Pelatihan Penggunaan Flipped Material Berbasis Microsoft PowerPoint untuk Asesmen Keterampilan Membaca Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan dalam jaringan (daring) dikarenakan pandemic Covid-19 membuat berbagai pihak harus melakukan banyak penyesuaian. Para guru Bahasa Inggris mencoba beradaptasi menjalani pembelajaran dalam Era Kenormalan Baru ini. Berbagai kendala yang terjadi antara lain media pembelajaran dan asesmen yang dominan, monoton dan membuat para murid merasa jenuh atau bosan, penyerapan materi pelajaran yang sangat minimal dan mengarah pada learning loss, serta pelaksanaan Penilaian Harian (PH) yang menjadi kurang berintegrasi. Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut, sebuah alternatif pembelajaran yang sederhana berbasis Microsoft PowerPoint dikembangkan sebagai bagian dari pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan untuk pembelajaran dan asesmen di luar ataupun di dalam kelas. Kegiatan ini dilaksanakan pada Bulan Juli-Agustus 2022 dalam bentuk pelatihan pembuatan dan penggunaan Flipped Material sebagai salah satu bentuk solusi pembelajaran pasca covid 19 yang ditawarkan kepada para guru Bahasa Inggris SMA se-derajat di Banjarmasin. Kontribusi mendasar pada peserta Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah peningkatan kemampuan dalam membuat dan menggunakan Flipped Material berbasis Microsoft PowerPoint yang dapat dipakai untuk asesmen keterampilan membaca Bahasa Inggris. Kegiatan pengabdian ini sangat diminati oleh peserta yaitu guru-guru Bahasa Inggris SMA dan se-derajat yang terlihat antusias mengikuti pelatihan dan mereke berkeinginan agar pelatihan serupa diadakan secara berkelanjutan. Dengan kata lain, diharapkan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin. Melalui kegiatan seperti ini, peserta PkM diharapkan dapat memperoleh banyak informasi dan keterampilan serta dapat mempraktikkan kembali pengetahuan dan keterampilan yang di dapat untuk membuat Flipped Material berbasis Microsoft PowerPoint dalam pembelajaran dan asesmen keterampilan membaca peserta didik mereka.
Learning which is carried out online due to the Covid-19 pandemic has forced various parties to make many adjustments. English teachers have been trying to adapt to learning condition in this New Normal Era. Various obstacles that had occurred include learning media and assessments that were dominant, monotonous and made students felt bored, absorption of subject matter, which was very minimal and led to learning loss, and the implementation of Daily Assessments (DA) which became less integrated. Based on these problems, a simple learning alternative based on Microsoft PowerPoint was developed as part of technology-based learning that can be used for learning and assessment outside or inside the classroom. In this respect, the training on making and using Flipped Material was one of the solutions offered to high school English teachers of the same level in Banjarmasin. The fundamental contribution to the target audience, the participants of this community service activity- English teachers of Senior High School, is the increased ability to create and use Microsoft PowerPoint-based Flipped Materials that can be used for the assessment of English reading skills. This community service activity was in great demand by the participants as seen from their enthusiasm in participating in the training and the desire for similar training to be held on an ongoing basis. Through this community service activity, the participants, namely English teachers, are expected to be able to re-practice the knowledge and skills acquired in making Microsoft-PowerPoint-based Flipped Materials to improve their students' reading skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrahadana, A. (2020) Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
Aprilyasanti, R. (2021) bahasa inggris tingkat lanjut untuk sma kelas xi. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Arapah, E. Febriyanti, E.R., & Arini, D.N. (2022). Pemanfaatan microsoft powerpoint untuk kegiatan ‘guess who’ dan ‘guess what’ dalam pembelajaran bahasa inggris. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 94-103
Barbour, M., Kromrei, H., McLaren, A., Toker, S., Mani, N., & Wilson, V. (2009a). Testing an assumption of the potential of homemade PowerPoint games. Paper presented at the Proceedings of the Annual Conference of the Society for Information Technology and Teacher Education, Norfolk, VA.
Barbour, M., Rieber, L., Thomas, G., & Rauscher, D. (2009b). Homemade powerpoint games: a constructionist alternative to webquests. TechTrends, 53(5), 54–59
Barbour, M., Kinsella, J., & Rieber, L. (2011). Secondary students, laptops and game design: Examining the potential of homemade PowerPoint games in a blended learning environment. Georgia Social Studies Journal, 1(2), 31–44.
Benjes-Small, C. & Tucker, K. (2013, July). Keeping up with flipped classrooms. Diakses dari http://www.ala.org/acrl/publications/keeping_up_with/flipped_classrooms
Bull, G., Ferster, B., & Kjellstrom, W. (2012). Inventing the flipped classroom. Learning & Leading with Technology, 40(1), 10-11.
Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., Azhar, F. L. N., & Prativi, I. R. (2021). Learning loss akibat pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 di indonesia. Prosiding Seminar Nasional Statistika X Published by Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjara.
Cole, J. E., & Kritzer, J. B. (2009). Strategies for success: Teaching an online course. Rural Special Education Quarterly, 28(4), 36-40.
Dashtestani, D. (2013). EFL teachers’ and students’ perspectives on the use of electronic dictionaries for learning english. CALL-EJ, 14(2), 51-65.
Datig, I., & Ruswick, C. (2013). Four quick flips: Activities for the information literacy classroom. College & Research Libraries News, 74(5), 249-257.
Dodgson, D. (2010). Getting the most out of powerpoint. Diakses dari http://www.teachingvillage.org/2010/09/22/getting-the-most-out-of-power-point/
Kismiati, D.A., Rahayu, U., Novianti, M., Zakirman, Z., & Sudarso, Y. (2022). Ghosting dalam pembelajaran online: Sebuah persfektif dari sisi tutor. EduMatsSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains. 6(2). 333-342.
Lari, F. S. (2014) The impact of using powerpoint presentations on students' learning and motivation in secondary schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98 (2014) 1672 – 1677.
Fisher, Don L. (2003). Using powerpoint for esl teaching. Diakses dari http://iteslj.org/Techniques/Fisher-PowerPoint.html
Ihsan. D. (2020). Mendikbud Jelaskan 9 Program Pendidikan Masa Pandemi di Hari Guru Nasional. Retrived from: https://www.kompas.com/edu/read/2020/11/25/115125271/mendikbud-jelaskan-9-program-pendidikan-masa-pandemi-di-hari-guru-nasional
Mary, L., & Bernd, E. (2021) A Homemade PowerPoint: Reading and Racing through the Rainforest. UK.
Siko, J. P. & Barbour, M. K. (2012). Homemade powerpoint games: game design pedagogy aligned to the tpack framework. Computers in the Schools, 29, 339–354.
Suhaeb, F. W. & Kaseng. E.S. (2022). Pembelajaran pada masa kenormalan baru di sekolah dasar inpres jongaya. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan. 9(3). 169-178.
_____ Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada
Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
_____ Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020
_____ Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2 tahun 2022.
https://belajar.kemdikbud.go.id/ diakses pada 1 September 2020
https://mejakita.com/ diakses pada 1 September 2020
bit.ly/appicando diakses pada 1 September 2020
phttps://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/ diakses pada 1 September 2020
https://www.kelaspintar.id/ diakses pada 1 September 2020
https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office diakses pada 1 September 2020
https://www.quipper.com/id/school/teachers/ diakses pada 1 September 2020
https://sekolahonline.ruangguru.com/ diakses pada 1 September 2020
https://www.sekolah.mu/belajar-tanpa-batas/ diakses pada 1 September 2020
https://www.zenius.net/belajar-mandiri/ diakses pada 1 September 2020
https://cart.webex.com/sign-up?utm_medium=OwnedContent&utm_campaign=APJC_ID_RemoteWork diakses pada 1 September 2020
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8665
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |