Edukasi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Artificial Intelegence bagi Guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidiyah

Muhammad Fathul Amin, Agus Rizal, Gerhana Danan Jaya, Muhammaad Farriz Adi, Anjasmoro Setyo Waloyo, Bakhrudin All Habsy, Siti Arifah, Rohana Maryam, Wardatul Mufidah

Abstract


Di era digital saat ini, pemerintah di Negara Indonesia masih berusaha sejak dini dalam memasuki tentang kehidupan bermasyarakat dengan mengandalkan pemrograman dan kecerdasan buatan, yang akan digunakan untuk mengajar di Sekolah Dasar (SD). Tujuan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dikaitkan dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi yang masih memiliki beberapa program seperti pelatihan aplikasi openAI, canva dan aplikasi yang mendukung dalam pembuatan model pembelajaran, selain mengimplementasikan upaya pemerataan literasi juga pada upaya peningkatan kompetensi bidang teknologi komunikasi dan informasi di seluruh wilayah dan kalangan masyarakat. Metodologi yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggunakan focus group discussion (FGD) untuk memberikan pemahaman baru tentang kegiatan pelatihan Thematic Academy (TA). Adapun tujuan proses kegiatan tersebut guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, serta daya saing sumber daya manusia bidang teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian dari program pembangunan dilakukan dalam 3 (tiga) kali pertemuan meliputi pengenalan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Hasil temuan pada kegiatan pelatihan dibuktikan dengan tindak lanjut yang mana adanya pemahaman mengenai pembelajaran Berbasis kecerdasan buatan bagi pengajar sehingga dapat disalurkan kepada murid-murid yang diajarnya. Peserta terkait pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk menunjang pembelajaran di SD.

In the current digital era, the government in Indonesia is still trying from an early age to enter into social life by relying on programming and artificial intelligence, which will be used for teaching in elementary schools. The aim of developing Human Resources (HR), which is related to the field of communication and information technology, which still has several programs such as training on OpenAI applications, Canva, and applications that support the creation of learning models, apart from implementing efforts to equalize literacy, is also an effort to increase competence in the field of communication technology and information in all regions and communities. The methodology used in community service activities uses focus group discussions (FGD) to provide a new understanding of Thematic Academy (TA) training activities. The activity aims to improve the knowledge, skills, attitudes, and competitiveness of human resources in information and communication technology as part of a development program carried out in three meetings, including the introduction of artificial intelligence. The findings from the training activities were proven by follow-up in which there was an understanding of artificial intelligence-based learning for teachers so that it could be distributed to the students they taught. Participants related to using Artificial Intelligence to support learning in elementary schools.

 


Keywords


kecerdasan buatan; pengembangan bahan ajar; tenaga pendidik

Full Text:

PDF

References


Chen, L., Chen, P., Access, Z. L.-I., & (2020). Artificial intelligence in education: A review. IEEE Access, 8(1), 75264-75278.

Didipu, I., Umar, A., & Hidayatullah, A. (2021). PEMBELAJARAN INOVATIF (Kisah Inspiratif Guru Madrasah Indonesia): Ditulis oleh 51 Guru Inspiratif Madrasah Indonesia. Pena Indis: Jakarta.

Ivannikov, A., & Stempkovskiy, A. (2021). The basics of digital system designs simulation for hardware/software joint debugging. 2021 International Seminar on Electron Devices Design and Production (SED), 1–4.

Kumboro, Y. B., Pratama, H. I., Waskitho, N. N., & Setyaningsih, P. W. (2023). Pemanfaatan chatgpt sebagai bahan referensi kerja. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu Komputer, 1(1), 1-12.

Mukminiati, U., Ibrahim, D. ., Bukhori, K. ., & Sandi, A. (2020). Analisis penggunaan gadget: Studi kasus terhadap perilaku keagamaan remaja. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 180–197.

Patandean, Y., & Indrajit, R. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Andi: Yogyakarta.

Sanger, P. A., & Ziyatdinova, J. (2014). Project based learning: Real world experiential projects creating the 21st century engineer. 2014 International Conference on Interactive Collaborative Learning (ICL), 541–544.

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62–72.

Setiawan, B., Habibah, E. N. I., Rahmadani, A. P., & Ardianti, D. F. N. (2024). Peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran ips. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(1), 01-17.

Setiono, B. A. (2019). Peningkatan daya saing sumber daya manusia dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 9(2), 179–185.

Sukma, Y. A. A., & Wijaya, F. P. (2020). The influence of satisfaction using learning management system on the competencies of digital talent scholarship thematic academy participants. 2nd International Conference Innovation in Education (ICoIE 2020), 247–252.

Tareja, O. A., Hurriyati, D., & Arisandi, D. (2022). Efektivitas metode focus group discussion terhadap perilaku agresi remaja pengguna narkoba di desa tangsi agung. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 4933–4940.

Titra, W., Sekolah, G., Agama, T., Mpu, H. N., & Singaraja, K. (2021). E-learning menjadi platform pembelajaran era society 5.0. Pramana Jurna; Hasil Penelitian, 1(1), 89-97.

Uno, H., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara: Jakarta.

Yildiz Durak, H., Saritepeci, M., & Durak, A. (2023). Modeling of relationship of personal and affective variables with computational thinking and programming. Technology, Knowledge and Learning, 28(1), 165–184.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats