PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI PADA MATERI CSS DASAR

Muhammad Agi Sahriza Daan Nur, Harja Santana Purba, Novan Alkaf Bahraini Saputra, Nuruddin Wiranda, Muhammad Hifdzi Adini

Abstract


Pada pembelajaran yang menuliskan kode seperti CSS, seringkali terjadi pemisahan sumber belajar yang menyulitkan proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web yang menyatukan sumber-sumber belajar tersebut dalam satu media. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web dengan pendekatan gamifikasi pada materi dasar CSS. Pendekatan pembelajaran dengan gamifikasi dapat membuat proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang dibatasi yaitu analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi media dan validasi materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Penelitian ini menghasilkan media berbasis web yang dikembangkan menggunakan teknologi HTML, CSS, JavaScript, Firebase, Ace Editor, dan Cropper JS. Elemen gamifikasi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup exp, level, leaderboard, challenge, dan badges. Penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran termasuk valid, dengan nilai validitas materi dalam kategori sangat valid dan nilai validitas media dalam kategori sangat valid. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web dengan pendekatan gamifikasi pada materi CSS dasar dinyatakan dapat digunakan untuk uji coba.

Full Text:

PDF

References


Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Augustin, N., Purba, H. S., & Sari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk Siswa Kelas VIII. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1(1), 23–34. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.33520

BSNP. (2021). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014.

Firdaus, M. A., & Mahardika, A. I. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Kemagnetan dan Pemanfaatannya di Kelas IX dengan Metode Demonstrasi. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 2, 80–90. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj/article/view/5597

Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf

Laelasari, E., Dyah, L., & Kartini, T. (2018). Model Gamifikasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C Daring. PP PAUD Dan DIKMAS Jawa Barat. http://direktori.pauddikmasjabar.kemdikbud.go.id/MODEL/TAHUN 2018/2 model gamifikasi/model gamifikasi.PDF

Nadia, H., Sukmawati, A., & Kaspul. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Virus Menggunakan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 2, 91–101. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj/article/view/5598

Nasrina, A., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Drill and Practice. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1, 11–27. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj/article/view/4428

Nesbit, J., Belfer, K., & Leacock, T. (2009). Learning object review instrumen (LORI). TeleLearning NCE, CARIE Inc. and EduSourceCanada.

Purba, H. S., Adini, M. H., Sari, D. P., Rosal, N. P., Sukmawati, R. A., & Ichsan, A. (2022). Implementation of Interactive Learning Media with Gamification Approach on Solar System Material. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(10), 2025–2028. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27843

Rozak, A., Darmadi, & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun masih menjadi momok bagi peserta oleh peserta didik adalah persamaan dengan media. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 31–50. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1267

Saputra, N. A. B., & Purba, H. S. (2022). Rancangan Sistem Manajemen Skripsi Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1621. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.5012

Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol. 2, 1008–1016. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9734/4593

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553

Suarmini, M. (2019). Metode Gamifikasi Berbasis Tri Hita Karana sebagai Alternatif Pembelajaran Abad 21. Maha Widya Bhuwana, 2(2), 42–47. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/bhuwana/article/view/383

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Sukmawati, R. A., Pramita, M., Wiranda, N., Mahmudah, N., & Awalia, A. (2023). Media Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran Berkonteks Lingkungan Lahan Basah. 5, 69–75. https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-abdimas/article/view/795

Sukmawati, R. A., Ridhani, M., Adini, M. H., Pramita, M., & Sari, D. P. (2021). Metode Drill and Practice dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII Berkonteks Lahan Basah Menggunakan Multimedia Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(3). https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/572/578




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v3i2.10700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter