Sosialisasi Kebijakan Kampus Merdeka pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Pendidikan Vokasi
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan untuk mengamplifikasi informasi kebijakan kampus merdeka pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di entitas Perguruan Tinggi Penyelenggaraan Program Pendidikan Vokasi (PTPPPV). Hal itu menjadi urgensi karena tahun 2023 merupakan kali pertama PTPPPV turut berpartisipasi pada program PMM. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah sosialisasi secara daring pada 5 April 2023, disiarkan melalui Zoom Meeting dan kanal YouTube, serta dihadiri oleh 4.457 partisipan yang terdiri dari: mahasiswa, dosen, kepala program studi/kepala jurusan, dan pimpinan (Direktur/Wakil Direktur Politeknik/Dekan) pada entitas vokasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi kebijakan kampus merdeka pada program PMM pada entitas PTPPPV efektif dan menghasilkan dampak positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan pendaftar sebanyak hampir 8 kali lipat pada mahasiswa, dan hampir 3 kali lipat pada PTPPPV dari sebelum dan sesudah dilakukannya kegiatan sosialisasi.
This community service activity was motivated by the need to amplify information on the independent campus policy on the Independent Student Exchange (PMM) program in the Higher Education entity for the Implementor of the Vocational Education Program (PTPPPV). This is urgent because 2023 is the first time PTPPPV has participated in the PMM program. This community service activity used an online socialization method on 5th April 2023, which was broadcast via Zoom Meeting and YouTube channel and attended by 4,457 participants from vocational entities, including students, lecturers, heads of study programs/heads of departments, and leaders (Director/Deputy of Director of Polytechnic/Dean). The results of this community service show that the socialization of the independent campus policy in the PMM program for PTPPPV entities is effective and has a positive impact. This was demonstrated by a nearly 8-fold rise in student registrations and a nearly 3-fold increase in PTPPPV registrations between before and after socialization.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahmansyah, A., & Rismawati, I. (2022). Peningkatan kualitas perguruan tinggi melalui sistem penjamin mutu dengan pendekatan total quality managemen. Jurnal Perspektif, 6(2), 154–169.
Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis dampak program pertukaran pelajar merdeka belajar kampus merdeka terhadap mahasiswa internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 442660.
Bhakti, I. S. G., & Lubis, R. K. (2021). Efektivitas sosialisasi program keluarga berencana di kampung keluarga berencana. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 5(1), 39–52.
Budiarti, A., Cangara, H., & Wahid, U. (2022). Komunikasi antarbudaya mahasiswa peserta program indonesian international student mobility awards (iisma) di rusia. wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(1), 106–119.
Faridatussalam, S. R., Abid, A. H., & Hasan, N. (2023). Menumbuhkan jiwa wirausaha kalangan anak muda melalui program wirausaha merdeka. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 74–80.
Fitrah, M. (2018). Urgensi sistem penjaminan mutu internal terhadap peningkatan mutu perguruan tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 76–86.
Fitriani, L. P. W., & Kemenuh, I. A. A. (2021). Peningkatan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi melalui implementasi manajemen mutu terpadu dalam pendidikan. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2).
Guhin, J., Calarco, J. M., & Miller-Idriss, C. (2021). Whatever happened to socialization? Annual Review of Sociology, 47, 109–129.
Husen, A. H., Angelia, S. F., Putri, J. A., Panjaitan, M. N., Shofir, A. F., & Fahrudin, T. M. (2022). Efektivitas sosialisasi dan pemberian pmt sebagai upaya perbaikan gizi guna menurunkan angka risiko stunting pada anak di desa kembangsri. KARYA UNGGUL-Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 1(2), 30–35.
Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., Pertiwi, F. N., Fauziah, H. N., Santoso, L., & Pahlevi, F. S. (2020). Pendidikan tinggi di masa pandemi: Transformasi, adaptasi, dan metamorfosis menyongsong new normal. Zahir Publishing.
Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2023). Panduan program pertukaran mahasiswa merdeka merdeka belajar kampus merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Muslimat, A. (2021). Masa depan kampus merdeka & merdeka belajar: Sebuah bunga rampai dosen. Bintang Visitama Publisher.
Pambudi, N. A., & Harjanto, B. (2020). Vocational education in Indonesia: History, development, opportunities, and challenges. Children and Youth Services Review, 115, 105092.
Putri, E. M., & Putri, D. Z. (2021). Pengaruh upah minimum, tingkat pengangguran terbuka, pendidikan dan pengeluaran pemerintah terhadap kemiskinan di indonesia. Ecosains: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembangunan, 10(2), 106–114.
Rahman, A., Mawar, M., Bariyah, O. N., & Setyaningrum, I. (2022). Sosialisasi kebijakan kampus merdeka program praktisi mengajar pada perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1248–1256.
Rahman, A., Zebua, W. D. A., Satispi, E., & Kusuma, A. A. (2021). Policy formulation in integrating vocational education graduates with the labor market in indonesia. Jurnal Studi Pemerintahan, 12(3), 331–
https://doi.org/10.18196/jgp.123141
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525.
Sulistyaningrum, A. N., Nirwana, N. A., Januar, D. R., & Hilalia, N. N. (2022). Performa kebijakan kampus merdeka pada program magang dan studi independen bersertifikat. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(6), 2771–2786.
Suti, M., Syahdi, M. Z., & Didiharyono, D. (2020). Tata kelola perguruan tinggi dalam era teknologi informasi dan digitalisasi. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 3(2), 203–214.
Triyono, U. (2019). Kepemimpinan transformasional dalam pendidikan:(Formal, non formal, dan informal). Deepublish.
Ulfiah, U., Damanhuri, D., & Rahman, I. N. (2019). Pengaruh efektivitas metode sosialisasi komisi pemilihan umum terhadap partisipasi politik masyarakat. Untirta Civic Education Journal, 4(1), 121-129.
Utomo, W. (2021). Paradigma pendidikan vokasi: Tantangan, harapan dan kenyataan. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), 65–72.
Wijiharjono, N. (2021). Akreditasi perguruan tinggi dan kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka: Sebuah pengalaman dan harapan.
Zamroji, M. (2020). Strategi peningkatan mutu perguruan tinggi.
Tadrisuna: Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Keislaman, 3(1), 65–81.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.9526
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |