PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM RESPIRASI KELAS XI SMA DENGAN METODE TUTORIAL

Andi Amrullah, Andi Ichsan Mahardika, Muhammad Hifdzi Adini, Harja Santana Purba, R. Ati Sukmawati

Abstract


Bahan ajar berbasis web merupakan sebuah media penunjang atau pembantu dalam proses pembelajaran hal ini karena media dapat dibuat menarik dan interaktif terutama pada konten yang berupa teks dan gambar. Metode tutorial digunakan untuk membantu kelancaran proses belajar siswa sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan kecepatan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan media pembelajaran web interaktif pada materi Sistem Respirasi kelas XI SMA dengan pendekatan tutorial, dan menilai tingkat validitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang telah dibatasi yaitu tanpa tahap implementation. Javascript, HTML, JSON, CSS, Bootstrap dan Firebase adalah beberapa teknologi yang diterapkan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif ini. Data hasil penelitian diperoleh dari angket berupa lembar validitas, hasil penelitian diperoleh aplikasi pembelajaran interaktif dengan tingkat kevalidan materi sebesar 80% dan kevalidan media sebesar 78% yang masuk kedalam kategori tinggi, Berlandaskan pada data-data yang ada, dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web untuk materi Sistem Respirasi kelas XI SMA, dengan pendekatan tutorial, dinyatakan sah(valid) dan kini siap untuk diuji dalam lingkungan sekolah.

Keywords


Media Pembelajaran; Sistem Respirasi; Metode Tutorial; ADDIE; Web;

Full Text:

PDF

References


Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D. Jurnal Education and Development Institut, 9(4), 433–438. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3206

Arman, Fajriah, N., & Wiranda, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII Dengan Model Problem Based Learning. Computer Science Education Journal (CSEJ), Vol 1(No 1), 60–70.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2013). Proses Pembelajaran Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Munawarah, F., Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Materi Sistem Koordinat Kelas VIII dengan Metode Problem Based Learning. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1(1), 28–43. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj

Nadia, H., Sukmawati, A., & Kaspul. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Virus Menggunakan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 2, 91–101. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj

Nesbit, J., Belfer, K., & Leacock, T. (2009). Learning Object Review Instrument. Canada: IGIGlobal.

Riyana, C., & Susilana, R. (2009). Media Pembelajaran : Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV.Wacana Prima.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Depok: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Sukmawati, R. A., Pramita, M., Wiranda, N., & Mahmudah, N. (2022). Development of Interactive Multimedia as Support in Learning Mathematical Problem Solving for Junior High Schools. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(8), 945–951. https://ijisrt/assets/upload/files/Ijisrt22aug648

Sukmawati, A., Sutawidjaja, A., & Siswono, T. (2018). Algebraic Thinking of Elementary Students in Solving Mathematical Word Problems: Case of Male Field Dependent and Independent Student. 262(Ictte), 123–128.https://doi.org/10.2991/ictte-18.2018.20




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v4i1.10701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter