Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Materi Sistem Koordinat Kelas VIII dengan Metode Problem Based Learning
Abstract
Inovasi dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem koordinat kelas VIII dengan metode problem based learning yang layak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and DeveIopment (R&D) dengan model ADDIE. Subjek uji coba yaitu peserta didik dan guru kelas VIII-A dan VIII-B SMPN 13 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran interaktif berbasis web yang valid pada materi sistem koordinat menggunakan metode problem based learning. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran menujukkan 77% dari peserta didik mencapai nilai KKM sekolah. Respon guru maupun siswa terhadap penggunaan media interaktif ini positif. Produk media pembelajaran interaktif berbasis web materi sistem koordinat dinyatakan layak, dan dapat digunakan guru sebagai alternatif media pembelajaran matematika di SMP.
Innovation in learning is expected to increase students' interest in learning. This study aims to produce web-based interactive learning media on the material of the VIII class coordinate system with a feasible problem based learning method. The research method used is the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model. The test subjects were students and teachers of class VIII-A and VIII-B SMPN 13 Banjarmasin. Data collection techniques using tests and questionnaires. The data analysis technique used descriptive statistics. The results of the study obtained that web-based interactive learning media were valid on the coordinate system material using the problem-based learning method. Student learning outcomes after using learning media showed that 77% of students achieved the school's KKM score. The response of teachers and students to the use of interactive media is positive. The product of web-based interactive learning media with coordinate system material is declared feasible, and can be used by teachers as an alternative medium for learning mathematics in junior high schools.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif S. Sadiman, d. (2014). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto,S. (2019). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rikena Cipta.
Daud, F., & Rahmadana, A. (2015). Pengembanga Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Iearning Pada Materi Ekresi Kelas XI IPA 3 SMAN 4 MAKASSAR. Bionature.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi IokaI Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 PITU RIASE KAB. SIDRAP. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar IsIam, 14-28.
Ismunandar, D., & Nurafifah, I. (2018). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Berbantuan Geogebra Untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal DiaIektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 70-85.
Nelfiyanti, & Sunardi, D. (2017). Penerapan Metode Problem Based Iearning dalam Pembelajaran AI-IsIam II di FakuItas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Spektrum Industri, 15, 1-119.
Nurrita. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu AI-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3, 171.
Parasamya, Wahyuni, & Hamid. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan modeI pembelajaran problem based Iearning(PBI). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2, 42-49.
Putra, Wijayati, & Mahatmanti. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11.
Setiyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 8(1), 1-7.
Sukmawati, Sutawidjaja, & Siswono. (2018). ProfiI berpikir aIjabar siswa sekolah dasar di banjarmasin dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif;dan perbedaan jenis kelamin. Disertasi: Universitas Negeri Surabaya.
Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3, 189-197.
Suyitno. (2016). Pengembangan MuItimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/articIe/view/9359/7607.
Widjayanti,W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal PendidikanMatematika, 101-112.
Yanto, D.T. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Iistrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 75-82.
Yaumi,M (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v1i0.4429
Refbacks
- There are currently no refbacks.