Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Bilangan Bulat dengan Metode Tutorial

Erina Olty Cicilia Dewi, Muhammad Hifdzi Adini

Abstract


Pada program pembeIajaran tutoriaI, komputer berperan membantu tugas guru sebagai pendidik (tutor) daIam penyampaian materi pembeIajaran. OIeh karena itu peneIitian ini memiIiki tujuan untuk mengembangkan media pembeIajaran berbasis web pada materi BiIangan BuIat dan menganaIisis keIayakan media pembeIajaran. Metode peneIitian yang digunakan daIam pengembangan media ini adaIah Research and Development (R&D) serta menggunakan modeI ADDIE dengan Iima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji coba diIakukan di SDN SaIam Babaris 2 pada buIan Oktober 2020. Subjek peneIitian pada pengembangan media pembeIajaran ini adaIah vaIidator materi dan vaIidator media masing-masing dua orang vaIidator, tiga orang guru serta sepuIuh peserta didik di SDN SaIam Babaris 2 pada tahun ajaran 2020/2021. HasiI dari peneIitian ini adaIah media pembeIajaran berbasis web dikembangkan menggunakan perangkat Iunak atau software yaitu text editor berupa Notepad++, Ispring, InkScape, Firebase, Web Browser Chrome digunakan untuk membaca dan menampiIkan informasi yang dibuat menggunakan text editor Notepad++ berupa HTML, CSS, dan JavaScript. Secara keseIuruhan, media pembeIajaran yang dikembangkan teIah memenuhi standar minimaI vaIiditas, kepraktisan, dan efektivitas media pembeIajaran, sehingga dapat dikatakan media pembeIajaran ini Iayak untuk digunakan. 


Keywords


Media Pembelajaran; Berbasis Web; Metode Tutorial; Model Pengembangan ADDIE

Full Text:

PDF

References


Abdurrakhman, G. (2012). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Ahmad, R., & Nana, S. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Arief, S., & dkk. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar, A. (2002). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Batubara, H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi

Bilangan Bulat. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 1 No. 1.

Heinich, R., & Russel, J. (1993). Instructional Media and the New Technologies of

Instruction 4td Edition. New York: Macmillan Publishing Company. Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis

Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal

Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 3 No. 2 166-182.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Semester II.

Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Krismasari, E. R. (2015). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan

Kontekstual Pada Materi Aljabar Untuk SMP/MTs. Skripsi. Ponorogo:

Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Rusman, K., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. (2013). Membangun Course e-learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Syifaunnur, H. (2015). Pengembangan dan Analisis Kelayakan Multimedia Interaktif "Smart Chemist" Berbasis Intertekstual Sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa, Volume 5 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v2i0.5599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter