Pemanfaatan IT pada Mata Kuliah Desain Thinking untuk Menghasilkan Media Pembelajaran yang Inovatif

Darmadi Darmadi, Sanusi Sanusi, Nanik Haryati

Abstract


Pengaruh kemajuan IT dan perubahan zaman menuntut banyak perubahan di bidang pendidikan dan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah melakukan identifikasi pemanfaatan IT selama pembelajaran desain thinking dengan alasannya. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif-deskriptif sederhana. Subjek penelitian adalah mahasiswa PPG dalam jabatan Universitas PGRI Madiun angkatan 1 dan 2 tahun 2024 yang berjumlah total 55 mahasiswa. Data diperoleh menggunakan observasi dan wawancara semi terstruktur. Triangulasi metode dan waktu digunakan untuk memvalidasi data. Analisis data dilakukan pada data yang valid sehingga dapat ditarik kesimpulan sebagai hasil penelitian. Selain pemanfaatan LMS dalam pembelajaran, mahasiswa memfaatakan IT dalam pemebalajran desaign thinking. Pemanfaatan IT dilakukan mahasiswa pada tahap idea dan prototype. Pada tahap empati, define, dan tes mahasiswa tidak memanfaatkan IT. Pada tahap empati, mahasiswa tidak memanfaatkan IT karena wawancara yang dilakukan tidak mendalam. Pada tahap define, mahasiswa tidak memanfaatkan IT karena pembelajaran dilakukan sedara luring. Pada tahap idea, mahasiswa memanfaatkan IT untuk mendapatkan kebaruan dari idenya melalui youtube, buku elektronik, atau artikel-jurnal. Pada tahap prototype, beberapa mahasiswa mengembangkan media berbasis IT. Pada tahap tes, mahasiswa tidak memanfaatkan IT karena terlalu fokus ke perbaikan prototype yang dikembangkan.


Keywords


Teknologi Informasi; Design Thinking;Pembelajaran Inovatif;

Full Text:

PDF

References


Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & Nana S., A. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 4(1), 131. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693

Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2024). What is Design Thinking and Why Is It So Popular? Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/article/what-is-design-thinking-and-why-is-it-so-popular

Darmadi. (2015). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Laki-Laki Calon Guru Matematika Dalam Memahami Definisi Formal Barisan Konvergen. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 107–130. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/231

Darmadi, D. (2017). Identifikasi kesalahan berpikir visual mahasiswa dalam menggambar grafik fungsi real. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 140–144. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.66

Darmadi, D., Handoyo, B., & Pratiwi, W. D. A. (2016). Profil Berpikir Visual (Tahapan berpikir visual) mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.25

Fadillah, S. (2019). Pemanfaatan it dalam pembelajaran literasi matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 998–1000. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37314/1/71.-Siti-Fadilah.pdf

Johansson‐Sköldberg, U., Woodilla, J., & Çetinkaya, M. (2013). Design Thinking: Past, Present and Possible Futures. Creativity and Innovation Management, 22(2), 121–146. https://doi.org/10.1111/caim.12023

Koh, J. H. L., Chai, C. S., Wong, B., & Hong, H.-Y. (2015). Design Thinking for Education. In Design Thinking for Education. https://doi.org/10.1007/978-981-287-444-3

Nursita, L., Bimasari, A., Sulistyo, B., Baharuddin, & Tapparan, S. R. (2023). Upaya Peningkatan Produktivitas Guru melalui Pemanfaatan IT dalam Evaluasi Pembelajaran. Nazzama: Journal of Management Education, 2(2), 235–241. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nazzama/article/view/32008/17067

Rustamana, A., Febrianti, D., Royhanafi, & Aziz, A. (2023). Pemanfaatan IT dalam Materi Pembelajaran Sejarah. Cendekia Pendidikan, 1(110), 1–14. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131

Soedewi, S., Mustikawan, A., & Swasty, W. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(2), 79–96. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.5378

Tschimmel, K. (2012). Design Thinking as an effective Toolkit for Innovation. XXIII ISPIM Conference: Action for Innovation: Innovating from Experience, 1–20. https://www.researchgate.net/publication/236135862_Design_Thinking_as_an_effective_Toolkit_for_Innovation

Wibowo, M. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Prosiding Automata, 1(2). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v4i1.12171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter