Pelatihan Pembelajaran STEM untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka pada Proyek Merancang Filter Air

Nurul Fitriyah Sulaeman, Atin Nuryadin, Greny Mispi Anisa Sari, Agus Riyadi, Feby Zulhiyah, Desi Az Zahra Putri, Muhammad Ikhsan Bachrul Alam

Abstract


Tujuan pelatihan pembelajara STEM adalah meningkatkan kemampuan guru merancang pembelajaran STEM dalam implementasi kurikulum Merdeka. Peserta pelatihan merupakan 35 Guru IPA SMP Kota Bontang dan tempat pelaksanaan pengabdian di Autis Center, Kota Bontang. Pelatihan pembelajaran STEM ini dilaksanakan pada tanggal 14-18 Februari 2023 sebanyak 17 JP, serta memiliki tujuan agar guru dapat lebih mengenal pembelajaran STEM pada kurikulum Merdeka dan tentunya guru IPA SMP Kota Bontang dapat menerapkan pendekatan STEM dalam pembelajaran. Hasil dari pelatihan yaitu, guru mampu menyusun perangkat pembelajaran STEM efektif sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum Merdeka pada materi filter air. Hal ini terlihat pada hasil respon dari peserta pelatihan mencapai 90% baik dan pendapat dari peserta bahwa pelatihan sangat bermanfaat dan lebih mengenal pembelajaran STEM. Hasil ini menunjukkan urgensi dilakukannya pelatihan guru IPA secara berkala.

Transitioning from the Indonesian curriculum to the Merdeka Curriculum is challenging for teachers. Teachers must be more creative in classroom learning through integrated learning in Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). However, teachers' knowledge and skills regarding STEM learning still need to be improved, so it is rare for teachers to use STEM learning. Therefore, efforts are made to overcome these problems by providing training on science learning using a STEM approach to support the implementation of the Merdeka curriculum. The training participants were 35 science teachers of SMP Bontang and the place of service at the Autism Center, Bontang City. This STEM learning training was carried out on 14-18 February 2023 with as many as 17 hours of lessons, and it aimed to make teachers more familiar with STEM learning in the Merdeka curriculum and able to apply the STEM approach in learning. The result of the training is that teachers can compile effective STEM learning tools following the learning outcomes in the Merdeka curriculum on water filter materials. This can be seen in the response results from training participants reaching 90% good and opinions from participants that the training is very useful and more familiar with STEM learning.

 


Keywords


Filter Air; Guru IPA; Kurikulum Merdeka; STEM

Full Text:

PDF

References


Akbar, F., & Bahri, A. (2017). Potensi model pjbl (project-based learning) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan gaya belajar berbeda. Jurnal Sainsmat, 6(1), 95–106.

Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 722–731.

Ani, Y. (2021). Pelatihan guru-guru paud dalam mengembangkan kompetensi pedagogi. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 719–726.

Antika, V. Y., Dinurrohmah, S., Sulaeman, N. F., Nuryadin, A., & Subagiyo, L. (2022). A content analysis of indonesian science curriculum for junior high school in the topic climate change. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, Dan Komputer, 132–139.

Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin. (2021). Pelatihan guru dalam penggunaan website grammar sebagai media pembelajaran selama pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55.

Azizah, R. D. A. F. Z., Sulaeman, N. F., & Komariyah, L. (2022). Performance assessment in stem-edp project for high school students : validity aspect. Kappa Journal, 6(1), 130–139.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Djajadi, M. (2020). Efektivitas pendidikan dan pelatihan guru: suatu upaya meningkatkan kualitas pengajaran fisika. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(1), 30–44.

Farwati, R., Sika, K. M., Isnaini, M., Solikha, D. F., Sitinjak, D. S., Sari, I., Novriyanti, F., Nuraini, N., Sari, K. W., Ardian, D., & Dani, D. R. (2021). STEM education dukung merdeka belajar (dilengkapi dengan contoh perangkat pembelajaran berbasis stem). Pekanbaru: DOTPLUS Publisher.

Handayani, D. (2019). Pengaruh pendidikan dan pelatihan, motivasi, serta lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMK Negeri Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140-150.

Hendri, M., Nehru, Rasmi, D. P., & Sirait, J. V. (2022). Pelatihan pembelajaran ipa melalui pendekatan stem (science, technology, engineering, mathematic) bagi guru SMP Negeri 1 kota sungai penuh. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 2(6), 301–307.

Herlanti, Y., Amalia, U., & Nurlela, A. (2022). Profil kesiapan sekolah sma negeri kota bogor dalam menerapkan pendidikan stem (science, technology, engineering, and mathematic). Edusains, 14(1), 14–23.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074.

Jumirah, J., Sari, P. A., Kusnadi, E., & Oktaviani, A. D. (2021). Analisis kesadaran lingkungan siswa sekolah pada kegiatan green-chemistry dalam kondisi new normal pandemi covid-19. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(1), 31–36.

Kesumawati, N., Octaria, D., Lestaria Ningsih, Y., Fitriasari, P., Septiani Mulbasari, A., Dwi Nopriyanti, T., & Marga Retta, A. (2021). Pelatihan pembuatan modul ajar bagi guru sma/smk di tebing tinggi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 246–256.

Latip, A., Rahmaniar, A., Purnamasari, S., & ... (2022). Pengembangan pembelajaran dengan proyek kolaborasi berbasis pendidikan stem di mts al musaddadiyah kab. garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 32–39.

Martono, S. M., & Harling, V. N. Van. (2022). Implementasi merdeka belajar pada mata kuliah fisika terapan. SOSCIED, 5(2), 296–311.

Mustika, D., & Hasby, H. (2022). Pelatihan integrasi stem dalam pembelajaran pada kelompok mgmp fisika sma kota langsa. Abdi:

Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2013), 426–432.

Nikmah, J., Rahayu, S. E. M., & Kuswari, K. (2022). Hubungan antara pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru di SDN kecamatan murung. Journal of Environment and Management, 3(3), 219–227.

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166–177.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi pedagogik guru matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285.

Pratikno, Y., Hermawan, E., & Arifin, A. L. (2022). Human resource ‘kurikulum merdeka’ from design to implementation in the school: what worked and what not in indonesian education. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 326–343.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Reski, A., & Bawawa, M. (2022). Pelatihan penyusunan bahan ajar online interaktif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru ma al-munawwaroh Merauke. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 283–288.

Sari, G. M. A., Antika, V. Y., Wisutama, R. A., Syiami, L. N., Sulaeman, N. F., Nuryadin, A., & Subagiyo, L. (2022). New indonesian science curriculum for junior high school : a content analysis to support stem sdGs. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 3(2), 176–182.

Suharyat, Y., Ichsan, Satria, E., Santosa, T. A., & Amalia, K. N. (2022). Meta-Analisis penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan ketrampilan abad-21 siswa dalam pembelajaran ipa universitas pahlawan tuanku tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 5081–5088.

Sulaeman, N., Efwinda, S., & Putra, P. D. A. (2022). Teacher readiness in stem education: voices of indonesian physics teachers. Journal of Technology and Science Education, 12(1), 68.

Triwulandari, S., Fitriyah Sulaeman, N., & Syam, M. (2022). Investigasi efektivitas dan respon siswa terhadap pembelajaran stem dengan model edp pada topik pemanasan global. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, Dan Komputer, 140–147.

Triwulandari, S., Sulaeman, N. F., & Syam, M. (2022). Development of stem-based teaching materials with engineering design process model on global warming: validity aspect. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(2), 69-76.

Widayati, W., Utami, S., Tobing, V., & ... (2022). Pelatihan pembuatan modul ajar kurikulum merdeka belajar bagi guru paud bina tunas bangsa lidah wetan lakarsantri. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 195–200.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats