Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Drill and Practice

Aziza Nasrina, Harja Santana Purba, Andi Ichsan Mahardika

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang tidak dapat terpisahkan dari proses pembelajaran dan berperan penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Namun, penggunaan media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran masih sangat jarang ditemui. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan metode drill and practice yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan model pengembangan ADDIE dengan menggunakan teknologi HTML, CSS, Mathjax, X3DOM, Flash, JavaScript, JSON, dan Firebase. Uji coba dilakukan kepada 15 orang siswa SMP Negeri 13 Banjarmasin. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar validitas, angket respon dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran dinyatakan valid dengan kategori tinggi ditinjau dari penilaian validitas materi sebesar 83,73% dan validitas media sebesar 85,42%, (2) media pembelajaran tergolong praktis ditinjau dari respon guru dan respon siswa yang menunjukkan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif, dan (3) media pembelajaran dikatakan efektif dalam kategori sedang ditinjau dari hasil belajar siswa dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,45. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 

Learning media is a component that cannot be separated from the learning process and has an important role in achieving the learning success. However, the use of interactive learning media in the learning process is still very rarely found. Therefore, this research and development aims create a web-based interactive learning media product on three dimensional curved side materials using drill and practice methods, which valid, practical and effective so that it is suitable for use in the learning prosess. This research and development is carried out based on ADDIE development model using HTML, CSS, Mathjax, X3DOM, Flash, JavaScript, JSON, and Firebase technologies. The sample of this research are 15 students of SMP Negeri 13 Banjarmasin. The research data were obtained from the validity assessment sheet, response questionnaires and student learning outcomes. The results showed: (1) learning media is stated as valid with a high category based on the validity of material shown 83.73% and the validity of the media shown 85.42%, (2) learning media is classified as practical based on both teacher and student responses that shown positive response toward the uses of interactive learning media, and (3) learning media is stated as effective based on student learning outcomes that shown N-Gain score of 0.45. Based on the results of research and development, it is concluded that interactive learning media that have been developed is suitable for use in the learning process.


Keywords


media pembelajaran interaktif; bangun ruang sisi lengkung; drill and practice;

Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi. ’

Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill And Practice untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Informatika. ’

Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. Invotek. ’

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RINEKA CIPTA. ’

Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Di SMA 1 PITU Riase Kab. Sidrap. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar IsIam. ’

Fitriani, A. D. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Calon Guru Sekolah Dasar. Edutech. ’

Hake, R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survery of Mechanocs Test Data for Intoructory Physics Courses. American Journal of Physics, 65. ’

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers. ’

Jumasa, M. A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Teks Recount di MTSN II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. ’

Kustiyati, N. (2016). Problematika Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP dan Alternatif Pemecahannya. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. ’

Mutia. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP KeIas IX dalam Memahami Konsep Tabung dan Alternatif Pemecahannya dengan Pendekatan Pemecahan MasaIah. JurnaI Equation. ’

Nasir. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Web Di KeIas VIII SMP Unismuh Makassar. Akademika. ’

Nieveen, N., & FoImer, E. (2013). Formative EvaIuation in Educational Design Research. EducationaI Design Research, 152-169.

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di KeIas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education).

RobIyer, M. D. (2016). Integrating Educational Technology into Teaching. New York: Pearson. ’

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta. ’

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ’

Sukmawati, R.A. (2018). Profil Berpikir Aljabar siswa Sekolah Dasar di Banjarmasin daIam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Gaya Kognitif dan Perbedaan Jenis KeIamin. Disertasi. Universitas Negeri Surabaya.’




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v1i0.4428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter