Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Kemagnetan dan Pemanfaatannya di Kelas IX dengan Metode Demonstrasi
Abstract
Media pembelajaran interaktif berbasis web memiliki kemampuan komunikasi dua arah antar pengguna dengan media. Media pembelajaran berbasis web bisa diakses melalui internet kapan saja dan dimana saja. Interaktifitas media terdiri dari komponen multimedia seperti teks, gambar, audio, video yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi kemagnetan dan pemanfaatannya di kelas IX dengan metode demonstrasi. Dan menganalisis kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis web yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi HTML, CSS, JavaScript, Sony Vegas Pro, dan Firebase. Subjek uji coba media pembelajaran sebayak 20 orang siswa SMP Negeri 2 Banjarmasin. Data hasil penelitian diperoleh dari angket dan hasil belajar siswa. Dari hasil validasi materi dan media diperoleh persentase capaian dengan kriteria validitas sangant tinggi. Dari hasil belajar siswa diperoleh skor N-Gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Hasil respon pengguna terhadap media pembelajaran menunjukan kriteria sangat praktis. Sehingga media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi kemagnetan dan pemanfaatannya di kelas IX.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aidah, S. N. (2020). Cara Efektif Penerapan Penerapan Metode Dan Model Pembelajaran. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kwangsan, 111-118.
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Augustin, N., Purba, H. S., & Sari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk
Siswa Kelas Viii. Computer Science Education Journal (CSEJ), 23-34.
BNSP. (2021, Januari 16). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Diambil kembali dari BSNP: https://bsnp-indonesia.org/2014/05/instrumenpenilaian-buku-
teks-pelajaran-tahun-2014/.
Computing and Education Tehcnology Journal (CETJ) Firdaus et al / 2 (1) 2022 80-90
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand- student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 64-74.
Hobri. (2010). Metode Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Widyaiswara
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau, 45-56.
Maulidan, M. H., Sukmawati, A., & Suryaningsih, Y. (2021). Media Berbasis Progressive Web Application (PWA) pada Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal (CETJ),
-61.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman
Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa.
Jurnal Cakrawala Pendas, 9-16.
Nasrina, A., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Media Interaktif Berbasis Web pada
Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Drill and Practice.
Computing and Education Technology Journal (CETJ), 11-27.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research and Development)
Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Setyadi, D., & Kohar, A. (2017). Pengembangan Media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1-
Suryawan, I. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra
sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma 9.1, 108- 117.
DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v2i0.5597
Refbacks
- There are currently no refbacks.