PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI SEL DENGAN METODE TUTORIAL UNTUK SMA KELAS XI

Aida Rizkina, Andi Ichsan Mahardika, Nuruddin Wiranda, Muhammad Hifdzi Adini, Delsika Pramata Sari

Abstract


Abstrak. Media pembelajaran penting untuk membantu memudahkan proses pembelajaran. Contohnya seperti pada materi sel diperlukan media pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa mengingat struktur dan fungsi sel dan dapat memahami materi dengan lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web agar dapat diakses kapanpun dan dimanapun serta media interaktif yang menarik membantu siswa dalam mempelajari materi sel. Metode yang digunakan adalah metode tutorial yang sangat cocok agar materi lebih mudah diingat dan dipahami oleh siswa karena materi disajikan secara berurutan dan menarik sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Dimana pada prosesnya peneliti melakukan analisis, desain dan pengembangan. Teknologi yang digunakan untuk pengembangan. Media pembelajaran interaktif adalah HTML, Bootstraps, CSS, JavaScript, JSON, Firebase, dan Draw.io. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, yaitu memberikan pertanyaan tertulis mengenai materi dan media yang dikembangkan dan harus dijawab oleh responden dalam hal ini validator. Hasil penelitian berupa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sel dengan metode tutorial untuk SMA kelas XI dan mendeskripsikan validitas media pembelajaran interaktif ini. Media pembelajaran ini berisi materi sel, latihan, kuis dan evaluasi serta fitur percobaan materi pelajaran sel, multimedia interaktif yang terdiri dari gambar, video pembelajaran, latihan, kuis, dan evaluasi yang dikemas secara interaktif. Hasil validitas materi dan media menunjukkan hasil yang tinggi. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sel dinyatakan valid.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web, Sel, Metode Tutorial.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web, Sel, Metode Tutorial

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Indonesia. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014.

Hapsari, M.J. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Prosiding ISBN: 978-979-16353-6-3, 337.

Maulidan, M. H., Sukmawati, A., & Suryaningsih, Y. (2021). Media Berbasis Progressive Web Application (PWA) pada Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar dengan Metode Tutorial. J. Computing and Education Technology Journal (CETJ). 1(1):44-61.

Mulyanta, & Leong, M. (2009). Tutorial Membangun Multimedia Interaktif-Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Nesbit, J., Beifer, K., & Leacock, T. (2009). Learning Object Review Instrument LORI 2.0.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. J. Jurnal Kumparan Fisika. 2(3):145-152.

Suhaihah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. J. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 5(1):19-25.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v3i2.10703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter