Meningkatkan Pengetahuan Guru Olahraga Melalui Workshop Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel Ilmiah

Ari Sutisyana, Yahya Eko Nopiyanto, Andes Permadi

Abstract


Belum optimalnya pengetahuan guru olahraga dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas menjadi dasar untuk dilakukannya kegiatan pengabdian ini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru olahraga tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Sukaraja dalam menyusun penelitian tindakan kelas dan menulis artikel ilmiah. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan bimbingan secara intensif, serta pendampingan untuk mitra. Kegiatan dilaksanakan pada 21 Juni 2023 di Sekolah Dasar Negeri 149 Seluma. Mitra dalam kegiatan ini sebanyak 20 guru olahraga. Instrumen berupa tes tertulis yang terdiri dari 5 indikator digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mitra, yaitu: penelitian tindakan kelas, artikel ilmiah, turnitin, mendeley, publikasi artikel ilmiah. Hasil pre-test menunjukkan nilai rerata sebesar 44%. Hasil post-test menunjukkan nilai rerata sebesar 86%. Simpulan dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan mitra dalam penyusunan penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah.

The lack of optimal knowledge of sports teachers in carrying out classroom action research is the basis for this service activity. This service activity aims to increase the understanding of elementary school-level sports teachers in Sukaraja District in preparing classroom action research and writing scientific articles. The method used to achieve the goals that have been set is using lectures, demonstrations, and intensive guidance, as well as mentoring for partners. The activity will be held on June 21, 2023, at State Elementary School 149 Seluma. Partners in this activity are 20 sports teachers. An instrument in the form of a written test consisting of 5 indicators is used to determine the partner's level of knowledge, namely classroom action research, scientific articles, Turnitin, Mendeley, and publication of scientific articles. The pre-test results show an average value of 44%. The post-test results show an average value of 86%. The conclusion from this activity was that there was an increase in partners' knowledge in preparing classroom action research and writing scientific articles.


Keywords


Artikel Ilmiah; Guru Olahraga; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Daud, M. H., & Kaleka, M. B. U. (2019). Analisis kesulitan bagi guru ipa untuk melakukan penelitian tindakan kelas (ptk). OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 36-42.

Ekawati, F. F. (2023). Sosialisasi pembelajaran pjok inklusif pada guru sekolah menengah pertama kota surakarta sebagai upaya peningkatan profesionalisme dalam mengajar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 1261-1270.

Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asyâ, M. (2016). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) dan teknik penulisan karya ilmiah bagi guru di Mts. Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 38-40.

Kusdiawan, W. (2017). Pengembangan sistem informasi pengusulan, penilaian dan penetapan angka kredit guru (SIPULPENPAKGURU). Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(1), 20–29.

Muliyani, S. E., Hulfian, L., Isyani, I., Primayanti, I., & Yundarwati, S. (2019). Pendampingan penyusunan karya tulis ilmiahpenelitian tindakan kelas (ptk) dan open journal system (ojs) pada guru mgmp olahraga lombok timur. Abdi Masyarakat, 1(1).

Negaraa, F. B. (2021). Pelatihan online penulisan artikel ilmiah kepada guru honorer penjas di kota bengkulu. Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan, 1(2), 15-23.

Nopiyanto, Y. E., Pujianto, D., Insanistyo, B., & Cotton, W. (2023). Assessing the profesional competence of physical education teachers in Bengkulu Province: Examining the role of teacher characteristics. Journal Sport Area, 8(2), 151-164.

Oktaviani, L., Aminatun, D., & Ahmad, I. (2020). Peningkatan profesionalitas guru sdn 4 mesuji timur melalui program t2kt. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 4(2), 333-345.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15.

Slameto, S. (2015). Implementasi penelitian tindakan kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47-58.

Sukawati, S., & Lestari, R. D. (2022). Pelatihan aplikasi mendeley berbasis 4c (critical thinking, creativity, collaboration, dan communication) dalam menulis karya ilmiah bagi guru bahasa indonesia di kabupaten bandung barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), 122-133.

Sukendra, I. K., Fridayanthi, P. D., Puspawati, G. A. M., & Ekasriadi, I. A. A. (2022). PKM Sma Negeri 8 denpasar dalam meningkatkan kapasitas penulisan karya ilmiah sdm guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 17-25.

Susilowati, D. (2018). Penelitian tindakan kelas (ptk) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).

Tohidin, D., & Alimuddin, A. (2021). Pelatihan penulisan karya ilmiah, penelitian tindakan kelas, dan penggunaan mendeley kepada kelompok guru-guru penjasorkes di kecamatan siberut selatan kabupaten mentawai. Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan, 1(1), 26-36.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.9295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats