Pelatihan dan Pendampingan Teknik Relaksasi pada Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Guru BK
Abstract
Proses pembelajaran menuntut siswa untuk mengembangkan pemikiran kreatif dan memperluas pengetahuan mereka. Tuntutan dan ruang lingkup kegiatan siswa seringkali menimbulkan stress. Permasalahan yang sering dihadapi guru BK di sekolah mitra diantaranya adalah siswa yang menunjukkan perilaku agresi, menunjukkan kebosanan dalam belajar dan kebiasaan menunda-nunda mengerjakan tugas. Salah satu strategi pendekatan yang dapat digunakan pada layanan bimbingan dan konseling untuk membantu mengatasi masalah tersebut adalah teknik relaksasi. Relaksasi adalah strategi perilaku yang dapat digunakan individu untuk mengembangkan proses internal yang positif dalam kepribadian individu tersebut. Tujuan dari pelatihan dan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman akan pengetahuan dan keterampilan seluruh guru BK di SMP Kota Prabumulih dalam menggunakan teknik relaksasi. Kegiatan ini dilakukan untuk guru BK SMP di Kota Prabumulih dan dilaksanakan selama bulan September 2022 secara blended learning dengan menggunakan beberapa metode pelatihan yaitu: 1) penyampaian materi tentang teknik relaksasi, 2) Pelatihan dan Pendampingan teknik relaksasi, 3) Praktik mandiri teknik relaksasi, dan 4) Penilaian dan evaluasi kegiatan pelatihan dan pendampingan teknik relaksasi. Meskipun terdapat beberapa tantangan dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian di wilayah ini, namun kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pendampingan dan pelatihan teknik relaksasi untuk guru BK SMP Kota Prabumulih dapat terlaksana dengan lancar dan baik. Topik yang dibahas dalam pelatihan ini bersifat terkini dan guru BK belum pernah mendapatkan pelatihan mendalam mengenai metode relaksasi. Peserta antusias dan terpacu untuk berpartisipasi agar dapat memahami informasi yang disajikan sepanjang kegiatan pengabdian. Hasil postest pemahaman yang diberikan juga menunjukkan peningkatan pemahaman guru BK terhadap materi teknik relaksasi.
The learning process requires students to develop creative thinking and expand their knowledge. The demands and scope of student activities often cause stress. Problems often faced by guidance and counseling teachers at partner schools include students showing aggressive behavior, boredom in studying, and the habit of procrastinating on assignments. One strategic approach a counselor can use in guidance and counseling services to help overcome this problem is relaxation techniques. Relaxation is a behavioral strategy individuals can use to develop positive internal processes in their personality. This service activity aims to increase the knowledge and skills of all Prabumulih City Middle School guidance and counseling teachers using relaxation techniques. This activity was conducted for junior high school guidance and counseling teachers in Prabumulih City. It was carried out during September 2022 in a blended learning manner using several training methods, namely: 1) delivery of material on relaxation techniques, 2) Training and Mentoring on relaxation techniques, 3) Independent practice of relaxation techniques, and 4) Assessment and evaluation of relaxation technique training and assistance activities. Even though there are several challenges and obstacles in implementing service activities in this area, the activities carried out in the form of mentoring and training in relaxation techniques for Prabumulih City Middle School guidance and counseling teachers can be carried out smoothly and well. The topics discussed in this training are current, and guidance and counseling teachers have never received in-depth training regarding relaxation methods. Participants are enthusiastic and motivated to participate so they can understand the information presented throughout the service activities. The results of the posttest understanding also showed increased guidance and counseling teachers' knowledge of relaxation technique material.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arizona, Wibowo, M. E., & Japar, M. (2016). Teknik relaksasi berbasis musik inrumental meningkatkan self efficacy siswa smp melalui pengembangan model konseling kelompok. Jurnal Bimbingan Konseling 5, 5(2), 86–92. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/14024/7651
Arizona, A. (2017). Efektivitas konseling kelompok teknik relaksasi untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik smp pgri 1 palembang. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 53. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p53-58
Bildhonny, A. F. (2017). Menurunkan kejenuhan belajar siswa dengan teknik relaksasi pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 274–280.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriania, A. R., & Barida, M. (2021). Layanan konseling kelompok teknik relaksasi untuk mereduksi kecemasan berbicara di depan umum. Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami”, 1463-1470.
Junaidi, I. A., Rizhardi, R., Riyoko, E., & Putri, R. M. (2022). Burnout of STUDENTS IN DISTANCE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2851–2860. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1218
Kurniati, D., Musyofah, T., & Ojil, A. P. (2021). Pelaksanaan Supervisi bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan layanan konseling guru bk sma kabupaten rejang lebong. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 133.
https://doi.org/10.29240/jbk.v5i1.2736
Lilis, H. (2023). Program layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi kecemasan berbicara siswa depan kelas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan ,5(3), 1253–1260.
Ningsih, F. (2016). Efektifitas teknik relaksasi untuk mengurangi kejenuhan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 7 Tahun Ke-5, 7(5), 50–59.
Nurcahyani, I., & Fauzan, L. (2016). Efektivitas teknik relaksasi dalam konseling kelompok behavioral untuk menurunkan stres belajar siswa sma. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.17977/um001 v1i12016p001
Putri, R. M., Sofah, R., AR, S., & Junaidi, I. A. (2021). Identifikasi hambatan belajar mahasiswa universitas sriwijaya pada masa pandemi covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 692. https://doi.org/10.33394/ jk.v7i3.3574
Setianingrum, A., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2013). Upaya mengurangi kecemasan berbicara di depan umum menggunakan teknik relaksasi. Jurnal ALIBKIN: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(4), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/ index.php/ALIB/article/view/2796
Wibowo, A. A. & Rosada, U.D. (2023). Layanan bimbingan dan konseling menggunakan konseling kelompok dengan teknik relaksasi mengurangi cemas bicara di hadapan umum. Prosiding Seminar Antarbangsa “Penguatan Karakter Menuju Konselor Multibudaya Dijiwai Nilai-Nilai Religius”, 235–248.
Widari, N. K., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Behavioral dengan teknik relaksasi untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa kelas x mia 2 sma negeri 2 singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11.
Yuwono, D., Sugiharto, P., & Tadjri, I. (2017). Efektifitas konseling kelompok dengan teknik relaksasi religius untuk mengurangi kejenuhan belajar mahasiswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 7–12.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |