Bimbingan Teknis Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Microsoft PowerPoint bagi Guru Mata Pelajaran IPA di Kota Banjarbaru

Eko Suhartono

Abstract


Video merupakan salah satu media pembelajaran yang memadukan unsur suara dan gambar. Penggunaan video pembelajaran sangat mendukung implementasi kurikulum merdeka dalam kebebasan belajar tanpa batas ruang dan waktu. Dengan demikian, diperlukan kemampuan dan keterampilan guru dalam rangka mendukung implementasi kurikulum merdeka melalui pembuatan video pembelajaran. Akan tetapi, hal ini masih menjadi permasalahan bagi mitra, karena semua peserta belum dapat mengaplikasikan aplikasi Microsoft PowerPoint untuk pembuatan video pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan pengabdian masyarakat ini yakni bimbingan teknis pembuatan video pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint bagi guru mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan, yakni pemberian materi dan penugasan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1-3 Agustus 2022 dan diikuti oleh 30 guru mata pelajaran IPA se Banjarbaru. Hasil kegiatan bimbingan teknis menghasilkan 10 video pembelajaran dari 10 kelompok (masing-masing kelompok 3 orang guru mata pelajaran biologi/fisika). Video pembelajaran yang dihasilkan telah diunggah ke kanal YouTube masing-masing peserta. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bimbingan teknis berjalan dengan lancar dan 100% target tercapai. Bimbingan teknis ini diharapkan dapat dihasilkan video-video pembelajaran yang lebih menarik sehingga siswa lebih mudah untuk memahami.

Video is one of the learning media that combines sound and image elements. The use of learning videos strongly supports the implementation of an independent curriculum with freedom of learning without space and time limits. Thus, teachers' abilities and skills are needed to support the implementation of an independent curriculum through making learning videos. However, this is still a problem for partners because all participants have not been able to apply the Microsoft PowerPoint application for making learning videos. In this regard, the purpose of this community service is technical guidance for making learning videos using Microsoft PowerPoint for science subject teachers. The method used, namely, providing material and assignments. This activity was carried out on August 1-3, 2022, and was attended by 30 science subject teachers in Banjarbaru. The results of technical guidance activities produced ten learning videos from 10 groups (each group of 3 biology/physics subject teachers). The resulting learning videos have been uploaded to the YouTube channel of each participant. Thus, it can be concluded that the technical guidance activities ran smoothly, and 100% of the target was achieved. This technical guidance is expected to produce more interesting learning videos to make students easier to understand.


Keywords


Bimbingan Teknis; Microsoft PowerPoint; Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aliwardhana., H. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan video pembelajaran berbasis power point

dan filmora melalui in house training. Al-Fikrah, 4(1): 22-43

Arief R., Nugroho W., Erlina., & Himawati D. (2021). Pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan online pembuatan video pembelajaran berpotensi hki. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1): 53-66

Aslamiah, A., Cinantya C., & Rafianti, W. R. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif bagi guru–guru sekolah dasar di Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1): 143-150

Awida, A., Frasandy R. N., Febriani D., & Masyhudi F. (2023). Pendampingan pemanfaatan media information and communication technology (ict) dengan menggunakan aplikasi powtoon bagi guru madrasah ibtidaiyah negeri kota padang. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1): 528-536

Busyaeri A., Udin T, & Zaenuddin A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel ipa

di min kroya cirebon. Al Ibtida, 3(1): 116-137.

Ikhsan, A. N., Hidayat, M., & Suhaman, J. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan powerpoint di mi muhammadiyah wangon. Selaparang, 4(3): 517-520

Marwanto, A. (2022). Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar ipa materi siklus air kelas v sd negeri lontar ii surabaya. Journal on Education, 4(4): 1264-1271

Meisak, D., Purnasari, M., Nurhayati, N., & Hartiwi, Y. (2021). Pelatihan pembuatan video dengan power point sebagai media pembelajaran guru sekolah dasar. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2): 81-86

Pasani, C. F., Sari, A., Juhairiah, J., & Adawiah, R. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan microsoft powerpoint bagi guru di kabupaten barito kuala kalimantan selatan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3): 242-248

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2018). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2): 1-8




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats