Multimedia Interaktif Berbasis Web pada Materi Sistem Bilangan Menggunakan Metode Pembelajaran Drill And Practice

Bekti Utami, R Ati Sukmawati, Andi Ichsan Mahardika

Abstract


Program beIajar dari rumah selama pandemi Covid-19, mengharuskan pengajar untuk menyediakan bahan belajar yang berkualitas, bermakna dan menyenangkan, khususnya pada materi sistem bilangan. Oleh karena itu diIakukan peneIitian dengan tujuan: mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem bilangan menggunakan metode pembelajaran drill and practice, dan menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem bilangan menggunakan metode pembelajaran drill and practice ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran. Penelitian ini berjenis Research and Development yang pengembangannya dilakukan dengan menggunakan model Prototype. Tahapan model prototype yaitu: pengumpulan informasi, perencanaan dan desain cepat, membuat prototype serta penyebaran dan umpan balik. Media yang telah dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman web dan divalidasi oleh dua ahli media di bidang komputer, kemudian diuji kepraktisannya kepada 3 guru sistem komputer dan 10 peserta didik kelas X SMK Isfi Banjarmasin. Selanjutnya dilakukan uji efektivitas kepada 10 peserta didik yang sama. Validitas dan kepraktisan dikumpulkan menggunakan angket berskala likert dan rating scale. Sedangkan data efektivitas dikumpulkan dengan melakukan tes hasil belajar.  Data kemudian diIakukan anaIisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa: media pembelajaran dikembangkan menggunakan teknologi HTML, CSS, SVG, Mathjax, Javascript, JQuery, JSON, Local Storage, JsPDF, Firebase, Progressive Web Application dan dibantu alat berupa Notepad++, Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, Web Server 200 OK, Ispring, Pencil, Camtasia, Photoscape, Inkscape dan Netlify, kemudian media telah memenuhi standar minimal validitas, standar minimal kepraktisan dan standar minimal efektivitas, sehingga dapat disimpuIkan bahwa media ini Iayak untuk digunakan.

 

The teaching program from home during the Covid-19 pandemic requires teachers to provide quality, meaningful and fun learning materials, especially number system materials. Therefore, the study is carried out to develop web-based interactive learning media on number system materials using the drill and practice learning methods and analyze the feasibility of web-based interactive learning media on number system materials training drill and practice learning methods judging from the validity, practicality, and effectiveness of learning media. This research is a type of Research and Development whose development is carried out using the Prototype model. The stages of the prototype model are information gathering, planning, fast design, prototyping and deployment, and feedback. Media has been developed using a web programming language and validated by two media experts in the field of computers, then tested its practicality by 3 computer system teachers and 10 students of class X SMK Isfi Banjarmasin.

Furthermore, an effectiveness test was conducted on the identical 10 learners. Validity and practicality are collected from Likert-scale questionnaires and rating scales. At the same time, the effectiveness data is collected by conducting a test of learning information. The data is then performed using descriptive statistical analysis techniques. Research and development that has been done show the results that: learning media developed using HTML technology, CSS, SVG, Mathjax, Javascript, JQuery, JSON, Local Storage, JsPDF, Firebase, Progressive Web Application, and assisted tools in the form of Notepad ++, Google Chrome browser and Mozilla Firefox, Web Server 200 OK, Ispring, Pencil, Camtasia, Photoscape, Inkscape and Netlify, then the media has met the minimum standard validity,  minimum standards of practicality and minimum standards of effectiveness, so it can be concluded that this medium can to be used.


Keywords


sistem bilangan; drill and practice; media pembelajaran interaktif

Full Text:

PDF

References


Darmana, A. d. (2016). Kelayakan Bahan Ajar Kimia-Tauhid Berdasarkan Kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan dan Respon Siswa. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia (pp. 30-31). Medan: Universitas Negeri Medan.

Groen, L. (2017). Developing Guidelines for Integrating Instruction in Multimedia Drills for Dutch Primary Schools (An Educational Design Research). Enschede: Universitas Twente.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 166-182.

Kahar, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web Offline Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS DDI Cilellang. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Krismasari, E. R. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Aljabar untuk SMP/MTs dengan Menyisipkan Nilai Sikap. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Negara, H. R., & Putrawangsa, S. (2017). Pengembangan Model Praktikum untuk Mengembangkan Keterampilan Mahasiswa Calon Guru dalam Penilaian Pembelajaran. TATSQIF: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 154-172.

Putra, F. P. (2017). Pengaruh Meode Pembelajaran Drill and Practice Didukung Media Dua Dimensi Terhadap Kemampuan Menghitung Keliling Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III Semester II SDN Pare 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia.

Rahman, A., Kaharuddin, A., & Yani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Model Drill and Pracice. Makassar: Semantic Scholar.

Royani, A. (2017). Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta. BRILLIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 294-311.

Rozi, Z. A. (2016). Modern Web Design. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rusdiansyah. (2018). Membangun Prototype Sistem Informasi Arsip Elektronik Surat Perjanjian Kerjasama pada Business Suport Department. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 157-162.

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasiskan Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Maematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, 1-7.

Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 51-61.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial dan Teknik. (S. Y. Suryandari, Ed.) Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahyuni, N. (2017). Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional (pp. 399-406). Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v2i0.5294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter