PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

Mardiana Mardiana, R. Ati Sukmawati, Kaspul Kaspul, Harja Santana Purba, Rizky Pamuji

Abstract


Abstrak. Pada sekolah menengah pertama kelas VIII terdapat mata pelajaran IPA dengan berbagai istilah yang cukup sulit untuk dipahami bagi peserta didik, termasuk materi Sistem Ekskresi Manusia. Kesulitan pada materi sistem ekskresi manusia terletak pada struktur dan proses sistem ekskresi. Media pembelajaran yang menarik dapat membantu dalam mengatasi kesulitan tersebut, sehingga tujuan pembelajaran dapat terpenuhi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi Sistem Ekskresi Manusia dengan menggunakan metode demonstrasi  dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang diukur dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development dan model pengembangan ADDIE. Penelitian media pembelajaran ini menggunakan subjek sebanyak 16 orang peserta didik, 1 orang guru mata pelajaran SMP Negeri 14 Banjarbaru, dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Hasil pengembangan menggunakan teknologi pemrograman HTML, CSS, Javascript, Scratch, JSON, Firebase, Adobe Photoshop, KineMaster Premiere Pro, dan Netlify. Hasil uji kelayakan menunjukkan media pembelajaran telah valid dengan kategori sangat tinggi, respon peserta didik dan respon guru termasuk respon positif menunjukkan media praktis. Media juga efektif yang ditunjukkan dengan rata-rata N-Gain pada kategori sedang dan tercapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tersebut menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP Sederajat.

 

Kata kunci: Media  Pembelajaran  Interaktif  Berbasis  Web,  Sistem  Ekskresi Manusia, Metode Demonstrasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. (2021, April 25). Home: Berita: Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Retrieved

from BSNP Web site: https://bsnpindonesia.org/2014/05/instrumen-penilaian-buku-teks-pelajaran-tahun-2014/

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Dwiqi, G. C., Sudatha, I. W., & Sukmana, A. I. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 33-48.

Hamzah. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research And Development) Uji Coba Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kuantitatif dan Kualitatif. Malang. Literasi Nusantara.

John Nesbit, K. B. (2009). Learning Object Review Instrument (LORI). LORI 2.0.

Maulidan, M. H., Sukmawati, R. A., & Suryaningsih, y. (2021). Media Berbasis Progressive Web Application (PWA) pada Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 1(1), 47.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nahdi, D. S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).

Rosdianto, H., Murdani, E., & Hendra. (2017). Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal

Pendidikan Fisika, 6(1), 55–58.

Sadewa, A. A. (2015). Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Musik Ansambel Pada Siswa Kelas Vii H Di Smp Negeri 27 Semarang.

Simorangkir, A., & Napitupulu, M. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 001-011.

Sukmawati, R. A., Ridhani, M., Adini, M. H., Pramita, M., & Sari, D. P. (2021). Metode Drill and Practice Dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Siswa Kelas Vii Berkonteks Lahan Basah Menggunakan

Multimedia .... Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(3). http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/572

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Thorn, W. J. (1995). Points to Consider When Evaluating Interactive Multimedia.The Internet TESL

Journal, 1.




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v3i2.8400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter