Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Virus Menggunakan Metode Tutorial
Abstract
Dunia pendidikan dituntut untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan teknologi dan informasi yang juga mengalami perubahan dalam sistem pembelajaran. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan merupakan salah satu usaha penyesuain Teknologi dan Informasi dalam proses pembelajaran dan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta mengatasi kesulitan belajar mengenai materi Virus. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi virus menggunakan metode tutorial yang bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangkan media pembelajaran berbasis web pada materi Virus dengan metode tutorial. (2) kelayakan media pembelajaran berbasis web pada materi Virus dengan metode tutorial. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek ujicoba merupakan 15 orang siswa kelas IX di SMP Negeri 28 Hulu Sungai Tengah. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan HTML, CSS, JavaScript, Firebase Realtime Database, dan Canva. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil Kelayakan menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran valid berdasarkan penilaian ahli materi dan media dengan kategori tinggi, (2) media pembelajaran praktis dilihat dari respon guru dan siswa dengan kategori positif, (3) media pembelajaran efektif dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi virus di SMP.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiessi, S. M., & TroIlip, S. R. (1985). Computer-Based lnstruction: Methods And Development. New Jersey: Prentice-HaIl, lnc.
Arfian, M. (2017). Perbandingan Kepraktisan Menggambar Wajah Antara Menggunakan Pensil Grafit Dengan Menggunakan Pensil Conte Berdasarkan Persepsi Anggota Komunitas FaisaI Wowo Art Makassar. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Makassar. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/304373502.Pdf.
BNSP. (2021, Desember 27). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Diambil kembali dari BSNP: https://bsnp- indonesia.org/2014/05/instrumenpenilaian-buku-teks-pelajaran-tahun-2014/.
Budiman, A. A. (2017). Peel-off gel formulation from black mulberries (Morus nigra) extract as anti-acne mask. National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, 7(9), 987-994.
Fariroh, A. &. (2015). Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada materi virus kelas X SMA. Journal of Biology education, 4(2).
Firmantika, L. &. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Menanamkan Kesadaran Lingkungan Bagi Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2).
Nieveen, N. (2010). An lntroduction To EducationaI Design Research. Enschede: NetherIands lnstitute For CurricuIum DeveIopment.
Nuryadi, A. S. (2018). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Dengan Strategi Scaffolding With A Solution Plan Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Gantang, 3(2), 73-81.
Sudaryono. (2017). MetodoIogi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan: Research And DeveIopment.
Bandung: AIfabeta.
Sukmawati, R. A., Ridhani, M., Andini, M. H., Pramitha, M., & Sari, D. P. (2021). Studens’
Self-Regulation Learning Ability In Learning Algebraic Forms In Wetland Context With The Help Of Interactive Multimedia. IOP Conference Series: Earth and Enviromental Science.
Wafda, Z, Utami, N. R., Pribadi, T. A. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Journal of Biology Education 5: Universitas Negeri Semarang.
DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v2i0.5598
Refbacks
- There are currently no refbacks.