PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI PADA MATERI CSS DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Augustin, N., Purba, H. S., & Sari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk Siswa Kelas VIII. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1(1), 23–34. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.33520
BSNP. (2021). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014.
Firdaus, M. A., & Mahardika, A. I. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Kemagnetan dan Pemanfaatannya di Kelas IX dengan Metode Demonstrasi. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 2, 80–90. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj/article/view/5597
Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf
Laelasari, E., Dyah, L., & Kartini, T. (2018). Model Gamifikasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C Daring. PP PAUD Dan DIKMAS Jawa Barat. http://direktori.pauddikmasjabar.kemdikbud.go.id/MODEL/TAHUN 2018/2 model gamifikasi/model gamifikasi.PDF
Nadia, H., Sukmawati, A., & Kaspul. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Virus Menggunakan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 2, 91–101. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj/article/view/5598
Nasrina, A., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Drill and Practice. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1, 11–27. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj/article/view/4428
Nesbit, J., Belfer, K., & Leacock, T. (2009). Learning object review instrumen (LORI). TeleLearning NCE, CARIE Inc. and EduSourceCanada.
Purba, H. S., Adini, M. H., Sari, D. P., Rosal, N. P., Sukmawati, R. A., & Ichsan, A. (2022). Implementation of Interactive Learning Media with Gamification Approach on Solar System Material. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(10), 2025–2028. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27843
Rozak, A., Darmadi, & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun masih menjadi momok bagi peserta oleh peserta didik adalah persamaan dengan media. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 31–50. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1267
Saputra, N. A. B., & Purba, H. S. (2022). Rancangan Sistem Manajemen Skripsi Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1621. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.5012
Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol. 2, 1008–1016. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9734/4593
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Suarmini, M. (2019). Metode Gamifikasi Berbasis Tri Hita Karana sebagai Alternatif Pembelajaran Abad 21. Maha Widya Bhuwana, 2(2), 42–47. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/bhuwana/article/view/383
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.
Sukmawati, R. A., Pramita, M., Wiranda, N., Mahmudah, N., & Awalia, A. (2023). Media Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran Berkonteks Lingkungan Lahan Basah. 5, 69–75. https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-abdimas/article/view/795
Sukmawati, R. A., Ridhani, M., Adini, M. H., Pramita, M., & Sari, D. P. (2021). Metode Drill and Practice dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII Berkonteks Lahan Basah Menggunakan Multimedia Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(3). https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/572/578
DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v3i2.10700
Refbacks
- There are currently no refbacks.