Pembelajaran Dasar Teknologi Penerbangan Melalui Praktikum Fisika Sekolah Menengah Atas

Mufti Arifin, Freddy Franciscus, Budi Aji Warsiyanto, Amat Chaeroni, Syarifah Fairuza, Ayu Martina, Muhammad Hadi Widanto, Rafika Arum Sari

Abstract


Mata pelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA) membutuhkan praktikum untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep teori fisika dan aplikasinya, akan tetapi terdapat beberapa hambatan diantaranya butuh contoh konkret, keterbatasan laboratorium, keterbatasan alat dan bahan praktikum, alokasi waktu yang terbatas, dan pelaksanaan praktikum yang jarang. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh Fakultas Teknologi Kedirgantaraan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma dilaksanakan dari tanggal 29 November 2022 sampai dengan 19 Januari 2023 dalam bentuk praktikum fisika ke Madrasah Aliyah (MA) Sahid Bogor, SMA Bintara Depok, SMAK Ign. Slamet Riyadi Jakarta, dan SMAN 109 Jakarta. PkM ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi penerbangan dan menawarkan solusi beberapa hambatan tersebut. Kegiatan dilaksanakan dalam 8 (delapan) sesi praktikum dengan tiap sesi terdiri dari 10 (sepuluh) modul dan tiap kelompok siswa bergiliran melaksanakan praktikum yang dipandu oleh dosen dan mahasiswa. Hasil PkM ini menunjukkan bahwa tim pelaksana melalui kegiatan PkM berhasil memberi pengalaman praktikum kepada 259 peserta sebanyak 5-8 modul dalam waktu 90-120 menit dan mendorong ketertarikan 63% peserta pada praktikum fisika. Modul dengan alat praktikum sederhana dan cara penyampaian yang menarik terbukti mudah dipahami oleh siswa meskipun masih perlu pengembangan dengan penambahan waktu dan jenis modul serta pengaturan pergantian antar kelompok yang lebih baik.

Physics subject in senior high school requires practicum to increase students' understanding of the theoretical concepts of physics and their applications, but there are several obstacles including the need for concrete examples, limited laboratories, lack of practicum tools and materials, limited time allocation, and a rare practicum implementation. Community service by the Faculty of Aerospace Technology Marshal Suryadarma University was carried out from 29 November 2022 to 19 January 2023 in the form of physics practicum at Madrasah Aliyah (MA) Sahid Bogor, SMA Bintara Depok, SMAK Ign. Slamet Riyadi Jakarta, and SMAN 109 Jakarta aim to introduce aviation technology and offer solutions to some of these obstacles. The activity was carried out in 8 practicum sessions with each session consisting of 10 modules and each group of students took turns carrying out practicums guided by lecturers and students. The results of this PkM show that the implementing team, through PkM activities, succeeded in providing practical experience to 259 participants with 5-8 modules in 90-120 minutes and encouraging 63% of participants' interest in physics practicum. Modules with simple practicum tools and interesting delivery methods are proven to be easy for students to understand, although they still need development by addition of time and types of modules as well as better arrangements for switching between groups.


Keywords


fisika; pengabdian masyarakat; praktikum; teknologi penerbangan

Full Text:

PDF

References


Alaa, S., Qomariyah, N., Wirawan, R., Angraini, L. M., Syamsuddin, S., & Sukrisna, B. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran fisika berbasis metode eksperimen. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 1-4.

Anita, M., Irma, S., & Kadir, F. (2022). Analisis pelaksanaan praktikum fisika di sma negeri se-kabupaten maros. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 4(2), 125-136.

Chiappetta, E. L., & Koballa, T. R. (2014). Science instruction in the middle and secondary schools: developing fundamental knowledge and skills. Houston: Pearson+.

Haisy, M. C., Astra, I., & Handoko, E. (2015). Pengembangan alata peraga resonansi dan efek doppler berbasis soundcard pc/laptop untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika , IV, 87-91.

Hartanto, T. J., Dinata, P. A., Pratama, A., Handriani, R., Suhartono, Nawir, M., & Qadariah, A. (2023). Pelatihan penggunaan alat-alat laboratorium pada topik kelistrikan dan kemagnetan bagi guru ipa dan peserta didik smp negeri 5 palangka raya. Bubungan Tinggi, 5(3), 1200-1208.

Ismail, A., Setiawan, A., Suhandi, A., & Rusli, A. (2019). Profile of physics laboratory-based higher order thinking skills (HOTs) in Indonesian high schools. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 1-7.

Kurniawan, E. S., Pratiwi, U., & Fatmaryanti, S. D. (2019). Asistensi praktikum fisika dan pendampingan fun science project bagi peserta didik di sma negeri 9 purworejo. Surya Abdimas, 3(1), 12-20.

Maryam, E., & Fahrudin, A. (2020). Pengembangan sound card laptop sebagai alat praktikum fisika untuk penentuan percepatan gravitasi bumi. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(1), 29-40.

Nasar, A., & Kaleka, M. B. (2019). Effectiveness of experimental laboratory methods on understanding the concept of light, science processes skills, and scientific attitudes of students. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(3), 262-270.

Noor, Y. A., Putra, N. M., Nugroho, S. E., Marwoto, P., Mindyarto, B. N., Linuwih, S., . . . Minhat, M. (2020). Praksis praktikum fisika mode daring: studi kasus pembelajaran di sma/ma jawa tengah dan jawa timur semasa pandemi covid-19. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 276-283.

Novianti, N. R. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 158-166.

Pribadi, H., & Harjati, P. (2014). Analisis pembelajaran fisika dalam sistem moving class di smp negeri 1 pekalongan lampung timur tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro, 2(1), 32-41.

Pujianto, Sururi, A. M., Chasanah, R., & Abadi, R. (2014). Fisika untuk sma/ma kelas xi peminatan matematika dan ilmu-ilmu alam. Jakarta: Intan Pariwara.

Putri, A., & Saehana, S. (2021). Pengembangan alat praktikum menggunakan sensor ultrasonik dikombinasikan dengan arduino sebagai media bantu praktikum materi gelombang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 08(1), 1-13.

Putri, T. D., Hamid, A., & Yusrizal. (2016). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual dalam melakukan praktikum fisika terhadap hasil belajar siswa kelas xi sma negeri 1 banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 1(4), 142-150.

Radjawane, M. M., Tinambunan, A., & Jono, S. (2022). Fisika untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sarjono. (2018). Pentingnya Labortorium Fisika di SMA/MA dalam Menunjang Pembelajaran Fisika. Jurnal Madaniyah, 8(2), 262-271.

Setyaningrum, R., Sriyono, & Ashari. (2013). Efektivitas pelaksanaan praktikum fisika siswa sma negeri kabupaten purworejo. Radiasi, 3(1), 83-86.

Shaqinah, N. I., Helmi, & Amin, B. D. (2021). Analysis of the

utilization of physics laboratories in state senior high schools in luwu regency. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(3), 253-261.

Suherly, T., Insani, L. T., Hidayat, F., Waruwu, O., Manik, R. E., & Rahmad, M. (2022). Analisis tingkat kebutuhan pemanfaatan laboratorium fisika sebagai pendukung peningkatan hasil belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3393-3404.

Yanto, F., Primasari, M., Azhar, A., Putri, R. E., Sari, W. K., & Wati, F. (2023). Bimbingan teknis untuk melatih keterampilan guru smp/ mts dalam penggunaan alat peraga dan kit ipa. Bubungan Tinggi, 5(3), 1279-1287.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats