PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK SISWA SMP DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE

Rika Muliana, R. Ati Sukmawati, Yuni Suryaningsih

Abstract


Media pembelajaran memengaruhi dalam proses pembelajaran berlangsung. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran interaktif berbasis web diharapkan agar memudahkan siswa dalam memahami materi yang tergolong sulit ini.  Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi transformasi geometri kelas IX dengan metode drill and practice dan mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran ditinjau dari validitas, keefektifan dan kepraktisan. Metode yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Validitas materi diujikan kepada 2 ahli materi bidang Pendidikan Matematika dan validitas media 2 ahli media bidang Ilmu Komputer. Kepraktisan dan keefektifan diujikan kepada 1 guru matematika dan 20 siswa kelas IX SMPN 21 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket responss pengguna, dan tes hasil belajar. Untuk mendeskripsikan gambaran data dari penelitian ini yaitu  menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian telah dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi transformasi geometri untuk siswa SMP dengan metode drill and practice yang menggunakan teknologi HTML, CSS, Javascript, Firebase, JSON, Scratch, GeoGebra, MathJax dan Github. Hasil evaluasi media pembelajaran yang dikembangkan yaitu valid dengan kategori sangat tinggi. Kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan berkategori baik dengan responss positif, dan media pembelajaran efektif dengan hasil belajar tuntas secara klasikal. Maka dari itu media pembelajaran berbasis web ini layak digunakan untuk pembelajaran.

Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Berbasis Web, Transformasi Geometri, Drill and Practice, SMP

Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi , 64-74.

Arfian, M. (2017). Perbandingan Kepraktisan Menggambar Wajah Antara Menggunakan Pensil Grafit Dengan Menggunakan Pensil Conte Berdasarkan Persepsi Anggota Komunitas Faisal Wowo Art Makassar.

Drajat, M., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas IX dengan Metode Drill and Practice. Computer Science and Education Journal, 1(1) .

Erliani, Y., Sukmawati, R., & Andini, M. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Basis Data Menggunakan Metode Pembelajaran Drill And Practice. Computer Science Education Journal (CSEJ) , 25-32.

Irliyanti, S. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Metode Drill And Practice Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan .

Latifah, M. &. (2017). Profil pemecahan masalah geometri siswa SMA ditinjau dari perbedaan jenis kelamin dan kemampuan spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Yogyakarta: ANDI.

Nuryadi, A. (2018). Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament Ditinjau Dari Cognitive Load Theory.

Pertiwi, E., & Irfan, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Painan. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS) , 4, 206.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan KTSP. Jakarta.

Sukmawati dkk. (2021). Student Learning Outcomes in Learning Straight Line Equations Using Web-Based Interactive Media. 2021 Universitas Riau International Conference on Education Technology (URICET-2021) .

Tinja, Y., Towaf, S. M., & Hariyono. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 9 , 1257.




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter