Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Penggerak Melalui Publikasi Ilmiah
Abstract
Sekolah penggerak adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah yang bertujuan untuk transformasi peningkatan kualitas pendidikan melalui pemerataan mutu dan peningkatan kualitas SDM. Salah satu bagian dari upaya peningkatan kualitas guru adalah peningkatan profesionalisme guru. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat yaitu memberikan keterampilan serta pengetahuan mengenai penyusunan artikel ilmiah untuk publikasi ilmiah pada jurnal nasional maupun jurnal internasional. Manfaat langsung dari kegiatan pengabdian masyarakat yaitu menambah kemampuan, pengetahuan serta pengalaman untuk guru sekolah penggerak di Kabupaten Grobogan dalam penyusunan artikel untuk publikasi ilmiah. Manfaat turunan yang diharapkan yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan artikel ilmiah untuk publikasi sehingga kualitas serta kuantitas publikasi ilmiah guru pada sekolah penggerak di Kabupaten Grobogan meningkat. Bentuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu dalam bentuk pelatihan dengan memberikan materi serta praktik penyusunan artikel ilmiah untuk publikasi pada jurnal ilmiah. Sebanyak 30 orang guru sekolah penggerak sebagai khalayak sasaran dari kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Grobogan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan tiga metode kegiatan yaitu metode ceramah, diskusi, dan praktik. Evaluasi kegiatan dalam pengabdian masyarakat ini meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, keaktifan peserta dan tingkat kehadiran. Hasil kegiatan ini yaitu peserta mampu dalam mempraktekkan materi terkait dengan penyusunan artikel ilmiah untuk publikasi pada jurnal nasional maupun jurnal internasional sehingga menambah pengetahuan dan keterampilan guru sekolah penggerak di Kabupaten Grobogan.
Driving school is a program launched by the government that aims to transform the quality of education through equalizing quality and improving the quality of human resources. One part of efforts to enhance teacher quality is increasing teacher professionalism. Community service activities aim to provide skills and knowledge regarding preparing scientific articles for scientific publications in national and international journals. The direct benefit of community service activities is increasing the skills, knowledge, and experience of Sekolah Penggerak teachers in Grobogan Regency in preparing articles for scientific publications. The expected derivative benefits are increasing teachers' abilities to prepare scientific articles for publication so that the quality and quantity of teachers' scientific publications at driving schools in the Grobogan Regency increases. Implementing community service activities is training by providing material and practice in preparing scientific articles for publication in scientific journals. A total of 30 school teachers were the target audience for community service activities in Grobogan Regency. Implementing community service activities uses three activity methods: lecture, discussion, and practice. Evaluation of community service activities includes knowledge, skills, participant activity, and attendance level. The result of this activity is that participants can practice material related to preparing scientific articles for publication in national and international journals, thereby increasing the knowledge and skills of Sekolah Penggerak teachers in Grobogan Regency.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 59–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457
Anwar, R. N. (2023). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah pada guru program sekolah penggerak di kabupaten madiun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif, 1(1), 44–51.
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 122–130. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Departemen Pendidikan Nasional. (2005a). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005b). Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI.
Hidayah, N., Sariyanto, A. K., Yanti, M., & Rizal, H. P. (2022). Pelatihan publikasi artikel ilmiah untuk komunitas guru penggerak kabupaten polewali mandar. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian
Masyarakat), 6(3), 49–52.
https://doi.org/https://doi.org/10.36339/je.v6i3.634
Krismanto, W. (2018). Meningkatkan kemampuan publikasi ilmiah kalangan guru sekolah dasar. Jurnal Dedikasi, 20(1), 112–118.
Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah dan publikasi di jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71–82.
https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202051.256
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957
Noorjannah, L. (2015). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah bagi guru profesional di sma negeri 1 kauman kabupaten tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).
https://doi.org/http://202.52.52.6/index.php/humanity/article/view/2
/2667
Prasetiya, B. (2018). Peningkatan kemampuan guru madrasah dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di probolinggo. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 2, 441–465. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/acce.v2i.74
Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran guru penggerak pada merdeka belajar untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3393
Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65–73. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.73
Syarifuddin, S. (2021). Analisis kesiapan guru dalam penulisan dan publikasi karya tulis ilmiah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 49–55. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.21
Utomo, A. P. Y., Liana, N. I., Pramono, D., Yanitama, A., Alfatimi, N. A., Lestari, A. Y., Afriyanti, R., & Indramayu, A. (2021). Peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah guru di kota salatiga. Jurnal Implementasi, 1(2), 106–111.
https://doi.org/http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/49
Waskita, D., & Sulistyaningtyas, T. (2022). Program pengabdian masyarakat: workshop penulisan artikel ilmiah. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1359–1367. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11495
Yunus, M. (2016). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19 (1), 112–128. C:/Users/ASUS/Downloads/Documents/2074-4241-1-SM. Pdf. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.8730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |