan ABCD (AssettBased Communityy Development) yaitu pendekatan yang dilakukan pengabdi kepada masyarakat secara langsung ke pengusaha dali ni horbo dengan mengamati, mewawancari serta melihat langsung pembuatan dan penjualan dali ni horbo. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2022 bertempat di Desa Silaen Kabupaten Toba Sumatera Utara dengan peserta pengabdian pengusaha dali ni horbo sebanyak 15 orang. Hasil pengabdian bahwa bauran pemasaran diterapkan dan dilaksanakan pengusaha dali ni horbo yaitu adanya perubahan produk yang memiliki daya tahan menjadi beberapa hari, kemudian perubahan kemasan yang lebih baik, produk dali ni horbo kini telah menjadi lebih lama serta adanya perubahan harga sebagai peningkatan pendapatan pengusaha dali ni horbo. Adapun kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan yaitu pengusaha dali ni horbo harus konsistensi pengusaha dali ni horbo dalam menjalankan bisnis dengan menerapkan bauran pemasaran yang telah dilakukan.
This service aims to increase the income of dali ni horbo entrepreneurs through training and seminars on implementing the marketing mix as a dali ni horbo business development strategy in Toba Regency. The method used in this service is the ABCD (Assett-Based Community Development) approach, which is an approach taken by community workers directly to Dali Ni Horbo entrepreneurs by observing, interviewing, and seeing directly the manufacture and sale of Dali Ni Horbo. The community service was conducted on July 30, 2022, at Silaen Village, Toba Regency, North Sumatra, with 15 Dali Ni Horbo Entrepreneur Service participants. The result of the service is that the marketing mix is implemented and carried out by Dali Ni Horbo entrepreneurs, namely changes in products that have a shelf life of several days, then changes in better packaging, Dali Ni Horbo products are now longer, and there are price changes as an increase in the income of Dali Ni Horbo entrepreneurs horbo. The conclusion from the community service that has been done is that Dali ni Horbo entrepreneurs must be consistent with Dali Ni Horbo entrepreneurs in running a business by implementing the marketing mix that has been done.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adani, V., Pangestuti, D. R., & Rahfiludin, M. Z. (2016). Hubungan asupan makanan (karbohidrat, protein dan lemak) dengan status gizi bayi dan balita (studi pada taman penitipan anak lusendra kota semarang tahun 2016). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(3), 261-271.
Astuti, M. (2020). Manajemen pemasaran: UMKM dan digital sosial media. Deepublish.
BPS. (2020). Konsumsi susu masyarakat indonesia terendah se-Asia Tenggara. Badan Pusat Statistik.
Danang, S. (2013). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen). CAPS.
Ekke, I. S. (2022). Metode pengabdian masyarakat [sumber elektronis] : dari rancangan ke publikasi. CV. Adanu Abimata.
Garaika, G. (2020). Penerapan strategi bauran pemasaran terhadap produk keripik singkong pedas desa keli rejo oku timur. Jurnal Budimas, 2(2), 43-49.
Kasmir, K. (2014). Kewirausahaan. Rajawali Pers.
Kementan. (2017). Upaya tingkatkan populasi sapi dan kerbau di indonesia. Kementerian Pertanian.
Matali, V. J., Wungouw, H. I., & Sapulete, I. (2017). Pengaruh asupan susu terhadap tinggi badan dan berat badan anak sekolah dasar. eBiomedik, 5(2).
Pertanian, D. (2021). Mengenal Susu. Kementerian pertanian.
Saleh, M. Y. (2019). Konsep dan strategi pemasaran. CV Sah Media.
Sampurna, I. P. (2018). Ilmu peternakan. Jurnal Kedokteran Hewan, 1-8.
Sartika, D. (2020). Penerapan bauran pemasaran (marketing mix) sebagai strategi pemasaran produk gulo puan desa bangsal. Jurnal Aptekmas, 3(2), 47-54.
Sri, A. M. D. (2022). Manajemen enterpreneurship. CV Tohar Media.
Sujarwo, S. (2019). Ekonomi produksi; teori dan aplikasi. UB Press.
Utami, C. T., & Wijayanti, H. S. (2017). Konsumsi susu formula sebagai faktor risiko kegemukan pada balita di Kota Semarang. Journal of Nutrition College, 6(1), 96-102.
Wahjono, S. I. (2020). Pengantar Bisnis (Ed. II, Ce). Kencana.
Yasin, R. (2020). Strategi pemasaran dengan pendekatan marketing mix batik ayu gestar gedog, kota blitar. Universitas Negeri Malang.
Yulianto, Y. (2021). Implementasi prinsip 7p bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan omzet ukm pada masa pandemi covid 19. Jurnal Dedikasi Pkm, 2(1), 87-93.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |