Pendampingan Anak Sekolah SMP dalam Pemeriksaan Postur Tubuh untuk Mencegah Kelainan Tulang Belakang
Abstract
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi kepada siswa SMP untuk lebih memperhatikan postur tubuh mereka. Alur dari metode yang diberikan adalah pretest, edukasi, posttest dan terakhir pemeriksaan. Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh tim sebanyak 30 orang dengan 5 orang dosen dan 25 orang mahasiswa Fisioterapi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Pengabdian Masyarakat ini ditujukan kepada semua anak-anak SMP Negeri terutama kelas 9, dengan jumlah kelas ada 10 kelas yang tiap-tiap kelas berjumlah sekitar 30an siswa. Di dapat jumlah seluruh peserta adalah 391 siswa. Hasil dari pretest dan posttest siswa mengalami peningkatan tiap-tiap kelas dengan rata-rata 35% rentang peningkatan 20-48%, tidak ada dalam kelas siswa mengalami penurunan pengetahuan. Disimpulkan bahwa semua siswa kelas 9 SMPN 5 Tangerang Selatan mengalami peningkatan pengetahuan.
This community service project aims to educate junior high school students, encouraging them to pay closer attention to their body posture. The method employed in this initiative consists of a pretest, educational sessions, a post-test, and a final examination. This community service project was carried out by a team of 30 individuals, including five lecturers and 25 physiotherapy students from Veterans National Development University in Jakarta. The target audience for this community service program includes all state middle school children, particularly those in grade 9, encompassing ten classes, each comprising approximately 30 students. In total, there were 391 participating students. The pre and post-test results revealed an increase in knowledge among students in each class, with an average improvement of 35%. The range of improvement varied from 20% to 48%, and no class showed a decrease in knowledge. In conclusion, it was observed that all grade 9 students at SMPN 5 South Tangerang experienced an enhancement in their knowledge.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bustan, M. N., Aprilo, I., & Anwar, K. (2018). Derajat kesehatan jasmani dan postur siswa sekolah di makassar. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(1), 93. https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i1.3781
Diananta, G. S., Salimo, H., & Soebagyo, B. (2020). Perbedaan gangguan psikososial dan fungsi kognitif antara remaja pendek dengan indeks massa tubuh rendah dan normal di sekolah menengah pertama kota surakarta. Sari Pediatri, 22(3), 153-9.
Erika, K. A. E., Puspitha, A., Asri, R. M., & Azzahra, N. I. (2022). Demonstrasi postur tubuh yang baik dan benar pada anak sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 104-109.
Graber, E. G. (2023). Childhood development. Problem-Based Behavioral Science and Psychiatry, 17–29. https://doi.org/10.1007/978-0-387-78585-1_2
Ismiyasa, S. W., Anniza, M., Mailani, R., Bachtiar, F., Prabowo, E., Sirada, A., … Aisyiyah, U. (2022). Ketupat (ketahui postur tubuh yang baik dan tepat) di masa pandemi covid-19. Abdimas Siliwangi, 5(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9730
Ismiyasa, S. W., Oktarina, M., Bachtiar, F., Mailani, R., Agustiyawan, A., Fitri Wulan Dhari, I., … Azizah, Z. A. (2023). Pengenalan pencegahan osteoporosis dan pemeriksaan keseimbangan pada masyarakat. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.33860/pjpm.v4i2.1775
Naufal, A. F. (2022). Postur Abnormal dan keseimbangan pada anak: literature study. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 3(2), 113-119.
Organization, W. H. (2013). WHO.
Putriana, S., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Perkembangan intelektual pada usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1771-1777.
Rahman, I., Muhamad K, F., Wea, G., Rahmawati, M., Fisioterapi, P. S., Piksi, P., & Bandung, G. (2022). Pemberian edukasi tentang postur tubuh yang baik dalam menjaga kesehatan tulang belakang pada siswa sd negeri 2 cililin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Digital, 1(2), 2022.
Rahman, I., Zalukhu, A. V., Aulia, A. R., & Fauzian, M. (2022). Sosialisasi fisioterapi terhadap pencegahan postur tubuh yang buruk pada siswa di sdn baros mandiri 4 kota cimahi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Digital (JUPED), 1(2), 18–22.
https://doi.org/https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.6926
Saripudin, A. (2019). Analisis tumbuh kembang anak ditinjau dari aspek perkembangan motorik kasar anak usia dini. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(1), 114-130.
Simamora, M., Sinuraya, E., & Harahap, N. (2019). Hubungan berat tas punggung dengan nyeri punggung bawah pada anak usia sekolah. Jurkessutra: Jurnal Kesehatan Surya Nusantara, 7(1).
Simbolon, N. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19. https://doi.org/10. 24114/esjpgsd.v1i2.1323
Suryabi, C. L. (2015). Perancangan media pembelajaran interaktif tentang sikap tubuh yang benar. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 11.
Yaman, O., & Dalbayrak, S. (2014). Kyphosis and review of the literature. Turkish Neurosurgery, 24(4), 455–465. https://doi.org/10. 5137/1019-5149.JTN.8940-13.0
Zećirović, A., Bjelica, B., Pajović, L., & Aksović, N. (2021). Postural status and kyphosis in school-age children. International Journal of Academic Health and Medical Research, 5(11), 89–97. Retrieved from file:///C:/Users/Win10/ Downloads/IJAHMR211119.pdf
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |