Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Media Sosial Menggunakan Smartphone bagi Guru UPT SMK Negeri 8 Banyuasin

Elfahmi Dwi Kurniawan, Nopriyanti Nopriyanti, Harlin Harlin, Rudi Hermawan

Abstract


Proses pembelajaran saat ini tidak berjalan dengan baik dan tidak sesuai rencana dikarenakan wabah covid-19. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah UPT SMK Negeri 8 Banyuasin, kemampuan guru dalam membuat bahan ajar berupa video pembelajaran masih sangat terbatas. Pembuatan video pembelajaran merupakan solusi yang cukup strategis dalam memecahkan permasalahan keterbatasan waktu pada pembelajaran praktik selama covid-19. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan pelatihan ini adalah memberikan keterampilan pembuatan video pembelajaran berbasis media sosial menggunakan smartphone dan peningkatan keterampilan guru-guru dalam membuat video pembelajaran menggunakan smartphone, keterampilan tersebut meliputi pengambilan video dan pengeditan video, Meningkatkan keterampilan dan persepsi guru tentang video pembelajaran yang kreatif dan bermanfaat. Metode yang digunakan adalah presentasi dan diskusi, demonstrasi, serta pendampingan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29 September-1 Oktober 2022, melibatkan 25 guru produktif UPT SMK Negeri 8 Banyuasin. Materi yang akan disampaikan adalah pengertian media pembelajaran, jenis media pembelajaran, pemilihan media pembelajaran yang tepat dan sesuai, serta prosedur pembuatan media pembelajaran video berbasis media sosial menggunakan smartphone. Terdapat peningkatan pengetahuan yang diperoleh guru. Rata-Rata skor pretest yang diperoleh adalah 58,25 poin dan meningkat menjadi 72 poin pada posttest. Terdapat peningkatan sebesar 13,75 point. Tingkat pemahaman yang diharapkan dikuasai oleh guru berada pada point 72 itu artinya telah memenuhi kriteria awal penguasaan materi.

The learning process is currently not going well and not according to plan due to the covid-19 outbreak. Based on observations and interviews with UPT SMK Negeri 8 Banyuasin principals, the ability of teachers to make teaching materials in the form of learning videos is still very limited. Making learning videos is a strategic solution to solving the problem of limited time in practical learning during Covid-19. Based on the background above, the purpose of this training is to provide skills in making social media-based learning videos using smartphones and increase the skills of teachers in making learning videos using smartphones; these skills include video capture and video editing, Improving teacher skills and perceptions about video creative and useful learning. The methods used are presentations and discussions, demonstrations, and mentoring. The activity was conducted from 29 September to 1 October 2022, involving 25 productive UPT teachers at SMK Negeri 8 Banyuasin. The material to be conveyed is the understanding of learning media, types of learning media, selection of appropriate and appropriate learning media, and procedures for making social media-based video learning media using smartphones. There is an increase in knowledge obtained by the teacher. The average pretest score obtained was 58.25 points, increasing to 72 points in the posttest. There was an increase of 13.75 points. The level of understanding expected to be mastered by the teacher is at point 72, meaning they have met the initial criteria for mastering the material. 

 


Keywords


Media Sosial; Pelatihan; Smartphone; Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan media sosial (youtube) sebagai media inovatif dalam pembelajaran di madrasah gresik. Jurnal ABDI, 5(1), 33-37. https://doi.org/10. 26740/ja.v5n1.p33-37

Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (isbd). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289

Anwar, F. (2017). Perubahan dan permasalahan media sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137-144.https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343

Banjar, G. M. A. N., Vanianingrum, K. W., Abdilah, B., Rahmadana, M. H., Rahmah, S., Studi, P., Fisika, T., & Tarbiyah, F. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran dengan Aplikasi Canva bagi. 5(1), 121–133.

Br Halawa, M. V. (2021). Efektivitas pemanfaatan platform media sosial dalam pembelajaran praktikum secara daring. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 52-64. https:// doi.org/10.51278/aj.v3i1.216

Chao, J.T., Parker, K.R., & Fontana, A. (2011). Developing an interactive social media based learning environment. Issues in Informing Science and Information Technology, 8, 323-334. https://doi.org/10.28945/1421

Hermawan, R., Darlius, & Zulherman. (2019). Pengembangan multimedia interaktif berbasis visual program studi pendidikan teknik mesin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(1), 185–93.

Katadata. (2021). Daftar negara pengguna smartphone terbanyak, indonesia urutan berapa? Katadata, 2023.

Kuswana, W.S. (2013). Filsafat pendidikan teknologi, vokasi dan kejuruan. Bandung: Alfabeta.

Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). Lokakarya pengembangan media pembelajaran video berbasis kearifan lokal pada kurikulum merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1377-1384. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6119

Mao, J. (2014). Social media for learning: A mixed methods study on high school students’ technology affordances and perspectives. Computers in Human Behavior, 33, 213-223. https://doi. org/10.1016/j.chb.2014.01.002

Mardhiyana, D., Setyarum, A., & Fitri, A. (2022). Penggunaan video interaktif edpuzzle dalam pembelajaran matematika dan bahasa pada era merdeka belajar di smp al fusha kedungwuni. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1671-1679. https://doi.org/10. 20527/btjpm.v4i4.6139

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan indonesia di masa pandemi covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 236–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80-86. https://doi.org/10.24036 /tip.v13i1.277

Nihayah, H., Mahbubah, N. R., & Habibullah, M. R. (2022). Pemanfaatkan media sosial oleh guru pai sebagai sarana pembelajaran di era 4.0. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian

Keislaman, 3(2), 45–55. https://doi.org/10.32665/alaufa.v3i2.1203

Nopriyanti, N., Kurniawan, E. D., Darlius, D., & Harlin, H. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran elektronik untuk guru smk lingua prima. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 459-466. https://doi.org/10.20527/ btjpm.v4i2.4867

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran daring di sekolah menengah kejuruan putra indonesia malang pada masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling. pp. 61-67.

Sari, S. L., Widyanto, A., & Kamal, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dalam smartphone pada materi sistem kekebalan tubuh manusia untuk siswa kelas XI di sma negeri 5 banda aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 4(1), 476-485.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2011). Instructional Technology & Media for Learning (9th ed., Vol. 1). Pearson Prentice Hall.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/10. 23887/jet. v3i3.21735




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.8384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats