Media Berbasis Progressive Web Application (PWA) pada Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar dengan Metode Tutorial

Muhammad Haikal Maulidan, R. Ati Sukmawati, Yuni Suryaningsih

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang sangatlah pesat dari waktu ke waktu. Hal inipun mempunyai pengaruh yang besar terhadap pendidikan di Indonesia. Salah satu contohnya adalah penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran dengan menggunakan teknologi Progressive Web Application (PWA) pada materi perpangkatan dan bentuk akar dengan metode tutorial. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut sebagai alat bantu mengajar guru pada proses belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran yang dihasilkan menggunakan beberapa teknologi pada proses pengembangannya yaitu HTML, CSS, Javascript, JSON, Mathjax, dan Firebase Realtime Database. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dibuat termasuk dalam kategori sangat baik untuk validitas media dan kategori baik untuk validitas materi. Sedangkan untuk respon pengguna, siswa dan guru merespon positif terhadap penggunaan media pembelajaran. Adapun hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan klasikal. Dengan demikian, media pembelajaran ini valid, praktis dan efektif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran perpangkatan dan bentuk akar di SMP.

The development of Information and Communication Technology is now very rapidly over time. This also has a significant influence on education in Indonesia. One example is the use of technology in learning. This study aims to produce a learning media using Progressive Web Application (PWA) technology on the material of powers and roots using the tutorial method. In addition, this study also aims to find out the feasibility of the learning media as a tool to teach teachers in the student learning process. This research uses research and development methods using the ADDIE model. The ADDIE model has five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The resulting learning media uses several technologies in the development process, namely HTML, CSS, Javascript, JSON, Mathjax, and Firebase Realtime Database. The results showed that the learning media created falls into the category perfect for media validity and the excellent category for the validity of the material. As for user response, students and teachers respond positively to learning media. As for the student's learning results have achieved classical completion. 


Keywords


media pembelajaran interaktif; perpangkatan dan akar; tutorial

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Y. (2013). Instructional Design and Motivation in Computer-Based Learning Environment. IOSR Journal of Computer Engineering (IOSRJCE).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra.

Hamalik, O. (2009). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Haviz, M. (2013). Research and Development; Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta'dib.

Karimah, A. A., Rusdi, & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS).

Kurniawan, A., Areni, I. S., & Achmad, A. (2017). Implementasi Progressive Web Application pada Sistem Monitoring Keluhan Sampah Kota Makassar. Jurnal JPE.

Mishra, R. S. (2016). “Progressive WEBAPP : Review. International Research Journal Of Engineering and Technology (IRJET).

Nasir. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Web DI Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. Akademika.

Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, A., Rusdianto, D. S., & Kharisma, A. P. (2019). Pengembangan Sistem Pelaporan Gangguan Berbasis Web dengan menggunakan Teknologi Progressive Web Application (Studi Kasus: Unit IT PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi III Cirebon). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarman, A. (2016). Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Komputer Model CD Interaktif Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (JPPI).




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v1i0.4436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter