Sosialisasi Pembelajaran PJOK Inklusif pada Guru Sekolah Menengah Pertama Kota Surakarta sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme dalam Mengajar

Febriani Fajar Ekawati, Tri Winarti Rahayu, Budhi Satyawan, Ismaryati Ismaryati, Deddy Whinata Kardiyanto, Bambang Wijanarko

Abstract


Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) mempunyai tujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan atau pembelajaran bersama bagi peserta didik penyandang disabilitas dengan peserta didik pada umumnya. Proses pembelajaran inklusif juga harus dilaksanakan pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Namun masih banyak guru PJOK khususnya yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PJOK Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Surakarta menghadapi permasalahan-permasalahan dalam proses pelaksanaannya. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menyusun perangkat pembelajaran pada guru PJOK dalam kelas inklusif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi dan pelatihan. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 2 Juli 2022 bertempat di SMPN 6 Surakarta, dengan jumlah peserta adalah 30 orang. Angket pengetahuan tentang konsep mengajar pada kelas inklusif diberikan pada saat sebelum dan sesudah pemberian materi untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran. Hasil sosialisasi dan pelatihan kepada guru PJOK menunjukkan peningkatan pengetahuan rata-rata 30% pada setiap butir pertanyaan, selanjutnya; guru mampu menganalisa dan menentukan cara mengajar kelas PJOK inklusif dengan benar yang dituangkan dalam RPP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru semakin memahami tentang konsep mengajar PJOK inklusif serta mampu untuk merencanakan, melakukan, dan membuat evaluasi dalam mengajar. Keberhasilan ini menjelaskan bahwa profesionalisme mereka juga semakin baik.

School with an Inclusive Education System provides educational opportunities or joint learning for students with disabilities and students in general. The inclusive learning process must also be implemented in Physical Education, Sports, and Health (PESH) subjects. However, many PESH teachers at Junior High Schools in Surakarta still face problems in the implementation process. Therefore, this community service aimed to improve teachers' knowledge of inclusive learning and their skills to prepare the PESH inclusive class. The program conducted in SMPN 6 Surakarta on Saturday, 2 July 2022, with the number of participants was 30 people. The inclusive knowledge questionnaire was distributed to the participants before and after the activity. There was an improvement in knowledge among teachers after the socialization of the inclusive learning process in PESH. Furthermore, the teachers could analyze and determine how to teach inclusive classes correctly as outlined in the lesson plan. The average improvement is around 30% in every statement. Teachers can increasingly plan, teach, and evaluate their inclusive classes better than before. As a result, their professionalism is improving. 


Keywords


Disabilitas; Pendidikan Inklusif; PJOK

Full Text:

PDF

References


Basyri, A. H., & Ferianto, B. (2015). Survei proses pembelajaran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap siswa inklusi (studi pada 9 sekolah dasar negeri wilayah surabaya barat). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 115–120.

Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Wijanarko, B. (2021). Meningkatkan profesionalisme guru slb melalui pendampingan permainan adaptif keterampilan gerak dasar anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 28. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21452

Erma, Z., Robiyanti, D., Rambe, S., Sosial, M., & Media, S. (2016). Sosialisasi pencegahan penyebaran berita hoaks dalam penggunaan media sosial terhadap ibu-ibu anggota ikatan masyarakat koto tangah (imkt). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(2),139–144.

Hamid, A. (2017). Guru professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–275.

Karlina, D. A. (2019). Mata pelajaran penjas di sekolah inklusi. Jurnal Olahraga, 5(2), 137–141. https://doi.org/10.37742/jo.v5i2.106

Priambodo, A., Ferianto, B., Andrijanto, D., Juniarisca, D. L., & Kaharina, A. (2021). Identifikasi kualitas pembelajaran pjok pada sekolah dasar negeri inklusi berdasarkan perspektif wali murid. Seminar Nasional LPTK CUP XX Tahun 2021 Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia Mewujudkan Insan Olahraga Yang Inovatif, Unggul, Dan Berkarakter Menuju Persaingan Global, 309–314.

Rahim, A., & Taryatman. (2018). Pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif kota yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 364–368.

Setiawan, Y. E., & Syaifuddin, S. (2020). Peningkatan kompetensi profesionalitas guru melalui pelatihan desain pembelajaran peta konsep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 148. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.16377

Siswanto, S. Y., Sule, M. I. S., Bari, I. N., & Hakim, D. L. (2021). Peningkatan pemahaman petani tentang konservasi tanah dan air di bayongbong, garut. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 109–113. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2

Sondakh, R. C., Kusrianti, N., & Astri, F. (2021). Pendampingan pembuatan kreasi cokelat untuk pengembangan industri rumahan desa ginunggung, kabupaten tolitoli. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 132–138. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2645

Widiyanto, W. E., & Galuh, E. P. P. (2021). Pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Sport Science & Education Journal Volume, 2(2), 28–35.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats